Hasil Seleksi Berkas dan Ujian Tertulis [Beasiswa Monbukagakusho 2013]

Kedutaan Besar Jepang melakukan seleksi dokumen, dan akan memberitahukan kepada mereka yang lolos 1 (satu) minggu sebelum ujian tertulis. (Kurang lebih 100 pelamar dipilih melalui seleksi dokumen ini.)

Kata-kata itu terus terngiang dari sejak tanggal 28 April 2012. Seminggu sebelum tes tulis, berarti tanggal 11 Juni 2012. Pada periode menunggu ini, seperti biasa saya kuliah dan menjalani berbagai UAS tingkat 4 yang lebih nyantai dari biasanya.

Sesungguhnya, nunggu ini tuh bener2 LAMAAA banget rasanya, kaya tanggal 11 Juni tuh gak muncul-muncul, malah pengen bisa fast-forward waktu saat itu.

Dari tanggal 1 Juni, saya udah rajin buka situs kedubes. Tanggal 2, 3, 4, 5, 6, (makin deg-degan, belum bikin plan B soalnya), 7, 8…

BEUH! Tanggal 9 Juni malem taunya ada tulisan bold font di home pagenya kedubes kaya gini :

Pengumuman Peserta Tes Tertulis Program Research Student 2013 (S2/S3)

Dag dig dug, langsung di klik. (Yang di atas juga bisa diklik kok)

“Mohammad Samy, Mohammad Samy, dimana Mohammad Samy!!!” Mata menjalar dan ALHAMDULILLAH, ada juga di sana! “Mohammad Samy Baladram — Mathematic”. Lega banget rasanya. Temen saya dua orang gak keterima yang sama-sama dari Matematik. Ada 129 orang yang lolos seleksi berkas.
Ngeliat angka 129 itu, feeling saya emang itu kebanyakan matinya di tes TOEFL, IP, sama research plan. Kayanya yang mepet2 banget ke IPK 3.00 itu agak terbantai menurut saya sih, dan yang mepet-mepet ke TOEFL 550 juga sama.

Nah, tesnya ternyata di Depok, di UI. Wah, lumayan euy dari Bandung.

Tapi ada yang aneh deh. Kalo dikasih taunya seminggu sebelum tes tulis, berarti cuma punya waktu 1 minggu buat belajar kan? Nah ini dia, emang harus PD duluan bakal lolos atau nggaknya. Ya, saya terus berdoa tapi sambil PD juga jadi saya belajar buat tes tulis dari akhir Mei (lumayan sisa-sisa ingatan TOEFL ITPnya masih nempel banyak).

Bakal ada 2 tes : Tes Bahasa Inggris dan Tes Bahasa Jepang. (Soal-soal ujian taun lalunya bisa diliat di sini.)

Saya gak terlalu berharap dapet contoh soal 1-3 taun yang lalu, kayanya emang ujian ini agak ketat distribusi soalnya. Jadi, jangan capek-capek browsing soal-soal lagi kata saya sih, situs itu emang situs resminya dari sononya. Mending dengerin kisah saya (juga saran-saran):

Sebagai orang matematika, (apa seeh) saya biasanya suka memprediksi, menduga, mengkalkulasi serta menganalisis (cape deh) soal apa yang mungkin keluar.

Ujian Bahasa Inggris (waktu ujian 1 jam) dibagi menjadi 5 part, masing-masing 10 soal. Berhubung saya ngertinya ini, saya bisa jabarin agak detil.

Part I : Choose the word or phrase that best completes each sentences

Ini mirip banget Structure tes yang TOEFL ITP (bagian yang awalnya, bukan yang nyari kesalahan di kalimat). Jadi, kita bisa belajar dari sana. Fokusnya lebih baik ke vocab daripada grammar menurut saya, soalnya di sini banyak permainan vocab yang suka jebak (kayak preserve, serve, reserve, persevere, severe). Bagian grammarnya di sini menurut saya gak terlalu ribet, cuma lagi-lagi belajar to-infinitive sama gerund yang paling sering ngejebak. Jadi, dikerjain lagi soal TOEFLnya. Mayoritas jawabannya 1 kata.

Part II : Choose the word or phrase that best completes each sentences

Mirip dengan part I, cuma disini lebih fokus paha phrase bukan word. Lagi-lagi, vocabnya harus kenceng dan masih sering ngejebak (kayak In time, In a time, By the time, By when). Jadi, dikerjain lagi soal TOEFLnya. Mayoritas jawabannya 2-4 kata.

Part III : In the following, one underlined part is incorrect. Choose the incorrect part.

Deng deng deng deng! The most difficult part for me. Saya ngerjain semua latihan dari situs itu dan ini adalah bagian dimana kesalahan saya paling banyak. Kenapa? Karena 1 soal itu 1 paragraf dan kita harus nyari kesalahan segede kutu di sana. Akan ada 1 paragraf dengan kalimatnya digaris bawah A, B, C, D. Satu dari keempatnya punya kesalahan grammar. Ini mesti banget belajar dari bukunya Barron’s yg CBT atau PBT. Di buku Barrons, ada bagian latihan yang kita disuruh nyari kesalahan di antara 10-15 kalimat, yang bener dan yang salah gak tentu banyaknyanya. Soal TOEFL emang gak ada yang gitu, tapi dibuku itu dijadiin latihan. Saya belajar dari buku itu full deh ampe khatam di bagian latihan yang itunya. Ini bener-bener sumber belajar yang pas cuma itu kalo part ini dan ngaruh banget kata saya buat mendeteksi kesalahan-kesalahan semacem itu.

Part IV : Choose the most suitable word or phrase from the list to fill each of the numbered blanks in the passage below.

Ini sama cara belajarnya sama Part I dan Part II. Buat part ini, kencengin belajar bagian Proposition di buku TOEFLnya, soalnya suka ngejebak antara to, by, for, in, at (kaya untuk tanggal, tempat, alamat, kondisi).

Part V : Read the following passage and select the best answer to each question listed below it

Part ini adalah tersulit ke-2 setelah part III. Kenapa sulit? Soalnya tingkat kesulitan pemahaman passagenya menurut saya cukup tinggi, lebih tinggi dari TOEFL. (Tapi untung pas saya tes, gak sesulit itu) Iya, dari soal tahun-tahun sebelumnya, tingkat kesulitan passagenya itu tinggi dan butuh berkali-kali baca, emang pas buat jadi tempat ngabisin waktu ujian.

Saran saya, kerjain Part I, II, sama IV duluan! Kalo bisa jangan lebih dari 25 menit selesai 3 part itu, kalo gak tau nembaknya bisa pake feeling. Part III sama Part V bikin bisa sampai 40 menit saya waktu ngerjainnya, dan butuh konsentrasi tinggi nyari kesalahan grammar sama jawaban dalam text.

Ujian Bahasa Jepang (waktu ujian 2 jam) dibagi menjadi 3 part,A : Elementary, B : Intermediate, C : Advanced. Dari observasi saya, yang part A ada di antara JLPT N4-N3 (kanjinya di N4), part B ada di antara JLPT N3-N2 (kanjinya di N3), dan part A ada di antara JLPT N2-N1. Part A sama part B masih ada furigana-nya (hiragana kecil di atas kanji), minimal kita bisa baca kalopun gak ngerti. Kalo yang part C udah gak ada furigananya.

Nah, itu analisis saya tentang soal ujian (yang bahasa Jepang gak detil karena gak ngerti saya). Sekarang saya mau cerita tentang perjalanan ujiannya.

Tanggal 17 pagi saya berangkat ke Jakarta dan nginep di rumah sodara, yang kebetulan hari itu ada undangan nikahan seseorang. Soalnya, kalo berangkat tanggal 18nya takut gak keburu, secara Jakarta macet dan bawaannya gak tenang.

Pagi-pagi, berangkat dari rumah sodara (ama mama dan nenek) ke Depok. Jam 9.30 semua peserta harus udah ada di sana. Saya nyampe jam 9.20, masih ada 10 menit buat liat2. Udah banyak orang di sana, dan semua banyak yang bawa catetan bahasa Jepang gitu, kaya lagi ngapalain vocab. Saya mah nyantai ajalah, udah gak mungkin yang bahasa Jepangnya kekerjain, fokus di Inggris aja.

(Buat yang ngumpulinnya TOEFL bukan JLPT, harus fokus di UJIAN BAHASA INGGRISNYA. Nilainya itu dipilih yang terbaik lho, dan kecuali bahasa Jepang mu expert, barulah belajar dua-duanya. Kalo masih gak bisa apa-apa, jangan cari mati buat belajar bhs. Jepang dalam waktu instan deh. Buat yang awam, gak usah dipikirin kayanya yang tes bhs. Jepangnya, fokus fokus fokus di bahasa inggris)

Jam 9.30, kita disuruh ngantri di depan gedung auditorium gitu, dibagi dua baris yang nama awalnya abjad A-N, sama M-Z lah biar absennya gampang. Ada pengarahan dulu dari ibu-ibu (yang agak galak pembawaannya, padahal biasa aja ngomongnya). Akhirnya, abis absen, kita pun duduk di auditorium. “Wah, ini yang research student kok lebih lambat dari yang SMA kemaren [sebelumnya ada tes untuk monbusho buat SMA]” kira2 begitu kata ibu itu yang bikin ati dag-dig-dug, soalnya ada yang telat masuk gitu padahal udah jam 9.45.

Jam 10 kurang 10, soal dibagikan dan gak boleh dibuka. Buat yang ngumpulin TOEFL, ngerjain tes inggris dulu, buat yang ngumpulin JLPT, ngerjain tes jepang dulu. Jadi, dipisah gitu yang ambil JLPT duduk di baris paling depan. Waktu ngerjainnya 1 jam, yang JLPT 2 jam. Nanti, yang inggris beres baru lanjut tes jepang dan saat yang JLPT beres lanjut yang tes inggris. Tujuannya mungkin biar konsentrasinya full di tes yang diambil pertama.

Lembar soal sama jawabnya itu kertasnya bagus lho, warna hijau muda gitu (kaya ujiannya di film Mr. Bean yang dia bawa boneka Pink Panther itu). ACnya cukup pas bagi saya, tapi banyak yang pake jaket. Mungkin saya duduk agak belakang jadi distribusi dinginnya gak terlalu kena.

Setelah beres, 1 jam pas semua soal dikumpulin (disisipin jawabn di lembar soal). Saran saya, kalo bisa profesional, pas 1 jam teng, emang pensil diletakkan, jangan lanjut nulis. Malu ah udah lulus S1 masih kaya ujian SMA. Ada yang masih lanjut nulis sampai kertasnya ditarik kenceng sambil agak dibentak sama yang pak petugasnya. Yang JLPT masih ngerjain, dan kita dikasih istirahat 5 menit buat wc dkk. Setelah 7 menit, ujian bhs Jepang dimulai dan yang ngerjain bhs Jepang masih ada sekitar 1 jam lagi.

“Jika kalian tidak bisa mengerjakan, minimal isi nama dulu dan tunggu sekitar 1/2 jam baru keluar” kata ibu-ibu itu yang disusul tawa kecil dari berbagai arah. Saya mah agak kepedean di awal jadi abis ngisi nama, langsung nyoba isi yang part A : Elementary. Ada 120 soal semuanya, 1 part 40 (kalo gak salah yah, dan ada isiannya! Kanji -> Hiragana sama Hiragana -> Kanji). Bermodalkan baca buku N5 sambil lalu, saya pun berhasil MEMBACA part A nya! Tapi gak ngerti isinya apa, jadi ya pake feeling lah, ada lah yang yakin 1 atau 2 biji mah, sisanya gak tau. Isiannya juga saya isi, kebetulan tau 2 kanji dari 5 soal itu (kanji biru sama kanji pergi rasanya yang saya isi), dan berhasil mentranslate 3 hiragana dari 5 soal lainnya.

1 jam akhirnya berlalu, dan part A selesai dengan bangganya (entah jawabannya). Baru ibu-ibunya bilang lagi, “Bagi yang sudah menyerah, boleh meninggalkan ruangan” Katanya 1/2 jam, taunya malah 1 jam. Eh, kirain cuma berapa orang yang keluar, taunya ngabring keluarnya alias rame-rame. Ruangan mendadak sepi tinggal beberapa gelintir. Ah, saya mah udah cape, part A aja teler, males ngerjain part B dan C, cuma diliat sekilas doang. Akhirnya, memutuskan untuk keluar, solat, dan minum jus sirsak di Cafe Protein depan gedung auditorium itu, sementara yang lain masih berkutat di dalam.

Saya pun langsung pulang dan tinggal lagi-lagi menunggu dan berdoa supaya hasil tesnya bagus. Katanya hasil tes tulisnya tanggal 2 Juli diumumin.

===========================================================
|| Kronologis Perjalanan Mengejar Beasiswa Monbukagakusho 2013
||
====================================================
Info Umum : Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho : MEXT) untuk Research Student
XX Januari 2012 : Awal Mula Segalanya
28 Maret 2012 : Tes TOEFL ITP
1 April 2012 : Pengumpulan Berkas
7 April 2012 : Membuat Field of Study dan Research Plan
28 April 2012 : Mengirim Berkas ke Kedubes (link idem dengan Pengumpulan Berkas)
11 Juni 2012 : Pengumumuan Hasil Seleksi Berkas
18 Juni 2012 : Tes Tertulis (link idem dengan yang atas)
5 Juli 2012 : Pengumuman Hasil Tes Tertulis
17 Juli 2012 : Wawancara
31 Juli 2012 : Pengumuman Hasil Wawancara
3 Agustus 2012 : Pengambilan Berkas Tambahan di Kedubes
13 Agustus 2012 : Mendapat Kiriman Letter of Acceptance
23 Agustus 2012 : Letter of Acceptance yang HILANG
2 Desember 2012 : Ikutan Tes JLPT N4
14 Desember 2012 : Pengumuman Hasil Secondary Screening
21 Januari 2013 : Pengumuman Penempatan Universitas
Februari 2013 : Surat Keputusan!!! Visa!!!
5 Maret 2013 : Info Keberangkatan
25 Maret 2013 : TOEIC untuk syarat S2
27 Maret 2013 : Pelepasan dan Orientasi
1 April 2013 : Goodbye, Indonesia!
===============================================

About Samy

A master student of Division of Mathematics, Graduate School of Information Science, Tohoku University, Japan. Have this cheerful and wise personality; but can be a boring nerd sometimes. Love learning languages, "designing" books, reading, doing math, cooking, and breeding hamster. Feel free to contact me here : samy.baladram[at]facebook.com

Posted on August 8, 2012, in Monbukagakusho 2013 and tagged , , . Bookmark the permalink. 13 Comments.

  1. Kak, nanya dong soal tes bahasa jepangnya. Kalo misalnya kita bener2 kagak ngerti sama soalnya, dan nekat diisi, bakal ngaruh ke nilai kagak? Kali aja malah berkurang gitu -___-

  2. mukhamad kurniarrokhman

    makasi buat tulisannya ,, bermanfaat bget buat saya… oh yaa,, ipk yang mepet2 3 tu kisaran berapa sih,?? ipk ku sampai smester 5 3,18,, semoga bisa naik.. dan ipk 3,2 itu masih tergolong mepet juga ya kak,??? hehehee
    oiyaa,,, di tunggu kisah2nya kala di jepun dong… :D

  3. kak ,mohon tanya kalau bagi yang lulus sma gimana?
    nih aku lagi menunggu hasil seleksi berkas, menurut info sih tanggal 1 juli 2013 diumumkan hasil seleksi berkas nya. tapi jam berapa yaa kira kira? deg, deg an.
    #salam kenal. hehehhehehe

  4. kak, aku kepingin tahu, rata2 tiap2 tahun, menurut pengalaman kakak, makin naik atau sama aja? soalnya, aku masih punya waktu 4 tahun lagi buat siap2 ikut ini, biar bisa lebih mantep kak…
    btw, blog kakak ini membantu banget! terimakasih banyak ya kak!

  5. bnerny byk bgt yg pengen sy tanyain #plak bner2 penasaran sii ttg beasswa jpng nii.
    nah, mngenai tes tulisny, brrti uda pda bsa di kedutaan prwakilan msing2 provinsi yak? sy dpt liat di Pengumuman tes tertulis itu sii kak, soalny jauh klo ke Jkt sndiri. sy sndiri dr Bali.

    btw, bole sya mnta emailnya kakak tdak? mw nmbah referensi jg ttg beasiswa ini, jrng onlen disini alnya kaka. hehe.

    email sy youichinoASUKA@gmail.com

    makasi kak. Salam Kenal jg. :)

    • Halo Youichi (洋一 kah? atau 洋市? hehehe pengen tau). Alamat email ada di bagian “About Samy” di bawah tiap post. Untuk tes tulis, ada yang di Makasar rasanya, di konjen (di Bali ada gak ya? Kayanya gak ada…). Tapi ujung2nya harus ke Jakarta kok, ya namanya juga mengejar mimpi jangan terlalu pilih2 hehehe. Sip :)

      • sudah sekian lama sy komen2 tpi yg ini kga sy bales. hehe.
        (陽一) youichi yg ini kak. :) ahh, nyari di google yak kak? XPP psti ad maknanya kk klo nama. hehe.

        akhirnya, sya sdah dpt emailnya kakak. maaf ga ngeh, ya gtu da klo msuk blog, mata ama pikiran pnginny cpet2 ketemu. hehe.

        kmrin sy gak bca dgn jlas kak, tpi akhirny ketemu jg diulasan punya kk yg mna gtu. ternyta ada tes tulis di Bali Kak. tinggal kalau lulus situ lnjut wawancara yg hrus k JKT. scra kak jauh.. >.<

  6. Selamat siang.
    Kak, mau nanya, pengumuman seleksi berkas S2
    monbushu via telpon ya?

  7. kak, tes toefl itu wajib? dia minta hasil tes toefl kita gak kak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 51 other followers

%d bloggers like this: