Menyusun Field of Study dan Research Plan [Beasiswa Monbukagakusho 2013]

Bikin research plan itu harus bener-bener ati-ati deh. Sebelum saya ngejelasin ini research plan saya kalo mau liat (semoga gak konfidensial dan gak dijiplak orang). Bagian ini butuh mikir panjang, butuh perencanaan mateng dan harus serius banget ngisinya (yang harus disiapin dari awal banget, saya nyiapin dari 1 April)

Kata dosen saya (yang jebolan Mombusho angkatan 90an itu), ini tuh salah satu aspek yang paling penting buat diterima atau gak nya kita. Jadi, saya bagi penjelasan ini jadi 3 : 1. Professor, 2. Research Plan, 3. Study Plan

1. Professor

Ini sebenernya penting gak penting. Tapi penting loh. Kok tiba-tiba ngomongin professor? Dari semua yang lolos wawancara, hampir semua sudah menghubungi profesornya sebelum seleksi wawancara. Dosen pembimbing saya juga nekenin kalo saya mesti udah dapet profesor jauh sebelum ngumpulin berkas. Wah, padahal tahapan ini masih jauh loh tapi saya malah disuruh ngerjain sekarang. Menurut saya, ini senjata lolos wawancara.

Akhirnya, saya nurut aja, toh beliau udah pengalaman dalam hal ini. Jadi, saya ngirim email ke profesor yang saya tuju, namanya Professor Akihiro Munemasa. Beliau adalah yang terbaik di bidang Algebraic Combinatorics, itu bidang matematika yang saya minati (dan rasanya dibenci oleh banyak orang, karena perpaduan antara aljabar dan kombinatorik, yang notabene dua keahlian dengan peminat rendah di jurusan Matematika saya). Dosen saya menekankan kalo saya mau ke Jepang, mesti sama orang ini. Saya udah baca artikelnya mengenai “Spherical Design” yang jadi topik saya sekitar Oktober 2011 dan penjelasannya rapi banget, pokoknya TOP BGT deh. Sampai dosen saya kalo saya bimbingan (dan ceritanya lagi gak semangat) suka bilang “Wah, mesti semangat dong, kan mau jadi muridnya Munemasa”. Saya sih dengernya sebagai guyonan, tapi things changed.

Saya pun percaya gak percaya mengemail beliau pada tanggal 7 April yang isinya seperti ini (bisa diikuti bagi yang mau) :

Dear Mr. Akihiro Munemasa,

Let me introduce myself. My name is M. Samy Baladram. Currently I’m an undergraduate student in my final year in ITB (Institut Teknologi Bandung) Indonesia. I took Mathematics major and about to graduate in July 2012. For my final project, I worked with Mr. Djoko Suprijanto. The topic itself is about the construction of spherical design.

I have a great interest in design. I found it interesting and challenging. When Mr. Suprijanto offer me the topic about spherical design for my final project, I’m actually quite interested and accepted it. I’ve read the paper he gave me and I found your name in “Handbook of Combinatorial Designs”. I found out that your explanation concerning the spherical designs is amazing. It is not too lengthy and full of information, just everything I need. Before I found the book, I’ve been searching it for quite some time and the other explanation (mostly I found it in paper) is not really clear.

I’ve decided to work with spherical design and Mr. Suprijanto gave me some other paper and guide me through the construction of spherical design. Now, I’m in the end of my research. At first, we were trying to construct it via association scheme but in the end we use numerical and analytical approach to make it. Currently, I’ve made the spherical 3-,5,and 7-design. It’s not a tight one actually (since I’m still a beginner) but Mr. Suprijanto found out that my spherical 3-design is actually a tight one. But unfortunately, that spherical 3-design is actually a cross polytope, so we ended in a new non-tight one.

I really wish to continue my study concerning this part. Although, I’ve ended my research, Mr. Suprjianto suggest me to continue my research in Japan in my future study and try to learn more about association scheme, Q-polynomial, and Euclidean design.

Currently, I’ve also applied for a scholarship in Japanese embassy in my country (It’s called Monbukagakusho). The scholarship is for 18-month research student in Japan university. The research itself will start around October 2013. Mr. Suprijanto suggest me to do research with you in Tohoku University since he think that you are the right person to share with about this research and the right person to work with. And actually I’d really love to.

If my application in embassy is accepted, is it possible for me to do research with you? I’d really love to do some research and explore more about spherical design.

I’m sorry for my English, since it’s not my native language. Thank you very much for your time and consideration. I wish you could reply me as soon as possible.

Sincerely,

M. Samy Baladram

Setelah hampir 1 jam mengetik email itu akhirnya tombol send di pencet. Dan keesokannya, di balas!

Dear M. Samy Baladram,

I am happy to accept you as a research student working on spherical designs. I suppose you mean to enroll as a graduate student. Please check the specification of the scholarship. My guess is that you come to Japan in
October 2013, spend 6 month as a research student, take an entrance exam in March 2014, enroll as a regular
student in April 2014. Then you need to ask an extension of the scholarship to cover the two-year masters program which ends in April 2016. Is it correct?

Best Regards, Akihiro

Itu loncat-loncat dapet emailnya, apalagi ada kata-kata “I am happy to accept you” . Segitu aja udah cukup, intinya kita udah menghubungi profesor dan udah tau mau ngapain di Jepang.

2. Research Plan

Di lembar format research plan, dikasih space sekitar 1/3 halaman kosong. Tapi, buat nunjukin keseriusan, disarankan buat di attach research plannya (saya udah kasih contoh yang saya lho). Itu juga atas instruksi dosen pembimbing saya, katanya mesti jelas. Pokoknya jadi semacem research proposal lah. Itu bener-bener nunjukin sejauh mana kita ngerti dan sejauh mana kita pengen belajar di Jepang. Udah saya masukin ya research plan saya (yang saya yakin pasti pada gak ngerti saya nulis rumus apaan).

3. Study Plan

Nah, bagian ini adalah bagian essay. Anggap aja ini esai dengan judul “Jika saya tiba di Jepang, maka…”. Jadi nyeritain kita di sana mau ngapain aja sih (mau ngunjungin perusahaan game Bandai-Namco, Square Enix, Capcom, sama Konami, hehehe becanda). Mau berapa lama di sana? Kegiatan di sana mau apa aja? Bisa bertahan sama kebudayaan Jepang?

Yah intinya kaya begitu, pasti bisa lah bagian ini, asal 1 halaman aja kata saya sih udah cukup aman. Ini saya paste yang saya yah (tapi janngan asal copas lho), maapin kalo ada grammar yang salah ya.

In this study program, for the first two year, I will describe my study plan in 6-month period, started from the arrival in Japan in April 2013.

From April 2013 to October 2013, I will focus on attending the Japanese Language Course (JLC) since it is mandatory for me to master Japanese as soon as possible. I am sure it will help me a lot in adaptation process if the course is held in the university where I will conduct my research. Also, it will be a great place to generate a network for the social needs and future study in Japan. In the JLC program, I believe that I am suitable to join Intermediate Class because I have learned some fundamental Japanese previously.

During the intensive six-month Japanese language course, I will take some time to go to my research location. As described in research description, I would propose myself to do research in Graduate School of Informational Science (GSIS), Tohoku University. Though my previous study is Mathematics, I have already carefully decided why I would like to enroll in GSIS. I have learned that most Mathematics Department in Japan universities does not provide such lab that focus on this specialization. In GSIS, I will do my research in Computer and Mathematical Science Department. For the research, if I am able to enroll as research student in Tohoku University, I’m planning to join Prof. Akihiro Munemasa’s lab in “Mathematical Structure I”. I believe the lab would provide me a suitable work environment for my research. For the early preparation, I have also contacted Prof. Akihiro Munemasa in April 2012 and met him personally in July 2012 and he said he would gladly accept me to be his future research student.

From October 2013 to April 2014, I am planning to conduct my research there. During that time, I will also prepare to take the entrance examination for the graduate school which I wish to attend in March 2014. This 6-month research time will be greatly useful because I will be able to know my environment better. Thus, if I pass the entrance examination, I will continue my research in the same lab as a graduate student. If not, I will continue my research as research student for the last six month that is from April 2014 until October 2014.

If I am accepted in the graduate school, from April 2014 to April 2016, I will continue my research as graduate student with the same research theme. If possible, I will also join some clubs or social community during this period so that I could also learn some soft skills. As a Moslem, I will surely join the Moslem community. I am also interested in Japanese cultural club or anime club since I have interest in both of them.

 I am planning to finish my Master Program in April 2016 and continue my research for my Doctoral Program from April 2016 until, approximately, April 2019. It will also be the end of my study program in Japan.

After all, the ultimate goal of the research itself is to produce some high-quality papers and results that can be widely use in other fields such as quantum physics, network arrangement, numerical analysis, and cryptography. After I finished my study in Japan, by my teaching ability, I will gladly introduce the algebraic combinatorics structures in Indonesia as academician, especially in my university. I am also interested in writing books concerning the field since I have a great interest in writing. By my experience in Japan, it is also possible for me to write some other Mathematics textbook. I wish the books will be able to educate and motivate students from all around Indonesia.

I think I have carefully planned my study program in Japan. Since I rarely know any other student (even lecturer) from all around the country that has interest in this field, this ultimate goal will be one of the important steps of the development of Mathematics in Indonesia especially in algebraic combinatorics.

Well, yah itu bagian research plan. Jangan lupa, karena kita orang Indonesia, dan bahasa Inggris nya blableblo, pastiin ini direview sama temen yang bahasa Inggrisnya bagus (thanks to Anggita Septiani Harahap atas editannya), buat cek grammar dll. Jangan sampe ini dibikin h-1 atau bahkan h-seminggu, karena kita pengen ini sebagus mungkin dan se perfect mungkin lah, jangan sampe ditolak karena grammarnya salah. Ini saya cek beberapa kali, tanda bacanya juga saya cek, grammar dan pemilihan bahasanya katanya gak boleh terlalu minta-minta dan gak boleh kepedeean–harus humble. Contohnya, Gunakan kata “I believe I …” daripada “I think I …”. Gunakan “I wish” atau “I prefer” daripada “I want”, “I may” daripada “I can”.

Pokoknya dipoles terus ampe bening sebelum dikirim karena ini bagian yang sangat penting. Kalo kita udah ngehubungin profesornya, bisa kita sebutin tuh nama profesor ama univnya biar gak terkesan terlalu ngawang-ngawang pengen ke Jepang.

Wah, sepertinya itu saja, kalau mau kembali ke post Seleksi Berkas atau Tes TOEFL juga boleh.

Kembali ke Awal Mula Segalanya + Kronologis

(keyword buat yang nyasar ke sini : beasiswa jepang, monbukagakusho 2014, seleksi dokumen, monbukagakusho MEXT 2013, research plan, field of study, menulis research proposal, research program mombusho)

About Samy

A master student of Division of Mathematics, Graduate School of Information Science, Tohoku University, Japan. Have this cheerful and wise personality; but can be a boring nerd sometimes. Love learning languages, "designing" books, reading, doing math, cooking, and breeding hamster. Feel free to contact me here : samy.baladram[at]facebook.com

Posted on August 8, 2012, in Monbukagakusho 2013 and tagged , , . Bookmark the permalink. 92 Comments.

  1. Mas, salam kenal… kalo kita kirim email ke professor, apakah attach cv or research plan kita? thanks and sukses yo.

    • Salam kenal juga. Kalau saya sih gak, cuma kenalan sambil ngasih tau interest kita aja pengen spesifik research bagian apa (dan pastikan berhubungan dengan riset2 yang udah dilakukan si prof itu, biar dibimbingnya juga nanti enak). Tapi kalo diminta sama profnya sih ya kasih aja.

    • Itu tergantung profesornya. Kenalan dulu aja baru kirim kalau emang dirasa butuh. Kalau ngirim langsung kayanya kesannya nodong, malah jadi gak enak. Gambaran umum aja dalam beberapa kalimat kayanya cukup

  2. Makasih responnya. Saya udah kirim email ke profnya. kebetulan labnya 100% sama dengan interest saya. Saya udah kirim belum seminggu tapi belum ada balasan. Kapan waktu yang tepat untuk mengirim ulang ke profnya.

    Kemudian, kalo di tolak.. ada beberapa prof lain tapi agak beda focus researchnya. Apakah kita mengubah interest kita sesuai focus research labnya ato tetap punya kita ya?

    • Tergantung profesornya sih, apa sering cek email atau gak. Kebetulan prof saya emang bidang computational jadi sering cek email dan balesnya pun cepet. Mungkin tunggu 1 minggu, coba kirim 1 kali lagi. Kalau emang gak ada respon ya mungkin emang mesti cari prof lain yang kira kira masih 1 bidang. Mungkin malah mesti nyesuaikan sama interest profesornya kalau emang mepet dan masih suka juga sama bidang tersebut

  3. Fitriyani Umar

    Thanks info2nya brother samy,,,kbtulan, sy skrng lg mw belajar matematika kombinatorik,,,krn penelitian sy brhubgn dgn itu (computer network)…sy butuh bahan bacaan,artikel, atw tulisan ttg itu. sy minta tolong dkirimkan ke v3u_2207@yahoo.com, klo bisa..I’m glad if you can help me. onegai shimasu…🙂

    • Kebetulan saya bukan komputer networknya banget sih. Wah bahan bacaan kayanya cari di web aja deh, banyak banget soalnya (dan yang sya punya udah bagian yg lebih khusus, khawatir gak ada relevansinya!

  4. halo mas samy,
    gini misalnya saya ikut beasiswa research,itu artinya saya gak ikut program master ya?
    terus kalo msalnya pas s1 kita lain jurusan dengan profesornya,misal saya ambil science terus saya mau ikut di lab profesor yang jurusannya IT apa bisa?
    Thx

    • Fitriyani Umar

      rizky ari : masih bisa kok,,sy S1 jurusn matematika,,tp dapat professor computer science bidang computer n networking…

    • Iya, bukan program master. Tapi jika selama riset diterima master, programnya masih jalan. Saya rencana 6 bulan language program terus ikutan tes masuk master. Sepertinya sih bisa, asalkan ada relevansinya. Temen saya yang dari Fisika jadi masuk departemen Teknik Mesin karena hubungan risetnya ke sana.

      • jadi meskipun dapat beasiswa kalo kita gagal di tes masuk university,berarti beasiswanya hangus donk?
        kalo tes masuknya sendiri bentuknya kaya’ gimana ya?
        lalu,setelah sampai disana apa harus belajar bahasa jepang dulu?
        sekali lagi thanks.

      • Beasiswa g hangus sih setau sy, cuma ky diperpanjang kalo masuk master. Beasiswa aslinya 2 taun (sdh termasuk language program). Itu jadinya riset aja, gak kuliah (non degree)

      • Tes masuk tergantung universitas sih. Kalo sy sendiri tes masuknya kaya presentasi proposal riset master, tes bhs inggris, sama tes mata kuliah matematika

      • Sori lupa. Belajar bahasa jepangnya opsional, boleh ya atau langsung riset.

  5. minna-san, mau nanya..sebenernya profesor itu kita dapetnya dari mana? itu untuk konsul proposal penelitian yang di form itu kah? terimakasih pencerahannya.

    • Profesor itu kita nyari sendiri di situs-situs universitasnya. biasanya, di situs-situs itu akan ada lab professornya juga bidang interestnya dia di mana. Jadi, “proposal penelitian” itu ya memang harus sesuai dengan minat professornya, Jadi, kita ajukan proposal itu ke professor2. Teman saya juga ada yang ditolak profesor pilihannya karena topik tidak sesuai, jadi coba ke beberapa profesor aja. Good luck🙂

  6. alow kk samy, saya nanya dong, kalo topik yang mau diambil beda dengan topik tugas akhir kita , kira”
    interest ga ya profesor di sana? thanks

    • Bisa aja sih rasanya. Hanya ya sekali lagi kita butuh recomendation letter dari dosen yang kita kenal dan asal bisa diajak ngobrol aja dosennya saya rasa bisa. Kebanyakan sih emang agak nyambung sama TA biar istilahnya aman dan gak dari nol banget.

      • kalo buat research plannya tuh gmn ya? dulu kk dikasih tau dosen kk di itb atau gmn?
        bingung nih soalnya gak kebayang S2 tuh harus gmn, soalnya pas S1 dibimbing terus ma dosen di kampoes..
        pusing jg kalo harus come up something new ( belum level hehe)

        thx kk

      • Iya, dulu dibantu sama dosen pembimbing. Ada baiknya memang didiskusikan dengan dosen pembimbing (atau search google lah, gimana cara bikin research plan, tapi kebanyakan memang dalam bahasa Inggris).

  7. salam kenal samy..

    saya juga berniat mengikuti monbu utk tahun ini.. infonya saya terima melalui email. Selain melalui dosen pembimbing, gimana caranya kita bisa dapat proffesor untuk penelitian kita ?. conference by email ga papa ya. badaibadai87@gmail.com.

    salam

  8. asssalamualaikum
    mas salam kenal saya ingin sekali dapet beasiswa ke jepang, boleh minta kiat suksesnya. lewat email aja ya mas sitinur.aisyah14@yahoo.com. terimakasih banyak wasalam

  9. Ka Samy, kalau boleh tahu subject dari emailnya apa ya?

  10. wah helpfull banget artikelnya mas.. saya sempet ke perpus embassy jepang buat pinjem contoh research proposal tapi ga dikasi😦
    makasih ya mas

  11. DAHSSYAT Artikelnya manfaat banget. Trims ya mas Samy!

  12. Kak, sya meneruskan yg komen2 diatas ya?

    selama RS yg 6 bln bljar bhs Jpg itu, kakak kegiatannya hanya bljar bhs Jpg itu aja atau dibarengin tambah riset2 ngelngkapin materi riset kakak kah?
    nah, selama riset itu juga, seblm test msuk S2ny, klo kk riset, kk Sammy dibimbing sma dosenny kakak ga ? atau semua dpersiapin sendiri dan Prof yg kk cari itu hanya menguji di tes masuk S2nya?

    #gomenbgt. mohon petunjuknya kak. sy takut kagok jg klo seandainya bisa sampai sna. ><a

    • Selama 6 bulan (4 bulan aktif sebenernya, 2 bulan libur), itu 4 hari bahasa Jepang, 1 hari riset (untuk kasus saya). Orang lain ada yang tiap hari harus ke lab untuk riset, untungnya dosen saya gak terlalu strict. Sebelum tes masuk S2, dibimbing kok sama dosennya dari awal dateng sampe sekarang jadi gak terlalu khawatir

      • berarti balik lagi tergantung sama dosennya ya kak. tapi kalau dilihat dri kmrin, ga Ka Reisha *kka blog sblah* dan bbrp yg sya tahu srta Kak Samy, smuanya pada mujur. jalannya mulus terus. semoga sy jg bs gitu hehe. aminnn..

        Semoga lancar terus Kak.🙂 sukses disana yak?😀

  13. lagi satu kak, nah selama kakak yg uda resmi jdi Mhs S2 *liat jwaban postingan sblumny* , kakak wajib ya pke bhsa Jpng?

    • Untuk kelas, ada yang Bahasa Jepang n ada yang Bahasa Inggris. Jadi, gak bisa lucky juga dapet semua kelas bahasa Inggris, tapi alhamdulillah udah lumayan ngerti kalau dosen ngomong, walau ngebalesnya belum lancar banget. Jadi, gak bener-bener wajib, tapi perlu kadang-kadang

  14. waaah.. kebetulan ladi nyari referensi. Makasih postingannya.😀
    keep write anda share ya.

  15. mas sammy terima kasih banyak atas postingannya. saya berencana untuk mendaftar monbu juga tahun 2014 dan postingan mas sammy sangat bermanfaat buat saya. sekali lagi makasih mas infonya😀

  16. Mas, tanya, program Master yang Mas ambil kan 2 tahun, dengan +6ln Language training dan 6bln research prior to entrance exam, total program 3 tahun (36)bln. Padahal, beasiswa utk Master adl 24bln, bgm tuition fee dan living cost utk 12bln berikutnya?

    Kemudian Mas mentioned “… continue my research for my Doctoral Program from April 2016 until, approximately, April 2019. It will also be the end of my study program in Japan.”
    How do you intend to further your study in Japan?? Kalau ga keberatan, mohon pencerahan. Terimakasih banyak sebelumnya🙂

    • Nah, si beasiswa Monbusho ini sebenernya bukan cuma untuk S2, istilahnya ini beasiswa Research Student. Jadi, selama ada di Jepang, akan terus dibiayai, baik itu hanya untuk riset saja, S2 saja, S3 saja, riset+s2 saja, riset+s2+s3, untuk s2 dan s3 nya dibatasi 2 dan 3 tahun (artinya lulus normal). Jadi, program yg saya ikutin 6 bulan riset (alias language training, bahasanya “Research”. Ini boleh 1 tahun atau 6 bulan, saya ambil yg 6 bulan), terus sekarang lagi S2. Beres S2 lanjut S3. Semuanya itu dibiayain sama monbushonya, Makannya peminat Monbusho banyak karena ini (mungkin?), soalnya bisa max 6.5 taun (kalo kasus sy pengennya 5.5 tahun) full dibiayain beasiswanya.

      1 bulan itu 145ribu DAN biaya sekolah n biaya entrance gak termasuk!
      Jadi 145 ribu itu emang buat keseharian aja (bayar kosan, bayar listrik air gas makan transport, bisa juga buat minum2 tiap minggu(hehe gak lah becanda, tapi di sini org2 sering minum2 soalnya) ). Lumayan kan. Hehehe, bisa ngirim banyak, lumayan buat biaya kawin juga (atau bisa buat beli rumah malah kalo rajin nabung).

      • Terimakasih banyak infonya, Mas. Saya baru paham.

        Kalau boleh tau, bulan Maret lalu Mas ambil graduate student entrance examinations dan lulus ya? Congratulations and the very best of luck for your research and further studies🙂 Well, itu yang pertama.
        Yang kedua, tanya, mas. Ujiannya tertulis dalam Bahasa Jepang? atau semacam interview dengan potential professor sesuai bidang kajian kita?

        Boleh share tips and trick lulus Master’s entrance examinations-nya? Sekali lagi terimakasih banyak dan sukses selalu😀

      • Maaf, Mas, pertanyaan saya tadi ternyata sudah dijawab di ataas sana. Saya yg tidak teliti. Terimakasih🙂

  17. Hi lagi kak, *moga.kaga.bosen. liat.saya*

    Kak, itu untuk surat keterangan dokternya hrs format inggris jg ya? trus surat keterangan kesehatan ini dikumpulin di berkas tambahanny atw bareng sama 10 berkas utama itu?

    nah, sempet tu liat dbeberapa postingan yg lain, bbrti nnti pas mmng sah lulus dr univ, tetep minta ijazah dn trnskip nilai brformat english??

    makasi kak.🙂

    *mhon.pencerahan.skali.lgi*

    • Halo,

      Surat keterangan dokternya itu iya berbahasa inggris dan itu rasanya di berkas tambahan (waktu saya, tapi sekarang gak tau tuh). Iya, nanti pas lulus emang ijazah dan transkrip nilai format inggris itu dikasihin, itu kan yg kayanya akan dikirim ke Monbusho Jepangnya. Kayanya di universitas negeri udah umum deh permintaan transkrip dan ijazah format bahasa Inggris.

      Sip!

      • *nanya lagi kak* ^^a

        1. tuk pengumpulan berkas, perlu abstrak TA S1 ga kak?
        2. appendixny kakak tu merupakan proposal tesis ya? atw TA nya kk?
        3. pledge tu apaan kak? berkas no brp?
        4. kak, bukannya ada format pemilihan max 3 univ yg mw dipilih. nah itu d berkas mana y kk?

        maaf bgt nnya terus.🙂 hhe,

      • Hmm… sy agak bingung, sy bukan orang kedubes soalnya. Percayalah pada diri sendiri. Waktu itu pertanyaan kaya gini juga pada bisa jawab sendiri kok🙂 Rasanya sih berkas2 yg kamu tanyain itu berkas2 kalo udah lulus tes dokumen dan wawancara deh ya…
        Kedubes cukup rinci kok ngasih penjelasan untuk masalah ini

  18. ohsip kak🙂 arigatou bgt.

  19. Salam Sdr Samy, sy sedang berencana mengajukan aplikasi reseach student per 1 April 2014 ini (untuk keberangkatan 2015, jika diterima). Yang ingin saya konsultasikan, apakah ketika kita menyusun study plan, itu benar2 pasti merupakan research yang akan kita lakukan disana? Ataukah di sana nanti masih mungkin berubah secara teknis setelah bimbingan dengan Profesornya, menyesuaikan availabilitas peralatan/instument dan bahan/material yang ada utk research nya? terimakasih.

    • Namanya juga plan, ya kadang halangan rintangan membuat jd g sesuai. Itu lebih ke arah bahwa kita emang tau mau ngapain (ada rencana lah), pas di sana ya kita mencoba mengikuti study plan tapi ya kan kita gak tau kondisi di sana gimana dan memang banyak yg melakukan perubahan2. Jelas menyesuaikan perlengkapan riset yang ada dan tersedia.
      Best regards!

  20. Dear Sdr Samy, saya ingin bertanya, research plan yang kita kumpulkan itu apakah akan diberikan ke universitas yg menjadi tujuan kita oleh pihak penyelenggara beasiswa (embassy of japan) untuk modal kita mencari LoA? ataukah kita sendiri yang mengontak profesor untuk menerima kita?
    terimakasih banyak.

    • Itu sepertinya kita sendiri yang mengontak. Saat professornya sudah ok, saya (kalo gak salah) juga kirim research plan ke beliau. Intinya sih ngontak professor itu juga kan sebenernya kita ngasih tau research plan kita kan? Kalo research plannya jelas bisa keterima. Jadi, rasanya gak diberikan oleh penyelenggara beasiswa. Sya bukan dari embassy juga soalnya, hehehe

      • Dear sdr samy, thanks for your super prompt reply, ^^, i really appreciate your help for all prospective monbusho scholars, best of luck with your career and studies.
        sincerely,
        nyoman.

  21. Dear sdr samy, saya mau tanya untuk jurusan olahraga s3 olahraga di jepang boleh minta tolong universitas mana saja, saya sangat btuh informasi nya

  22. Saya sdh cari d google dan hasilnya blum dapat…..
    Saya cari universitas di jepang yg ada olahraga, rencana saya mau daftar

  23. Trimakasih saudara saya samy…atas informasi nya

  24. Untuk mencari profesor d universitas d jepang, langkah cara gmn?
    Mhon saya minta petunjuknya

    • Langkah cara ya? Kebetulan waktu riset S1 saya beberapa referensi emang penulisnya profesor sy, terus hubungi beliau lewat email. Gitu aja sebenernya. Mungkin yang lain beda-beda ceritanya. Yang penting kirim emailnya aja. Kalo Science n Engineering biasanya liat dari publikasinya, terus cari research interestnya, dari situ hubungi deh.

  25. Trimakasih, saudara saya samy. Ini sangat membantu saya

  26. Halo Mas Samy,
    Salam kenal.
    Terima kasih banyak atas blog post nya yang sangat detail dan informatif.
    Jika tidak keberatan saya ingin bertanya.
    Mas Samy kan memasukkan lampiran berupa Detail of Proposed Research.
    Kalau boleh tau, research tersebut merupakan pengkajian lebih dalam lagi dari skripsi Mas Samy (pengembangan) atau penyempurnaan?
    Karena saya masih agak ragu mau mengarahkan riset ke arah pengembangan tau penyempurnaan.

    Terima kasih banyak.

    • Halo, itu lebih ke arah pengembangan yang saya. Tujuan dari pengembangan itu sendiri biar lebih flexible sama professor sananya.

      Salam🙂

      • Terima kasih banyak Mas atas Reply nya.
        Ada satu hal yang saya agak penasaran.
        Pada Monbukagakusho ini kan kita dapat kesempatan 3 slot Professor (mohon ralat kalau saya salah :P). Mas Samy kan sudah mendapatkan balasan yang positif dari pihak Professor nya. Kalau saya kebetulan belum ada. Jadi pada bagian Study Plan, apakah sebaiknya saya mencantumkan ketiga-tiga nya target saya atau optimis saja masukkan 1?
        Terima kasih banyak mas sebelumnya.

  27. Halo mas samy mau nanya donk.. di RP itu ada 3 pertanyaan kan,, kalo di research plan nya mas samy nomor 2 sama nomor 3 digabung?
    terima kasih mas

    • Hmm. Nomor 3 kan dah di copas di blog, itu gak di attach

    • Terima kasih mas replynya ^^
      maksudnya nomor 3 yg ini lho :

      3 Study program in Japan: (Describe this in detail and concretely—particularly about the ultimate goal of your research in Japan) (研究計画:詳細かつ具体に記入し、特に研究の最終目標について具体的に記入すること。)

      Mungkin maksud mas yg study plan ya,, justru saya ga ngerti study plan itu masuknya yang mana,, aduh takut ada yang kelewat

    • Yang nomor 1 & 2 di attachment, kalo yg nomor 3 udah saya copas di blog saya (kalo di scan gak jelas soalnya). Itu dipisah kok gak digabung.

      • mau tanya untuk sertifikat toef semisal lembaga LIA atau EF apa bisa, trus untuk lembaga kampus semisal toefl dari UNNES apa jg boleh, Trimakasih saifularief84

      • Selama itu dari ETS, sepertiyna tidak apa2. Cek online bagaimana sertifikat ETS dan prosedur TOEFL lembaga yg bersangkutan apakah sama.

  28. Dear Samy,

    Trims banget udah sharing banyak hal tentang mombusho. Ada beberapa hal profesor yang saya mau tanyakan:
    1. Waktu kirim berkas2 ke kedubes Samy sertakan hasil korespondensi dengan profesor nggak?

    2. Berhubung penelitian saya berkaitan dengan antropologi, untuk peneliti atau profesor yang khusus di bidang itu sudah saya cari dan konsultasikan dengan orang2 Jepang yang saya kenal, ternyata tidak ada yang setingkat profesor. Saya sudah cari universitas dan menghubungi dosen peneliti di bidang yang sama dan alhamdulillah cocok, tetapi beliau belum bergelar profesor, masih master. Bahkan peneliti tertinggi yang kini menjabat sebagai Direktur Nichibunken di Jepang yang berkaitan dengan bidang saya pun belum profesor. Apakah jika belum profesor akan menjadi masalah?

    Mohon sharing pendapatnya ya Samy.. Makasih ya Samy sebelumnya.

    -Mimi-

    • Halo Rezimi.
      1. Hasil korespondensi? Apaan tuh hasil korespondensi? Yang diminta kedubes aja yang dikirim. Ada juga surat rekomendasi (rasanya waktu saya).
      2. Hmm… kalo gak ada di Jepang kenapa nyarinya di Jepang ya. Motivasi ke Jepangnya jalan2 ya? (Hehehe, becanda.) Kalau gak terikat institusi (apalagi masih master), kayanya agak sulit deh (kalau saya di posisi yang ngasih beasiswa). Monbusho kan akan berhubungan sama univ yang bersangkutan dan si advisor (yg mau jadi prof kita) kan harus ngurusin, kalau belum terikat kayanya masih belum deh… Kebanyakan yang determine itu dari Science, Pop/Culture Art, Medicine, sama Advanced Technology (yang di bidang2 itu sudah jelas Jepang yang menjadi pentolannya). Kalau Antropologi saya rasa bukan disini. Wah “orang2 Jepang yang saya kenal” udah ada usaha yg lumayan tuh sebenernya. Tapi, jangan patah semangat! Masih banyak jalan menuju roma! Sorry gak terlalu helpful nih…

      • Hai Samy,

        1. Hasil korespondensi di email maksud saya. Samy kan menghubungi si Prof tuh, nah itu dilampirkan juga nggak? Atau dijelaskan secara eksplisit saja seperti point 3 yang Samy jabarkan di atas?

        2. Justru ini tentang kejepangan, tapi temanya masih belum banyak diteliti oleh orang asing. Ada pun peneliti yang sudah profesor di bidang itu sudah meninggal. Jujur sebenarnya ini tentang Youkai (siluman) di Jepang, bukan ilmu pasti, tetapi ini dikaji ilmiah dalam pendekatan antropologi dan folklor. Sumber ilmu ini cuma ada di Jepang, karena objeknya juga youkai Jepang. Sebenarnya saya mau meneliti studi komparatif antara Youkai dan Jin dalam Islam. Nah, kebongkar juga deh tema penelitian saya. Hahaha..

        Maksudnya “orang-orang Jepang yang saya kenal” itu mereka yang kerja di institusi pendidikan juga, termasuk Sensei yang saya mintai rekomendasi. Saya jg pernah kerja di JF sampai Januari ini dan alhamdulillah sampai sekarang masih kontak dengan mereka.

      • YOUKAI!!!! WALAAAAAH. Serem bener dah.
        1. Gak usah. Kan belom disuruh ngehubungin profesornya juga, belom juga lulus (saya inisiatif aja sebenernya).
        2. Hmm… Ini beneran gak ngerti saya nih masalah youkai youkai-an (jadi inget Inuyasha saya). Maaf banget ya. Tapi keliatannya risetnya seru🙂

  29. Iya youkai, makhluk kayak inuyasha dan teman-temannya! Hahaha. Iya sih, akhirnya saya jelasin aja secara sederhana dalam poin 3, kalau lulus mau lanjut risetnya di universitas si Sensei.Urusan minta rekomendasi profesor belakangan aja kalo udah jelas lulus apa nggak. Besok mau diserahin nih berkas-berkasnya. Doain lulus yaa. Thanks a lot Sam, kalau lulus, nanti blog ini saya masukin ke thesis deh.😀

  30. aizzatun nikmah

    kak mau tanya,aku dari jurusan matematika tapi pendidikan. kalau pendidikan matematika enaknya riset apa?

  31. hahahha ternyata semua yang kak samy ceritain ada disini ya?
    tapi makasih banget ya kak udah mau sharing langsung. doakan semoga aku dan tri bisa menyusul kesana. sukses buat kak samy🙂

  32. wah ini kak Samy baladram master buku Matcho dan pernah ngasistenin saya saat TPB

    kak saya saat ini sedang ada di tingkat 4, saya tertarik sekali untuk studi di Jepang, saya mau tanya kalau masalah memilih universitas itu seperti apa yah? karena program studi saya hanya ada di 2 universitas di jepang. Terima kasih

  33. salam kenal mas. sy mau coba apply beasiswa inpex nih.
    kalau saya sudah saling email, dan sudah interview via skype, kira-kira kemungkinan diterimanya lebih besar tidak ya? atau belum tentu diterima juga?
    selain itu, mas tau format LoA yang bukan untuk beasiswa monbusho ga? karena ini saya utk beasiswa INPEX tidak ada formatnya mas…

  34. Terima kasih sebelumnya atas pengalaman yang saudara bagi.
    Saya sekarang kuliah di jurusan matematika & masih semester 7. dan sekarang sedang mengerjakan skripsi.
    Saya rencana untuk ikut beasiswa monbusho tahun depan.
    Untuk kontak profesor di jepang apa harus dilakukan sekarang atau mendekati pendaftaran ?
    Mungkin saudara mengetahui profesor dibidang riset operasi optimasi yg ada di Tohoku ?

    Terima kasih.

  35. assalamu`alaikum mas samy,saya mau nanya kl teachers training sama ga proposed study programnya?bingung mas seperti apa maksudnya…mohon jawabannya mas

  36. Assalamualaikum.

    ka samy, nama saya hida, saya ada rencana mau lanjut s2 di jepang lewat beasiswa.

    saya mau tanya ka, untuk sistem pendidikan master di jepang lewat monbusho ini apakah HARUS menjadi research student dulu sebelum menjadi master student?
    karena kalau dari penjabaran kaka dan beberapa blog penerima beasiswa ini sistemnya memang harus jadi research student dulu ya baru kemudian mahasiswa master.
    penelitian pada saat research student itu nantinya jadi tesiskah?

    soalnya ketika saya bertanya di forum awardee LPDP di Jepang, LPDP TIDAK membiayai program research student, jadi langsung ke program masternya. katanya beberapa bidang studi di jepang ada yang tidak melalui research student, untuk program risetnya sejalan dengan program kelasnya.
    status perlu atau tidaknya jadi research student atau tidak tergantung dari profesornya.

    saya jadi bingung nih ka.

    jadi sebenernya kalau mau ambil s2 di jepang itu harus jadi research student atau enggak?
    dan untuk thesis s2nya itu hanya dari penelitian saat jadi research student atau ada program riset lagi saat menempuh program masternya?

    research student itu programnya jadi satu atau terpisah dengan program masternya?

    demikian ka, harap maklum, banyak berita dan info yang berbeda beda dari berbagai sumber bikin saya bingung. semoga info dari kaka bisa memberi saya pencerahan.

    • Sorry2, lgi jrg buka blog nih.
      – gak harus, tapi kan kalau mau jadi master harus tes dulu. Kalau misalnya udah tes dan keterima (sebelum keberangkatan), pas dateng bisa lgsg S2. status research student itu biasanya dipake buat daftar S2
      – tiga2nya sih, tapi lebih ke program beasiswanya
      – terpisah
      -gak juga. Research student itu status aja, gak mesti ada hasil researchnya juga, lebih ke preparation buat S2 atau S3 sih kebanyakan

  37. Mas salam kenal🙂. saya sartika mahasiswa S1, minta izin send mail ke alamatnya mas sammy mau tanya2 soalnya. Terima kasih.

  38. salam kenal, nama saya Lorna siswa kelas 12 ipa, saya ingin bertanya dong tentang pengiriman email ke professornya dong. arigatou :3

  39. Salam bang samy,

    Di persyaratan dokmen monbusho 2015, surat rekomendasi dari Universitas “Tidak perlu dimasukkan amplop” itu maksudnya gimana bang, sam?

  40. Salam kenal Kak Samy,
    Saya mau tanya terkait persyaratan berkas buat seleksi tahap awal. Informasi dari website http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html tidak disebutkan ada persyaratan catatan kesehatan, tapi saya baca di pdf untuk panduan pelamar beasiswa Monbukagakusho dan di blog lain penerima beasiswa Monbukagakusho kok ada persyaratannya ya? Sebenarnya wajib gak ya catatan kesehatan untuk seleksi tahap awal ini? Terimakasih banyak Kak🙂

    • Untuk seleksi awal, memang tahun2 sebelumnya diperlukan tapi beberapa tahun ke belakang ini syarat tersebut udah gak ada lagi. Saya juga gak masukin kok pas awal, itu diminta setelah lulus tes wawancara kalau gak salah

  41. Selamat Malam Mas Samy, semoga selalu sehat.
    Saya ingin minta tolong, kalau boleh.
    apa kah anda masih di Jepang? jika iya, saya ingin minta tolong diunduhkan sebuah jurnal yang ditulis oleh seorang profesor dari Hokkaido University. Prof ini rencananya akan saya hubungi untuk menjadi advisor saya. saya berencana untuk mendaftar Monbukagakusho tahun depan. jika berkenan membantu, saya harap kita bisa berkomunikasi melalui email.
    Terima kasih sebelumnya…

  42. Selamat Pagi mas Samy, mau nanya dong. Saya masih bingung sama field of study. Kalo saya major of pharmacy, with minor in science pharmacy, apakah minor in Science pharmacy itu sama dengan field of study ? Atau gimana ya mas ? Terimakasih, mohon bantuannya mas

    • Ya dalam field of study itu keduanya disebutkan lebih baik dan jika ditekankan di minornya rasanya lebih baik menurut saya karena dari namanya sepertinya minor yg disebutkan itu salah satu cabang dari farmasinya sendiri kan, ya? bukan cabang baru dari disiplin lain

  43. Dear Mas Samy Baladram,

    Nama saya Ratih, saya mahasiswa Arsitektur di Undip. Salam kenal.

    Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas informasinya. Sangat membantu sekali. Jadi intinya memang bahasanya jangan terlalu bertele-tele ya Mas. Saya juga apply Monbusho tahun ini. Insyaallah berangkat April 2016. Mas Samy Monbushonya G to G ataukah yang U to U?

  44. Nice info !!!😀
    Kak, namaku Sylvie… aku uda baca komen2 diatas tapi tetep bingung, mau nanya
    Semisal kaya kak Samy kan berarti reasearch student dulu 6 bulan, baru ambil degree ya ?
    Itu mekanisme supaya kita bisa pilih ke program degree gimana ya kak ? Kan ada yang berangkat bisa langsung statusnya Master itu loh kak🙂
    Apa cuma centang yg di form aplikasi itu ??

    Kebetulan aku tanya di official facebook Embassy Japan, ga semua research student bisa ambil ke degree juga… ada yang cuma research aja jatuhnya disana, tapi ada juga yang berangkat langsung bisa status ambil degree master. nah sedangkan aku bener2 interest ambil degree disana. Itu solusinya cuma entrace test ??
    Aku research dulu ya ga keberatan kok, cuma pingin tau gimana mekanismenya bisa langsung ambil degree🙂
    Oiya kak… untuk tes buat ambil degree S2 itu, tes ngikut jurusan kita, atau tes umum ? (ada matematika, dkk) soalnya aku jurusan komputer dan uda ga inget rumus2 matematika😄

    Oiya, masalah LOA itu harus cari sendiri ?? Semisal kita ga dapet, ntar bakal dicariin Universitas random dari Monbukagakusho gitu atau enggak kak ?

    Maaf panjang, thanks anyway🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: