Hasil Tes Tertulis [Beasiswa Monbukagakusho 2013]

Setelah melalui pengalaman tes tertulis Monbukagakusho, Masa penuh penantian ini emang gak enak banget. Katanya tanggal 2 Juli keluar hasilnya tapi nyatanya, sampe tanggal 3 belum ada.

Wah, ini panik banget. Soalnya, waktu kemaren lolos seleksi berkas, ada pihak Kedubes yang nelepon ke rumah buat mastiin bahwa kita dateng pas tes tulis. Sampe sekarang ini belum ada yang nelepon!

Saya terus berdoa saja dan pasrah, kalo ini emang jalan yang terbaik buat saya maka mudahkanlah ya Allah!

Tanggal 4 masih belum ada… tanggal 5 kebetulan saya harus nutor salah satu temen yang ngulang mata kuliah Kalkulus. Tiba-tiba, Ida Bagus Hendra, temen saya yang juga ikutan seleksi ini dari Jurusan Fisika, nge-sms saya jam 9an dan bilang katanya hasilnya udah ada.

Langsung deh, saya ke internet terdekat dan membuka situs kedubes! Dan muncullah kalimat ini :

Pengumuman Peserta Wawancara Program Research Student 2013 (S2/S3)

Saya pun ngeklik (yang di atas juga bisa diklik). Sekarang halamannya banyak uy, gak kaya kemaren yang list. Ini udah sama tanggal wawancaranya. Saya pun mencari nama saya dan ALHAMDULILLAH!!! Nama saya ada di atas Muhammad Fauzi Sahdan, anak Fisika yang temen sekelas TPB saya (yang ikut olim fisika sampai tingkat nasional).

Saya pun nutor penuh rasa bahagia. Saatnya kalkulasi.

Dari 129 orang, dipilih 94 orang. Berarti, 35 orang gak lolos dan dari 35 itu ada yang gak ikut tes tulis juga. Wah, buat temen-temen berarti peluang buat masuk wawancara cukup besar loh, sekitar 80 % lah dan bisa agak nyantai waktu tes tulisnya. Saya gak tau yang gak lolos kenapa, gak ada yang kenal sebenernya. Sebenernya, ada 1 orang yang saya tau gak ikut tes tulis, namanya Delphine Marpaung (cek deh) dari elektro. Dia sering dapet ip 4.00 kabarnya begitu, tapi ternyata dia keterima di NUS (Nanyang University of Singapore) langsung S3 pula dan artinya 1 kursi kosong sudah aman, hehehe. Jujur aja, buat saya, saingan terberat di Monbusho ini adalah anak-anak STEI ITB (elektro dan informatika). Soalnya dari tahun ke tahun, mereka selalu ada!!

Jadwal wawancara saya tanggal 17 Juli 2012 jam 1 siang mesti udah di kedubes. Tanggal 14 Juli-nya saya di wisuda lho, hehehe, jadi rada awkward lah abis wisuda langsung wawancara.

Artinya, saya punya 2 minggu buat persiapan wawancara nih. Yang saya siapin jelas perkenalan pake bahasa Jepang (liat dari blog-blog lain katanya begitu), baca lagi research plan yang saya buat, terus banyak berdoa. Ini mah tinggal pasrah sama Allah SWT, semua ditangannya ini sih.

Mau tau gimana pengalaman wawancara monbusho / monbukagakusho nya?

Next : Wawancara? Apa di wawancaranya sama orang Jepang asil semua?? TEGANG!!!

===========================================================
|| Kronologis Perjalanan Mengejar Beasiswa Monbukagakusho 2013
||
====================================================
Info Umum : Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho : MEXT) untuk Research Student
XX Januari 2012 : Awal Mula Segalanya
28 Maret 2012 : Tes TOEFL ITP
1 April 2012 : Pengumpulan Berkas
7 April 2012 : Membuat Field of Study dan Research Plan
28 April 2012 : Mengirim Berkas ke Kedubes (link idem dengan Pengumpulan Berkas)
11 Juni 2012 : Pengumumuan Hasil Seleksi Berkas
18 Juni 2012 : Tes Tertulis (link idem dengan yang atas)
5 Juli 2012 : Pengumuman Hasil Tes Tertulis
17 Juli 2012 : Wawancara
31 Juli 2012 : Pengumuman Hasil Wawancara
3 Agustus 2012 : Pengambilan Berkas Tambahan di Kedubes
13 Agustus 2012 : Mendapat Kiriman Letter of Acceptance
23 Agustus 2012 : Letter of Acceptance yang HILANG
2 Desember 2012 : Ikutan Tes JLPT N4
14 Desember 2012 : Pengumuman Hasil Secondary Screening
21 Januari 2013 : Pengumuman Penempatan Universitas
Februari 2013 : Surat Keputusan!!! Visa!!!
5 Maret 2013 : Info Keberangkatan
25 Maret 2013 : TOEIC untuk syarat S2
27 Maret 2013 : Pelepasan dan Orientasi
1 April 2013 : Goodbye, Indonesia!
===============================================

About Samy

A master student of Division of Mathematics, Graduate School of Information Science, Tohoku University, Japan. Have this cheerful and wise personality; but can be a boring nerd sometimes. Love learning languages, "designing" books, reading, doing math, cooking, and breeding hamster. Feel free to contact me here : samy.baladram[at]facebook.com

Posted on August 9, 2012, in Monbukagakusho 2013 and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. semoga tahun ini aku bisa ikut juga kak ke jepang april tahun depan. doain ya kak🙂

  2. maaf.. di web informasi pengumuman seleksi berkas tgl 1juli,kalo boleh tau hasil seleksi berkanya jam berapa di updatenya?
    mohon balasannya.terimakasih

    • 1 hari telat bisa aja kok. namnya jua manusia. kayanya dulu pernah telat atau maju 1 hari dari yang diberikn. Btw saya bukan panitia jadi jangan tanya saya ya. salam kenal

Leave a Reply

