Mathematics

Hello world.   \newtcolorbox{keypoint}{ enhanced, frame empty, attach boxed title to top left, title = Key point, sharp corners = northwest, colbacktitle = keypointmain, colback = keypointsub, left = 2pt, right = 2pt, top = 0pt, bottom = 0pt, titlerule = 0pt, boxrule = 0pt, arc = 6pt, fonttitle = \titlefont, boxed title style =… Continue reading

Let's Speak Indonesian!

15 Different Ways To Say “Poop” in Indonesian

WARNING! MIGHT CONTAINED DISTURBING WORDS! It’s funny how Indonesian people have so many words to describe this kind of activity. Here’s a (probably) complete list of words that can be translated as “poop” or “to poop” : Tai/Tahi noun used to describe animal poop, including human. Usually, depicted as ugly, bad, and disturbing. Can also… Continue reading 15 Different Ways To Say “Poop” in Indonesian

Let's Speak Indonesian!

Let’s Speak Indonesian! Lesson #1 : Confess Your Love in Indonesian!

(klik foto di atas buat ke videonya 😀 ) atau di sini http://youtu.be/cWvEuKsaW5o Belakangan ini, sy lagi sering-sering liat youtube terus tiba-tiba terinspirasi buat bikin video. Tapi, bingung banget harus bikin video kaya gimana, pengennya sih yang bermanfaat. Awal-awalnya nyoba ngerekam diri sendiri kaya vlog-vlog gitu tapi kacau beliau jadinya. Akhirnya, setelah pencarian panjang, sy mutusin… Continue reading Let’s Speak Indonesian! Lesson #1 : Confess Your Love in Indonesian!

Game Discussion

My Version of Legendary Games

Bagi para penggemar games, tenth tiap console  punya games-games yang menyimpan banyak memori, game-game yang bisa dikatakan legendaris, yang membekas di hati (kayak apaan aja). Eh, tapi betul, game itu gak cuma sekedar game yang dipandang sebelah mata--mencari kebahagiaan semata--tapi game juga sejujurnya membuka mata kita untuk melihat dunia yang lebih luas, merasakan pengalaman luar biasa, menjelajah… Continue reading My Version of Legendary Games

Japan, Here I come!, Monbukagakusho 2013

Welcome to Silent Hill : Sendai…

(Berdiri di kereta super cepat, Shinkansen) Shinkansen dengan cepat melaju menuju kota Sendai. Ya, hanya 1 jam 40 menit yang dibutuhkan kereta super cepat ini untuk menggapai Sendai. Saya, bersama Sahdan dan Hendra menunggu tenang di dalam kereta super cepat itu sambil sesekali menilik ke luar jendela, menyaksikan satu persatu pohon sakura yang mulai mengeluarkan… Continue reading Welcome to Silent Hill : Sendai…

Japan, Here I come!

Fakta Unik Mahasiswa Internasional di Sendai

[The 28th Tohoku University International Festival Courtesy of TUFSA (Tohoku University Foreign Student Association)] Berada di Jepang, di kerumuni oleh orang-orang Jepang dan Internasional membuat mata saya melek akan beberapa fakta yang saya dapati tentang orang-orang dari berbagai negara, berikut deskripsinya. But anyway, ini artikel ringan yang bikin bergaul dengan orang dari berbagai negara itu… Continue reading Fakta Unik Mahasiswa Internasional di Sendai

Japan, Here I come!

4 Musim (?)

Bicara tentang musim, salah satu negara yang langsung terbersit dipikiran orang-orang adalah Jepang. Ya, jika ada pertanyaan di pelajaran pengetahuan alam kelas 4 SD: Ada berapa musim di Jepang? Jawabannya adalah 4. BOHOOOOOO000oOOOoOOOOoONG!@)(*)@%&*)@*$()@*#)$*@)#*$ (tarik napas sebentar) Itulah fakta yang saya rasakan... katanya 4 musim tapi nyatanya? Oke, oke jangan pada binun dulu. Ini saya jelasin… Continue reading 4 Musim (?)

Japan, Here I come!

Nama-nama Tempat di Bandung dalam Bahasa Jepang

Kali ini, di waktu yang random ini, setelah sekian lama tidak ngeblog, terinspirasi dari banyaknya nama tempat dalam bahasa Jepang dan nama tempat di Bandung yang random, akhirnya saya memutuskan untuk menulis ini! Dalam bahasa Jepang, nama-nama tempat (macem Tokyo, Nagoya, Osaka) biasanya gabungan dua kata atau lebih. Kali ini saya akan mencoba "menerjemahkan" tempat-tempat… Continue reading Nama-nama Tempat di Bandung dalam Bahasa Jepang

Monbukagakusho 2013

Goodbye, Indonesia![Beasiswa Monbukagakusho 2013]

The day finally come. Hari ini adalah hari penantian setaun perjalanan panjang ngedapetin nih beasiswa. Kalau melihat ke belakang lagi, ternyata panjang juga penantian ini. Sempat sebelum berangkat melihat situs kedubes dulu dan tau-tau udah dibuka aja pendaftaran untuk keberangkatan taun depan. Berasa de javu, soalnya emang tanggal 1 April taun lalu rasanya saya emang… Continue reading Goodbye, Indonesia![Beasiswa Monbukagakusho 2013]

Monbukagakusho 2013

TOEIC untuk S2 [Beasiswa Monbukagakusho 2013]

Walaupun saya sudah mengambil Tes TOEFL ITP sebelumnya, tapi ya bisa dibilang TOEFL ITP memang bukan menjadi alat untuk syarat masuk universitas. Biasanya itu lebih ke arah mengukur kemampuan bahasa Inggris kita (termasuk buat syarat Monbusho ini). Untuk negara Jepang, tes TOEIC biasanya masih valid untuk kebanyakan universitas. Sayapun melihat daftar dokumen-dokumen yang saya perlukan… Continue reading TOEIC untuk S2 [Beasiswa Monbukagakusho 2013]