Hamster #4 : Cara Merawat Bayi Hamster

Bagi yang memiliki sepasang hamster, kelahiran hamster adalah hal yang hampir pasti dirasakan. Seperti kelahiran anak pertama, bagi yang pertama kali memiliki bayi hamster, kepanikan pun biasanya menyerang dari berbagai sudut.

Nah, di sini, saya mau sharing tentang bagaimana saya merawat bayi-bayi hamster saya. Sampai sekarang, hamster saya terus melahirkan, dari awal 5 ekor, mencapai 100an (sekarang tinggal 50an yang hidup karena mati dan lain-lain)

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul jika baru melahirkan hamster baru. Saya coba jawab ya satu per satu. Yahoo! NB : Saat sedang menulis post ini, saya tengah memiliki : 5 hamster berumur 5 hari, 8 hamster berumur 2 hari, 13 hamster berumur 11 hari, dan 7 hamster berumur 12 hari.

Q : Hamster saya melahirkan! (ekspresi alay)
A : Tenang-tenang, jangan panik deket hamsternya!

Q : Apa yang harus saya lakukaaaaan!!!
A : Jika memang terlanjur sudah lahir, ya sudah, sekarang KEWAJIBAN ANDA UNTUK MERAWATNYA. Hal-hal yang… (keburu nanya lagi)

Q : Bolehkah anaknya di pegang? Ih, warnanya pink-pink kaya permen Yupi!
A : Jangan sekali-kali memegang anak hamster, konon bau tangan manusia bisa bikin bau hamster beda. Saya sendiri gak berani nyoba-nyoba megang. Jika memang sangat-sangat terpaksa, boleh disentuh dengan alat seperti tongkat kecil dari kayu (kalo saya pake kuas, soalnya ada yang bekas di rumah, hehehe) setelah berumur minimal 4 hari. Saya sendiri gak terlalu menganjurkan pake sendok (alumunium, stainless, besi), karena suhunya lebih dingin dan ada bau logamnya. Alat dari kayu atau plastik  lebih aman. Biasanya, kalo udah 4 hari bau hamsternya udah nempel banget sama anaknya. Saya pernah melakukan pemindahan anak pake kuas itu waktu umurnya 4 hari dan gak apa-apa sampai sekarang.

Q : Biasanya kalo sekali beranak berapa sih?
A : Hamster memiliki 8 puting susu. Menurut teori yang saya baca, mamalia cenderung memiliki anak setara dengan setengah jumlah puting susunya. (Manusia ada 2, berani normalnya 1 bayi). Namun, karena hamster punya 8 puting susu, bukan berarti 4 adalah angka normal. Saya merasa, angka normal kelahiran hamster adalah 5-8 ekor per kelahiran. Mengapa saya katakan 5-8? Tingkat kesuburan /fertilitas hewan pengerat cenderung tinggi hingga rahim-rahimnya memiliki peluang yang besar untuk dibuahi. Tidak seperti manusia, yang saya rasa fertilitas ganda jarang terjadi (kembar). Hal ini juga dipengaruhi keturunan tentunya. Namun, jangan khawatir jika hamster yang lahir hanya 2-4, tidak menutup kemungkinan hal itu terjadi. Malah, kasus ekstrim adalah hamster saya pernah melahirkan 12 ekor! Biasanya memang kembali ke 4-8 ekor yang selamat.

Q : Emangnya hamilnya berapa hari sih?
A : Jenis Campbell memiliki masa kehamilan normalnya adalah 18-21 hari. Biasanya, kehamilan terlihat jelas 2-3 hari sebelum kelahiran. Hal ini benar-benar terlihat loh, apalagi yang anaknya di atas 5 ekor. Tubuh hamster jadi buncit bagian belakangnya. Jika terlihat hamster sudah buncit seperti ini, segera pisahkan (jika mau) dikandang yang sudah diberi cukup serbuk kayu.

Q : Bilangnya sekitar 20 hari, tapi kok hamster saya anaknya baru 7 hari udah melahirkan lagi sih? Jadi bingung nih!
A : Biasanya ini adalah hamil susulan (gak enak banget bahasanya). Jadi, hamster yang kelahiran baru ini biasanya dikarenakan hamster melakukan hubungan saat sedang hamil, menyebabkan beberapa ekor hamster terbuahi. Karena terbuahinya terlambat, maka akibatnya lahirnya pun jadi terlambat. Setahu saya, karena lahirnya terlambat, biasanya yang lahir susulan tidak berumur panjang karena tubuh si ibu harus membagi antara memberi protein pada si anak atau memberi susu pada bayi yang sudah lahir.

Q : Apakah harus dipisah bapaknya kalo udah melahirkan?
A: Jawabannya : TIDAK. Salah satu penelitian dari salah satu website yang saya kunjungi, menunjukkan bahwa jika sang ayah hadir beserta ibunya, anak-anak hamster memiliki 95 % peluang untuk hidup, dibandingkan dengan 47 % jika hanya betinanya saja yang hadir. Selain itu, jika ada hamster lain yang membantu (anak perempuan atau tantenya yang sudah dewasa), anak-anaknya memiliki peluang 61% untuk hidup dibandingkan dengan 47 % jika sendirian. Jadi, saya berkonklusi (dan berprinsip) bahwa 1 kandang dengan 1 jantan dan lebih dari 1 betina (kelebihan betinanya itu masih kerabat dekat si betina) sering mengalami kelahiran yang sukses!

Q : Kandangnya bau nih, udah 3 minggu belom diganti. Tapi ada anaknya, boleh gak diganti gabahnya?
A : JANGAN PERNAH MENGGANTI GABAH KETIKA ANAKNYA MASIH KECIL!!! (Ini udah di bold, italic, kapital, pokoknya ini bener-bener penting deh!) Saya tau pasti pengen ganti gabah kalo udah bau, “Duh bau banget!”. Tahan. Sabar! Jangan dilakukan. Jika Anda memang benar-benar harus menggantinya, jangan dilakukan saat umurnya masih kurang dari 14 hari, karena jika melakukan hal itu, bisa saja hamsternya gak disusuin lagi. Minimal ketika 14 hari, hamster masih bisa bertahan hidup lah. Jika gabahnya diganti, si ibu hamster akan berpikir bahwa dia sudah tidak di rumahnya atau ada sesuatu yang hilang. Dia akan berlari-lari keliling kandang, bisa-bisa sampai 2-24 jam mencari jalan pulang. Anak-anaknya biasanya dibiarin gitu aja.. atau bisa saja ditarik-tarik (dilempar-lempar) berusaha untuk mencari jalan pulang. Jika hal ini terjadi, tempatkan kandang di tempat yang gelap (tutup dengan kain lebar) dan berdoa agar dia tidak sepenuhnya meninggalkan anak-anaknya.

Q : Katanya bakal dimakan sama bokap nyokapnya ya? Gimana dong biar gak dimakan?
A : Ada beberapa hal yang saya amati yang membuat hamster memakan bayi hamster
1. Bau Anak Hamster Berubah
Ini disebabkan oleh hal yang sebelumnya dijelaskan.
2. Anak yang Cacat
Menurut info yang saya dengar, hamster akan memakan anaknya yang cacat. Tapi, saya gak 100% yakin. Pengalaman saya, saya punya hamster yang matanya berlendir (sejak lahir memang sangat kurus), dan disekitar matanya tidak ditumbuhi bulu. Saya berani mengkategorikan sebagai hamster cacat. Kami (saya dan adik perempuan saya) menyebut hamster-hamster yang paling kurus / memiliki kelainan dengan sebutan CCD (dibaca CheCheDe, dengan intonasi naik di setiap hurufnya) alias singkatan dari cacad. Sampai umur 14 hari pun ukurannya seperti hamster umur 7 hari, setengah ukuran adik kakaknya. Alhamdulillah, setelah berobat ke klinik Tong F… (eeeh, gak jadi ah)—. Tapi, setelah umur 3 minggu, perlahan lendir di matanya hilang dan ketika berumur 2 bulan, ukurannya sama persis seperti adik kakaknya. Jadi, memang hanya ibu hamster yang tau siapa yang cacat beneran, siapa yang cacat temporer.
3. Ayah AGRESIF!
Saya sejujurnya hampir tidak memiliki pejantan yang agresif. Pejantan-pejantan yang saya punya mayoritas pendiam, seringnya menyendiri di pojokan. Jika ada pejantan yang agresif, ciri-cirinya sering lari-lari, suka gak sabaran kalo dikasih makan, sebaiknya di pisahkan. Tapi, jika pejantan anda tidak terlalu agresif, justru dia sering ngebantu mengurus anak, seperti membantu membersihkan dengan cara seperti mengigit bulu-bulunya. Jangan sampai saat ngeliat bapaknya melakukan hal itu, Anda langsung panik dan mengira sedang dimakan. Biasanya, jika ingin memakan anak hamster, anaknya akan dibawa satu per satu ke pojokan dan disana baru dikunyah. Kalo sedang membersihkan, biasanya jarang dipegang/dicengkram hanya seperti diendus-endus saja.
4. Ibu yang Stres
Jika ibu hamster stress, dia akan secara otomatis memakan anaknya. Stres hamster ini, yang saya lihat, disebabkan oleh kandang yang terlalu terbuka (seperti kandang jeruji). Menurut saya, kandang jeruji tidak baik untuk menjadi tempat melahirkan. Saya lebih suka melahirkan di box yang semi-trasparan, cem-cem bahan Tupperware / plastik sejenis (eh, bukan saya yang melahirkan ya, hamster saya maksudnya). Jikapun memilih kandang jeruji, saya menyarankan untuk menutupnya dengan kain agar hamster tidak terlalu sering merasa terganggu.
5. Anak Pertama Belum Terbiasa
Bagi beberapa hamster, memiliki anak pertama kali kadang sangat membuat stress. Apalagi, pada kandang dengan makanan yang sedikit. Banyak ibu-ibu hamster saya yang sering memakan geng anak pertamanya. Geng anak kedua dan selanjutnya biasanya sudah terbiasa. Ibu hamster pun memiliki karakter yang berbeda beda. 2 Hamster betina pertama yang saya miliki memiliki kemampuan yang buruk dalam mengurus bayi. Semua bayi 2 hamster betina itu selalu habis dimakan, atau tidak disusui. Sekali melahirkan pun tidak pernah lebih dari 4 ekor, sampai teman saya kaget ketika saya bilang hamsternya hanya beranak 2 ekor, dan mati dua-duanya.
6. Kurang Makan
Hamster yang tidak memiliki cukup makanan di dalam kandang akan secara otomatis memakan anaknya! Saya pun pernah lupa memberi makan 1 hari, padahal anak-anaknya sudah hampir 2 minggu dan dimakan juga sampai habis. Pastikan selalu wadah makan hamster penuh dan kebutuhan air harus terpenuhi (baik itu lewat dot maupun sayur).

Q : No-no-no!!! (Sedang melihat anak hamster di makan) TIDAAK DASAR KANIBAL, MUKA LO AJA UNYU-UNYU SIFAT UDAH KAYA KANIBAL (dan dilanjutkan dengan sumpah serapah, baik dalam hati ataupun diungkapkan, persis seperti yang saya teriakkan dalam hati saat pertama kali mengalami hal tersebut). GIMANA INI!!!!
A : BIARKAN SAJA DIMAKAN SAMPAI HABIS! Saya selalu berprinsip demikian, jika memang sudah dimakan kepalanya, atau bagian tubuh manapun, biasanya memang tidak akan selamat dan akan lebih baik jika dimakan sampai habis, memberikan protein yang sangat kaya bagi tubuh hamster untuk keberlangsungan hidup anak hamster yang lain. Jangan diganggu jika sedang dimakan baik oleh ibunya atau ayahnya. Dengan mengganggunya, justru dia akan semakin stress dan memperbesar kemungkinan anak yang lain akan dimakan juga. Tidak perlu sedih dan melakukan ritual mengubur untuk hamster di bawah 2 minggu. Segera introspeksi diri, kenapa hal itu bisa terjadi. Cek apakah makan dan airnya kurang banyak? apakah suaminya agresif? apakah kandang ada kutu atau penyakit lainnya? apakah terkena matahari langsung? apakah situasi bising dan sering diganggu? Jika 5 hal itu dirasa baik-baik saja, dan ternyata masih di makan, maka selalu BERPIKIR POSITIF!!! Mungkin memang anaknya cacat, atau mungkin karena ibunya belum terbiasa. Itu memang sudah ditakdirkan demikian. Manusia hanya bisa berusaha, Tuhan yang menentukan.

Q : Euh, ternyata banyak ya yang dimakan. Sisa dikit lagi euy! Ya udah lah, saya mah sabar aja. Nah, sekarang, kalo misalnya anaknya misah-misah gitu gimana, kok kaya mencar-mencar di kandang! Wah, malah ada yang nyemplung ke tempat makannya.
A : Biarkan saja anak-anak hamster itu. Jika memang ibunya sayang, anaknya pasti akan digiring kembali bersama-sama saudaranya. Manusia tidak perlu campur tangan. Kecuali anaknya nyangkut di mana gitu, itu baru ditolongin pake tongkat-tongkat.

Q : Anak hamster saya diinjek-injek sama ibunya!
A : Hamster itu kuat. Biar tenggelem di gabah atau keinjek-injek sama hamster lain (terutama kalo melahirkan deket tempat makan), biasanya bayi hamster baik-baik saja. Bayi hamster yang sehat, sama seperti manusia, akan berbunyi mencicit hampir setiap saat. Dan suara mencicitnya akan berhenti setelah tumbuh bulu.

Q : Kok bayi hamsternya gak disusuin sama ibunya?
A : Lihat kembali ke alasan kenapa anak hamster dimakan. Hal ini biasanya disebabkan oleh hal yang serupa. Jika memang penasaran, coba kelompokkan kembali dengan anak-anak lainnya menggunakan alat. Jika ternyata si ibunya malah memisahkannya lagi, ya mungkin itu memang kodratnya. Kita gak bisa maksain rasanya, tinggal berdoa dan tinggal menunggu apakah hamster yang gak disusuin itu akhirnya bakal disusuin atau dijadiin bahan buat susu (alias dimakan).

 (1 hamster mati karena tidak disusui. Hal ini wajar terjadi pada hamster dengan 1 induk dan terlalu banyak anak. Anak yang mati itu biasanya kalah bersaing dengan yang lain, atau kesulitan menggapai ibunya ketika terpisah)

Q : Saya betinanya dikandang ada 4, gimana dong?
A : Saya pernah mengalami hal ini. 1 jantan, 4 betina. Dan asalkan 4 betinanya gak berantem (kalau bisa semua yang sodaraan satu sama lain), hal ini bisa menjadi sesuatu yang positif atau negatif.
Sisi positif 1 kandang lebih dari 1 betina :
a. Dapat saling memberi kehangatan
Hamster butuh kehangatan, dan apabila anak hamster terlalu banyak, biasanya gak muat di bawah ibunya dan hamster lain biasanya ikut nimbrung ngangetin.
b. Dapat sharing air susu
Jangan khawatir, hamster senang nyusuin bayi lain loh. Jadi, jika ada betina lain dalam 1 kandang, dia biasanya juga perhatian sama anak lain (ini segi sosial hamster loh). Kalau pun belum punya air susu, biasanya bisa ngebantu membersihkan (grooming) bayi-bayi hamster. Bahkan, jika anaknya kebanyakan (lebih dari 7), biasanya suka dibagi-bagi atau gantian. Subhanallah, saya punya 4 hamster yang perempuan. Mereka berempat selalu BERGANTIAN ngurusin anak-anak hamster (kaya shift-shiftan gitu). Jadi, bayi-bayi hamster selalu di susuin sama 2 betina, sementara dua betina lainnya istirahat. Hal itu terus terjadi sampai dua minggu, dan hampir setiap kali saya melihat ke kandang, betina hampir jarang yang sama. Tapi, memang, induk aslinya biasanya yang paling sering ada di sana. Saking banyaknya betina (juga mirip betinanya), saya sampai tidak tahu ini bayi hamster yang mana.
Sisi negatif 1 kandang lebih dari 1 betina :
a. Waspada akan 2 kelahiran
Jika ada 2 kelahiran dalam 1 kandang, kelahiran yang pertama akan mendapat perhatian yang lebih dari semua hamster di kandang tersebut, tanpa peduli ini anak siapa. Apalagi jika selisih 2 kelahiran itu lebih dari 5 hari. Anak-anak dari kelahiran ke-2 hampir dapat dipastikan tidak kebagian air susu sebanyak yang kelahiran pertama. Jika ada 2 kelahiran atau lebih dalam 1 kandang, anak-anak hamster itu hampir dapat dipastikan dijadikan 1 kelompok, alias hanya 1 tempat menyusui.

(3 kelahiran dalam 1 kandang (perhatikan ada yang besar, sedang, dan kecil). Hal ini tidak terlalu baik. 2 kelahiran maksimal menurut saya. Semua hamster yang kecil pada gambar ini berakhir pada kematian.)

b. DIMAKAN
Ini jelas, biasanya terjadi pada hamster betina yang gak akur. Ini biasanya karena beda ibu atau digabung dan sering berantem. Hamster betina yang sering berantem mudah stress dan cenderung lebih sering memakan anak-anaknya. Tapi, harus bisa bedain mana berantem yang serius mana yang nggak. Keduanya mirip loh (untuk yang hamster dewasa yah), bedanya jika yang serius sampai berdarah-darah. Indikasi pada berantemnya biasanya ada saat dimana keduanya sedang pause yang lagi ngigit satu sama lain (jadi kaya bentuk bola berdua gitu selama beberapa detik). Ini baru beneran.

Q : Umur berapa bayi hamster bisa di pisah?
A : Saya biasanya umur 3 minggu baru dipisah, kecuali ada 2 kelahiran. 2 minggu biasanya saya pisah jika ada 2 kelahiran, takutnya kelahiran yang ke-2 gak kebagian susu. Setelah 2 minggu, biasanya hamster sudah bisa makan pelet atau sayur-sayur yang empuk. Tapi, untuk amannya 3 minggu saja. Ingat, ASI 2 minggu paling penting dalam perkembangan hamster (kalo manusia 2 tahun kan ya?). Saya belum nemu pengganti ASI untuk hamster, dan hampir dapat dipastikan gak akan saya temukan, jangan berani-berani kasih susu bayi/susu sapi!

Q : Terus, kapan anak hamster saya bisa beranak? (Biasanya udah 1 kali beranak ketagihan loh buat beranakin lagi)
A : Rasanya, yang saya alami, biasanya hamster umur 1 bulan sudah siap untuk hamil / menghamili. Jadi, dalam 2 bulan, bisa saja anak hamster itu udah ngelahirin. Cepet banget kan ya.

Q : Kalo hamster saya udah beranak, apakah masih bisa melahirkan lagi?
A : Sepengetahuan saya, biasanya hamster bisa melakukan 2-4 kali melahirkan. Setelah itu, biasanya udah cape, dan sudah stress deh, sehingga banyak yang dimakan. Jadi, jika baru 1-2 kali, tenang masih bisa hamil kok, asal dapet jodoh yang pas.

Q : Anak hamster saya kok ada yang kecil 1 biji, yang lain besar-besar. Jangan-jangan udah mau matek lagi.
A : Hal ini biasanya karena saat disusui, hamster itu kalah bersaing sama yang lain, sehingga sering kali jarang dapet susu. Akibatnya tubuhnya kecil. Tapi, jangan khawatir. Biasanya hamster yang badannya kecil membawa berkah loh (seperti kisah hamster saya si Babeh dan si CCD). Malah, biasanya setelah 1-2 bulan, hamster itu malah jadi lebih besar / setara sama yang lain.

Q : Ini bulunya kok dikit banget, yang adek kakaknya banyak.
A : Ini juga sama kaya kasus di atas. Bulu sedikit ini memang kadang berbeda di beberapa hamster. Pertumbuhan bulu memang saat 10-14 hari sudah terlihat pesat, tapi beberapa hamster malah ada yang saat 15-20 hari baru mengalami pertumbuhan bulu yang meyakinkan (saya sudah mengalaminya, dan merasakan kepanikannya…). Jadi, lagi-lagi jangan khawatir.

Q : Kan saya lagi bersihin kandang, anak sama ibunya dipisahin. Pas digabungin lagi, kok anaknya dilempar-lempar sih. Kaya digigit terus dipindahin kesana kesini. Jadi takut nih.
A : Itu hal biasa yang terjadi jika kita memisahkan induk hamster dengan bayi-bayinya. Dia panik karena sempat dipisahkan dengan anak-anaknya dan khawatir anak-anaknya akan diapa-apakan oleh kita-kita manusia. Kita hanya perlu mendiamkannya saja, jangan diliatin. Biasanya dalam 1/2 jam, si ibunya akan tenang.

Q : Tolong! Kok hamster saya udah sekitar 3-4 minggu umurnya kok tiba-tiba dimakan sih sama ibunya! Kan udah besar umur segitu!
A : Hal ini memang kadang terjadi. Hamster yang sudah bisa makan dan minum sendiri sekitar 3-4 minggu, alangkah baiknya dipisah dengan ibunya. Saya hampir selalu melakukan hal ini. Biarkan si anak merantau jauh dari ibunya dan mencoba untuk survive. Percaya deh, setelah umur 3 minggu, gak bakal deh mati kelaparan atau kehausan selama ada makan dan minum. Mungkin, hamster ibunya sudah mulai hamil lagi dan menyusui sambil hamil (sambil dikejar-kejar sama jantannya kalo udah malem), saya cukup yakin membuat hamster stress dan memakan bayi (meski udah besar) menjadi salah satu alternatif melampiaskan stress itu.

(Pisahkan hamster jika memang sudah cukup umur. Kotak yang kiri bawah adalah hamster-hamster yang baru dipisahkan, berumur 20 hari.)

Well, itu aja yang ada di benak saya, kalo ada pertanyaan lagi boleh kok tanya (Insya Allah yang bisa saya jawab akan saya jawab). Yang penting, kita memang harus belajar ikhlas menghadapi kematian hamster yang bayi dan harus sabar dalam menangani hamster-hamster yang masih kecil.

Salam hamster :3

 

About Samy

A master student of Division of Mathematics, Graduate School of Information Science, Tohoku University, Japan. Have this cheerful and wise personality; but can be a boring nerd sometimes. Love learning languages, "designing" books, reading, doing math, cooking, and breeding hamster. Feel free to contact me here : samy.baladram[at]facebook.com

Posted on August 23, 2012, in Hamster :3. Bookmark the permalink. 104 Comments.

  1. Mas saya month nanya,,hamster betina albino dan jantan hamster opal,trus klo beranakn,anak nya jadi apa?Thanx…

    • Kemungkinan bakal banyak yg albino, karena gen albino itu lumayan dominan. Kemungkinan lainnya bisa aja argente atau dove.
      Mesti tau induk dr yg albino apakah albino juga, dan apakah yg induk opal juga opal. Tp menurut saya anak2nya bisa aja warna warni, soalnya gen opal bisa pecah jadi normal, argente, atau dove.

  2. Mas mau nanya,klo hams mottled chompabell di kawinkan ama albino(betina)klo lahir anak nya jadi apa?Thanx…

    • Saya belum pernah nyoba tuh. Tapi gen mottled sama albino sama sama dominan. Hampir pasti anaknya kalau g mottled ya albino (kasarnya seimbang). Tergantung juga mottlednya apa ada gen silveringnya (leher putih) atau cuma mottled normal / argente. Kalo ortu albinony ada yg normal / argente, bisa jadi keluar normal / argente

  3. saya punya sepasang hamster campbell . . n baru kemarin 30 november skter jam 7 malam gt melahirkan, eh kenapa anaknya cuma 1 ekor ya. sbnernya sy gk tau hamster ne hamil, karena perutnya biasa2 ja, tak pikir mandul, tapi melahirkan juga n kenapa 1 ekor ya. ????

  4. arina syahputri

    ini pngalaman prtama sya agan/sist, pertanyan sya, gmana kalo abis nyusui si betina malah lari sana sini dn manjat sanasini?anakny malahd anggurin d bawah kain (yg ud sya sediakan). trus katanya kn gpp tuh ngegabungi jantan pas betina lg lahiran, tp sya uda misahin d luan si jantan, kalo mau d gabungh lg apa gk apa ya?

  5. arina syahputri

    ini pngalaman prtama sya agan/sist, pertanyan sya, gmana kalo abis nyusui si betina malah lari sana sini dn manjat sanasini?anakny malahd anggurin d bawah kain (yg ud sya sediakan). trus katanya kn gpp tuh ngegabungi jantan pas betina lg lahiran, tp sya uda misahin d luan si jantan, kalo mau d gabungh lg apa gk apa ya? thaks ya ,salam hammy :3

    • Biasanya kalo betinanya lari2 biasanya itu stress dan akhirnya suka makan anaknya gitu. Sebaiknya kandangnya ditutup kain item gitu biar ngerasa lebih aman. Kalo udh dipisahin y udh gpp, ga usah digabung lagi aja, takutnya baunya udah terlanjur beda. Jangan sering diintipin aja dan sediain supply makan yang banyak. Tinggal liat abis 2 3 hari kalo masih utuh biasanya bakal tetep utuh, tp kalo udah 2 3 hari anaknya abis, ya mau dikata apa. Belajar dari pengalaman aja. Saya aja 2 kali kelahiran pertama gak ada yang selamat. Baru kelahiran ke 3 yang selamet semua

  6. hamster saya br aja ngelairin, tp nggak sengaja hamsterlain jatuh kedalamnya, untung aja langsung ketahhuan jd nggak apa” (pikir gue td nya) eh,,,,, pas 2jam kemudian saya lihat 1 anak hamster hilang dan 2 kakinya yg hilang. awalnya sik pasra aja, tp ternyata sampai skr masih hidup dan udah tumbuh tu bulu” nya, tp pada cacat semua. kok bs begitu ya?????

  7. Mas klo Black collar kawin ama albino….anak nya apa? Trus ada kemungkinan panda gak…?thanks..

    • Albino itu gennya dominan, gak nyampur sama gen lain. Panda mungkin muncul kalau dikawinkan sama yang mottled. Kalo albino x black collar sy rasa anaknya : albino, black, normal, black collar.

      • Trus klo betinanya albino X jantan nya Blackbeer…ad gak mas kmungkinan panda,,,clnya pengen banget dpat hamster panda..

      • Kayanya itu juga gak mungkin. Untuk dapet panda setau saya mesti mottled (apapun) x black. Sampai sekarang aja saya masih terus silangin dan belum dapet panda 1 pun. Masih semi2 panda, belum panda beneran

  8. Oh gtu ya mas…trus klo dapatin champbell argente sama Dove gmna mas

    • Argente sama dove itu emang gennya cukup murni. Saya paling banyak itu. Asal jangan ada albino, normal, sama black, pasti bisa muncul argente. Dove itu bisa dilihat di tabel yang di macam macam hamster cara dapetinnya. Untuk dapet warna2 bagus, jangan pernah pakai induk/jantan yang Normal atau Albino, karena 2 itu gak bikin warna baru.

  9. Malam kak..kak saya mau nanya jga ni mslah X hamster…alnya aku ingin tau jga. Kak saya punya champbell Motled normal,Dove Collar dan Black colar klo X kan bagusan yg mana kak? Black collar X motled normal atau Dove collar X Black collar….?trus anak nya yg lahir jadi apa kak? Hee….maaf kak pertanyaan ku banyak bangeeetttt,,,,makaMalam kak..kak saya mau nanya jga ni mslah X hamster…alnya aku ingin tau jga. Kak saya punya champbell Motled normal,Dove Collar dan Black colar klo X kan bagusan yg mana kak? Black collar X motled normal atau Dove collar X Black collar….?trus anak nya yg lahir jadi apa kak? Hee….maaf kak pertanyaan ku banyak bangeeetttt,,,,makaMalam kak..kak saya mau nanya jga ni mslah X hamster…alnya aku ingin tau jga. Kak saya punya champbell Motled normal,Dove Collar dan Black colar klo X kan bagusan yg mana kak? Black collar X motled normal atau Dove collar X Black collar….?trus anak nya yg lahir jadi apa kak? Hee….maaf kak pertanyaan ku banyak bangeeetttt,,,,makaMalam kak..kak saya mau nanya jga ni mslah X hamster…alnya aku ingin tau jga. Kak saya punya champbell Motled normal,Dove Collar dan Black colar klo X kan bagusan yg mana kak? Black collar X motled normal atau Dove collar X Black collar….?trus anak nya yg lahir jadi apa kak? Hee….maaf kak pertanyaan ku banyak bangeeetttt,,,,makasich…

    • Jelas mottled normal x dove collar. Itu varian warnanya bakal bagus banget, soalnya dari dove bisa muncul warna lain. Kalau black collar cuma ada dua gen utama : black sama collar (leher putih), dan warna item biasanya jadinya ya item atau normal lagi, itu kayanya kurang oke warnanya. Selamat beternak ya!

    • Maaf, pokoknya mottled x apapun itu bakal bagus, soalnya anaknya bisa mottled atau bukan.

  10. Klo gitu gua numpang nanya jga ya Bro….klo punya gua Black platinum ama Black collar…jd pertanyaan gua klo X kan anak nya bakal kluar warna apa Bro…terima kasich sblum nya.!!!
    وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.

    • Itu menurut saya mayoritas anaknya ya kaya ortunya, gak ada warna baru, soalnya black x black = black, paling juga keluar yang normal. Kalo misalnya bapak/ibunya yang black itu ada warna lain, itu mungkin aja bisa bagus.

  11. halooo .. sore bro,, saya mw nnya nich,soal kawinin hamster..
    saya ud kwinin normal platinum(jantan) x dove(btina),kira” anaknya bkal kluar wrna ap ya ??
    and saya jg kawinin normal plat(jantan) x dillute(btina),kira” anaknya kluar wrna ap ya ??
    Terima Kasih Sebelumnya .. :)

    • Normal platinum x dove saya rasa anaknya akan dove, dove collar (tergantung platinumnya biasa atau collar), normal platinum, dan ada kemungkinan argente. Menurut saya itu bisa keluar macem2 banget. Kalau dikawinkan dengan dillute saya belum pengalaman ketemu dillute nih, jadi gak bisa ngomong banyak. Yang pasti kalau ingin warna macem2 jangan dikawinkan dengan normal biasa atau albino, karena keduanya gen yang dominan (anaknya ya normal sama albino lagi mayoritas, cuma bisa gabung sama gen platinum atau collar)

      • saya punya normal,tapi wrna di leher atasnya silver gitu,, di blg penjualnya normal platinum,ud saya kawinin sama dove sih,anaknya ad 6 ekor,warna nya hampir sama semua,wrnanya kayak jantannya smua .. kok bisa gitu ya ?
        thank’s :)

      • Normal emang yang sering muncul. Ada platinum ada silvering. Kalo platinum, badannya juga ada bulu putih semu2 (kaya udah tua), kalo silvering cuma lehernya aja. Ati2. Anaknya dapat dipastikan silvering lagi. Itu bagus kok disilangkan dengan dove, hanya warna dovenya kebetulan belum muncul aja. Itu bisa jadi anak kembar, soalnya anak hamster sering kembar identik (mirip banget semua). Saya aja pernah 8 biji keluarnya Normal semua, padahal ayahnya dove / albino lupa.

  12. Mas kalo ALbino X ama normal kmngkinan anak nya yg kluar itu apa mas?thanks..

    • Kalo albino x normal, anaknya ya albino atau normal. Sangat kecil kemungkinan keluar warna lain (warna nenek kakeknya), soalnya gen albino sama normal sama2 dominan (gak ada yang mau ngalah atau gabung)

  13. ohhh.. ini anak nya memang lehernya bnyak yg lebih memutih(anaknya bru sekitar 2 minggu),,, oke deh,ntar coba saya kawinkan 1x lagi.. thank’s infonya :)

  14. Kak hamster ku ada 2 yaitu albino sama Blackbeer kalau X kan anak nya gmna tu mas,,?thankz.

    • Apapu n di x kan sama albino, ya keluarnya albino. Karena dikawinkan dengan blackbeer, anaknya ya albino, normal, atau blackbeer. Ada kemungkinan kecil warna lain, tergantung gen ortunya albino dan blackbeer. Kalau beli hamster lagi hindari albino dan normal, biar anaknya warna warni

  15. Bro kalau dapat hamster tu bagus2 warnanya,harus di x kan hamster apa?Dilute,Argante,Dove? Sulit dapatin nya…punya ku smua albino dan Normal truz.

    • Iya, kalo punya albino sama normal emang susah, ujung2nya itu2 lagi warnanya kalo di x kan juga. Saya juga beli hamster lagi buat bikin warna baru. (Yg kecil2 aja yg warna dove atau mottled)

  16. Bro hamster gua kok hanya ngelahirin 1 anak ya ?

    • Iya gak apa2 kok 1 juga, saya juga pernah 2 kali. Biasanya sih suka beranak lagi setelah beberapa hari, tapi kalau gak juga gpp, gak ada masalah sepertinya, asal rawat dengan baik aja okey!

  17. Kak umur berapa hamster champbel siap kawin dan bisa hamil?thankz…

  18. Bella sartika uwiyah

    Kak mau nanya Hamster DoVe collar itu mata nya merah apa hitam? Alnya di mbah Google di lihat ada yg hitam dan ada yg merah matanya….

  19. Oh ya kak nda month nanya sama ka2k…di jawab ea kak..!! Nda punya sepasang Hamster kak. Black collar sama Dove Collar klo nda kawin kan biasanya anak nya yg kluar apa thu kak..? Makasich kak…

  20. kak mau nanya, hamster saya kan mau melahirkan ya, waktu itu saya sempet lihat dia seperti berusaha ngeluarin anaknya (ngeden) dan udah keluar darah2 gitu, alat kelaminnnya juga keliatan melebar gitu, tapin pas sorenya saya cek belom ada anaknya dan dia masih gendut, sekarang udah lewat 2 hari dan anaknya belom keluar juga, menurut kakak ini kenapa ya? dan harus di gimanain?
    makasi sebelumnya :)

    • Kata saya mending tunggu aja, biasanya ada yang susulan. Feeling saya sih udah keluar 1 terus dimakan, atau stress gara2 kamu liatin. Pisahin aja dulu dan jangan sering diliatin, karena hamster suka stress kalo diliatin / orang mundar mandir di depan kandang. Periksa 1 hari 1 atau 2 kali aja sambil ngasih makannya. Pastikan makan dan minum selalu ada biar anaknya gak dimakan. Tunggu 1 atau 2 hari lagi. Mudah mudahan gak apa-apa

  21. Mas Bro Dove platinum di kawinkan sama Black Collar anak nya yg kluar biasanya apa tu mas bro..?thanks..

  22. hamster saya melahirkan terus awalnya mau menyusui semua anaknya, tapi terus sekarang yang disusui cuma 1 doang.. yang 2 anaknya di jauhin gitu.. umur anak hamsternya sekitar 1minggu lebih.. udh ada bulu tipis.. itu harus diapain ya biar induknya mau menyusui semua anaknya lagi?

    • Ya itu susah ya buat maksa biar disusuin. Mungkin ada kejadian2 yang shg anaknya gk mau disusuin (stress atau dipegang). Kayanya biarin aja dikandang itu, jangan diganggu aja anaknya. Gak ada yang bisa dilakuin kalo udah gitu biasanya. Jangan sering diganggu / diliatin aja.

  23. Untuk menghasilkan anak hamster yang berwarna biru (blue dove) harus dari indukan hamster yang berwarna apa ya? Jika indukan nya argente red eye jika ingin anaknya berwarna biru, di x kan dengan pejantan berwarna apa? Lalu apakah hamster biru (blue dove) dapat berwarna merah?. Atas jawabannya, saya ucapkan terima kasih.

  24. Maaf maksud saya diatas adalah apakah hamster biru (blue dove) matanya dapat berwarna merah?. Terima kasih.

    • Untuk dapat dove biasa didapat dari argente x black dan hasilnya akan mata merah. Kalau blue dove mungkin dari 3 gen, saya belum punya itu tuh. Saya juga belum pernah dapet tuh dove yang mata hitam.

  25. Maaf mau tanya, kalo pakan untuk anak hamster yang baru umur 8 hari kira-kira apa ya? Apa cukup biji-bijian seperti untuk induk nya?. Terima kasih.

    • Selama 2-3 minggu, bayi hamster seharusnya dapat ASI intensif sehingga tidak butuh makan. Hanya induknya aja yang butuh pakan. Setelah 3 minggu, baru kasih pakan biasa saja seperti ibunya

  26. Kak Hamster Dove ku matanya ada putih2 di tengah nya dan ber air aku gak tau apa penyakit nya…Solusi nya apa donk kak biar hamster ku sehat matanya?

    • Saya juga pernah 2 kali kejadian gitu, saya pikir bakal buta. Emang susah sih kalau dikasih obat mata, tapi pastikan kandangnya bersih, ada makanan dan fun (ada mainan / ada sodara2nya). Yang saya semuanya sembuh sendiri kok. Mudah2an kejadian yang kamu juga sama ya :)

  27. Kak ayu mw nanya ne kak masalah hamster champbel..hamster nya melahirkan cuma 3 ekor bayi padahal perut besar itu sich cma 16 hari truz setelah lahir perut nya masih besar jga,,apa ada kmungkinan lahir susulan lagi clnya udah 2 hari masich aja perutnya besar,,,thankz ea kak..

  28. Mas saya mau namya hamster ku champbell umur 2 bulan tapi puting sususnya blom tumbuh,,,pertanyaanku,apa hamster ku udah siap kawin dan bisa hamil…?thanx…

    • Biasanya kalo hamster saya umur 3 bulan baru bener2 siap. Kalau belum tumbuh, biasanya setelah beranak baru keliatan kok, jadi siap2 aja menurutku sih, gak usah khawatir. Banyak juga hamsterku yang gak keliatan putingnya (karena badannya kecil) dan anaknya banyak kok.

  29. saya mau tanya
    anak hamsernya br 1 minggu terus ibunya mati.
    gmn cr ngurus anaknya y? makasih

    • Wah, saya belum pernah tuh. Amannya sih memang 1 kandang 2 betina biar kalo yang 1 ada apa-apa yang lain bisa bantu. Itu di luar kemampuan saya deh… Kalau manusia yang ngasihin susunya (pake dot minum hamster) mungkin bisa, tapi mesti sering (3 kali sehari), dan pastiin selalu anget anak2nya. Saya belum pernah nyoba sih, tapi mudah2an itu berhasil…

  30. Mas klo hamster panda di kawinin sama dove motled anakan yg kluar apa mas?

  31. Mau tanya nih gan. hamster ku udh 3 bln dipiara baru ngelahirin. pas ngelahirin ada 7 anakny tp yg 2 cacat gak jadi. gak ada tangan n kakinya. Sekarang tinggal 5 ekor deh. jenisnya winter white sama syria. denger2 klo beda jenis dikawinin anakny berpotensi bnyk yg cacat ya? Terus, merusak gen ya? Please jawab thx…
    salam hamster :3

  32. Hamster sy kok jarang ksh susu anaknya ya mas? Kalau pun disusuin cm yg deket badannya dia aja, yg jauh dr dia gak disusuin. Dr 6 yg lahir skrg tinggal 3 krn gak disusuin. Gmn caranya ya biar induknya mau nyusuin semuanya? Trs kalau dicampur sm bapaknya, apa gak malah bikin induknya stress/jadi gak fokus nyusuin anaknya? Kayaknya sih bpknya kalem2 aja.

  33. mau tanya donk, hamster aq anak ny ada 7 ekor… terus ada beberapa yg tubuh ny lebih kecil… yg tubuh ny kecil itu satu persatu mati T^T skrg ada 1 ekor yang masi bertahan… tp klo aq liatin ga mau makan… kenapa y? jadi kliatan sekarat skrg… apa gara2 aq kasi wortel? wortel aq kasi dselingi ma makanan hamster yg beli d petshop…
    terus ada 1 yg tubuh ny plng besar, aq pisahin sndiri soalny dia galak… yg lain tubuh ny kecil kyk yg d ajak brantem terus… dtempel2 gt…
    helpppp ga tega liat hamster ny gini… makasi yaa

    • Ya itu emang susah. Kita sevagai manusia yang ngerawatnya jangan sering diliatin, apalagi masih kecil2. Saya kadang ngasih makan pas mereka lagi tidur biar gak ngerasa keganggu. Usahakan kandang tertutup (gak transparan) biar gak diganggu. Kalo ada yang besar sendiri jangan dipisahin. Ntar malah itu loh yang mati kalo belum saatnya udah dipisah.

  34. hamster saya cambell, si betina lg hamil, klo si betina diem si jantan suka makan trs di simpen dpipinya ters dimuntahin di deket betinannya. itu kenpa ?

  35. Mas kenapa hamster champbel cuma 14 hari udah melahirkan…bukan nya hamster itu melahirkan 18-22 hari..?

  36. pertanyaan 1 : anak hamsterku mati tiba2 , padal 2 jam sebelum.a aku sempet liat semua anaknya baik2 aja … umurnya udah 8 hari , tp mati.a bkn krna digigit … apa hamsterku kena penyakit ?

    pertanyaan 2 : apa boleh anak hamster di gabung dengan saudara.a yg beda usia 2bln/lebih (anak kelahiran pertama & anak kelahiran kedua digabung) ?

  37. oh iya pada saat anaknya udah lahir …
    bapaknya boleh dipisah apa enggak nanti takutnya anaknya dimakan
    gimana ini ??

  38. mas saya mw tanya klu campbell ma winter with kawin di mlm pertama trus sampai kapan anak y keluar y kira” ? thnks

  39. saya sebelumnya punya hamster syria sepasang dan melahirkan 7 anak.. tapi anak2 mati semua.. gak lama setelah itu ibu hamsternya yg mati :( akhirnya sy beli hamster cewek lagi yg ternyata jenis campbell ( saya kira sama, karena sy awam masalah bedain jenis hamster) dan ternyata sekarang sudah melahirkan 5anak umur 7hari dan sehat2 semua.. jantan saya pisah..
    pertanyaan sy apakah hal tersebut (kawinin hamster beda jenis) gak apa ? karna ada yg bilang kl di kawinin beda jenis akan ada potensi virus baru dan gak bagus :( tapi udah terlanjur, gimana mas ??
    selain itu ini pertama kali saya berhasil beranakin hamster setelah 3x gagal
    mohon sarannya ^^

  40. ka mau tanya klo winter blue argente bagusnya di kawinin ma jeniis winter apa yah

  41. muhammad toya

    hamster saya 2 hari lalu baru ngelahirin anaknya cuma 2.. nah si anaknya yang A udh tumbuh bulu lumayan lebat dan yg B dikit bngtt.. itu yg B ga akan ke dinginan kan?

  42. Kang hamsterku panda(lk) ww(pr) , ww udah ngajak kawin tpi panda nya gk mw harus diapain ya biar kawin

    • wah tau darimana gak mau kawin? ya jangan dipaksa juga. semua hamster saa ya dibiarin aja nanti kawin sendiri pada umumnya. jangan jadiin target biar cepet punya anak. nikmati aja 2 hamster itu mumpung belum banyak, kalo udah banyak malah mkin repot

    • dan secara ww dn panda cmpbell kan beda spesies rasanya. ww ya sama ww lagi, panda cmpbell ya sama campbell lagi… kalau digabung malah bakal muncul masalah

  43. Kak, aku punya hamster normal cuma 1. Hamsternya sering berlendir di bagian anusnya. Trs ga pernah minum kak. Aku pelihara udah 14 bulan, awal beli ukurannya sedang. Menurut kk gimana? Kira” ada penyakit dari hamster yg bisa ditularkan ke manusia?

    • Kak mau nanya klo kawinin hamster Ww sama Ww tapi beda warna..gpp kan..

      Aku tidak terlalu tau tentang hamsters ……tolong Di Jawab wa kak…

  44. Hamster saya udah Berumur 6 bulan Lebih tapi sampai sekarang belum melahirkan ..
    . bagaimana caranya kak supaya hamsternya cepat Hamil …?

  45. hamster ku umurnya 2 minggu uda bisa makan sendiri terus pisahkan lah ama induknya??

  46. Nurhayati kalesaran

    Aku mau nanyaa yaa!!
    Kemaren pas aku mau beri makan hamster , Ehh aku liat hamster ϓ∂ηб satunya udah matii.. Tapi yang dah mati itu hamster yang kecil tubuhnya kecil banget dan beda deh dari yang lain.. Hmm itu kira2 kenapa yaa!?? Apa karna salah berikan makanan. Soalnya pas induknya melahirkan aku berikan jagung manis.. Minta pendapatnya dong.??

  47. hamster aq branak 8 ekor nii.. ww golden ama ww blue argente

  48. aku punya 3 bayi hamster berumur 3 minggu,yg sudah dipisah dari induknya (baik ibu ataupub bapaknya) , tapi kenapa tiba2 saat saya mau kasih makan ke kandang anak hamster , koq sisa 2 ekor ya, yg 1 lagi hilang tanpa sisa, tak ada bangkai? apakah mungkin bayi hamster akan memakan saudaranya sendiri sampai habis tak tersisa, padahal bayi2 hamster ini sudah cukup saya beri stock makanan di dlm kandangnya. Trmksh utk jwbnnya

  49. Aku mau nanya nih, aku kan beli hamster anggora (kata penjualnya gitu) aku beli sepasang, belum ada 1 bulan aku beli, hamsternya udah hamil dan udah melahirkan..
    Abis itu anaknya ada 7, 1 mati krna ccd langsung aku kuburin, 1 lagi mungkin dimakan krna belum 1 hari melahirkan anaknya aku pindahin pake tangan, baru tau kalo ga boleh, kan katanya induknya boleh disatuin dikandang, tapi kok pas aku satuin induknya malah berantem, gigit2an, biasanya kalo maen ga sampe gitu, itu kenapa mas…?

    Dan satu lagi hamster aku yang betina (pipot) itu kalo dikandang suka manjat2 kandang, kalo yang jantan (pinky) diam aja dikandang, tapi kalo aku lepas main2 keluar kandang, dua2 nya itu suka lari2an…
    Itu tergolong induk yang pendiam atau gimana, terutama yg jantan..

  50. Wahhh……. Terimakasih yah infonya :D hamsterku baru ngelahirin nih ^o^ ada 5……. Tapi ak takutnya kalo si ibunya makan si anaknya… Takut banget!!!! Soalnya saya sering punya hamster tapi baru kali ini hamil, jadi asa seneng banget…. Cuma takut aja sih……. Solusinya biar anaknya Ъќ dimakan gimana yah…… Tolong dijawab Ўªª

  51. Gan ko hemter ane suka ngubur makanan yah gmna tuh kan sayang :(

  52. Gan kalo bisa minta no hape atau facebook biar gampang ngobrol yah ane banyak pertanyaan nih gan mau nanya” berbagi ilmu gan ;)

  53. apakah hamster yang sedang melahirkan boleh difoto dengan flash, tetapi keesokan hrinya anak yg btu lahir 2 hari udah hilang

  54. Asssalamualaikum..!!!
    Saya mau nanya.
    Kalo hamster argente X dove collar anakannya warna apa,ya
    Pengennya yang bagus deh
    Mhon dijawab ya…!!!
    Thanks

  55. saya mau nanya.. kan hamster saya abis ngurus anak.. dan di gabungkan ke jantan nya lagi.. tapi kenapa ya kok baru 7 hari udah melahirkan + anaknya kecil banget, cuma setengah dari ukuran normal

  56. Kok hamster jantan saya jadi penakut? Gimana ya buat biar jadi berani lagi?

  57. Permisi kang mau nanya nih. Kebetulan saya melihara hams. Tp si jantan menjadi penakut. Bagaimana cara mengembalikannya ya?

  58. Gigin Novianti

    permisi gan mau tanya juga nih..
    saya punya sepasang hamster sudah dua kali melahirkan, kelahiran yg pertama gagal total karena baru 2 hari bayi hamster sudah dimakan lg sama induknya padahal cara2 diatas sudah sy lakukan.. lalu kelahiran yg kedua, bayi2 hamster yg berusia 1 minggu tiba2 mati dikandangnya, padahal begitu dilihat juga dikandang ga ada kutu.. kenapa yaa Gan ?? sekarang setelah melahirkan yg kedua & bayi2 nya mati, si induk seperti streess. bagaimna mengatasinyaa ??/ trims ^_^

  59. Sy punya hamster syrian yg baru melahirkan tp baby hamster sy baru berumur 11 hari induk.y kabur (gara2 teledor lupa menutup kandang), apakah baby hamster yg berumuru 11 hari sdh bisa hidup mandiri???? Dan Apakah bisa di induk.y diganti dengan induk yg lain????
    Mohon penjelasan.y……..

  60. maulidha risca

    Mas mau tanya hamster saya kemungkinan 3 betina hamil semua itu klo d.jadiin 1 kandang boleh apa gak ? Trus klo mau ngelahirin yg 1 dicampur sm 3 betina itu boleh gak ? Tp sy takut ntr anak”nya di makan sm induk lain. Trus gmna yaa ? Mohon info nya yaa . Thanks

    • Kalo 3 betinanya akrab (gak suka gigit2), malah nanti pas ngelahirin suka saling ngebantu loh. tapi, memang ada juga resiko dimakan. Tapi, selama itu tetep satu kandang, mereka baunya akan sama dan anak induk lain juga suka disusuin sama mereka. Saya juga sering kok 1 kandang yang hamil lebih dari 2. Jadi, tenang aja, asal jangan diganggu2 ;)

  61. Kak,saya punya 2 hamster syrian,hamsternya udh sya kawinin,yang jantan warna bulunya hitam matanya hitam,kalau yang betina bulunya coklat ke abu2an matanya merah.kira kira nanti anaknya ada kemungkinan gak warna bulu/matanya berbeda dari induknya???thanks

  62. Mas saya mau tanya, 4 hari yg lalu hamster saya melahirkan, trs sekarang ibunya mati, trs untuk mencukupi gizi anaknya itu supaya ga mati juga gimana ya mas? Makasih

  63. hamster aku melahirkan
    tpi cuman ada satu. Trus ibu nya sma bapanya aku pisahin sama anak nya .trus itu gimana dong ?

    • hmm, yah kalo dipisah sama anaknya mau disusuin gimana dong? kalau udah agak besar dipisah gak apa2, kalau masih kecil gabungin lagi aja segera, kalau udah kelamaan suka dianggap “benda asing” sama induknya

  64. mau tanya donk kan hamster saya baru tadi subuh melahirkn .. bapak nya langsungdi pisah . di satuin lagi bisa gak ?? bpk nya cool , baik banget ko

  65. silvi putri nabila

    Saya punya hamster tiga(3) yang dua betina yang satu jantan waktu hamster saya menikah kok gak mau tidur berdua mala mereka berantem waktu jantan mau ngajak kawin betina mala si jantan di cakar , betinapun juga mala mau ngajak jantan tidur bareng mala si jantan pergi . Terus saya harus bagaimana dong?

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

