Hasil Wawancara [Beasiswa Monbukagakusho 2013]

Lagi-lagi, saya harus menunggu sekitar 2 minggu sejak wawancara, untung gak selama nunggu-nunggu sebelumnya. Kata Pak Irham, 1 minggu setelah wawancara terakhir bakal diumumin (wawancara terakhir tanggal 24 Juli, jadi prediksi saya ya tanggal 1 Agustus lah)

Saya pun menunggu dan sambil menunggu saya jadi panitia IWONT 5 (International Workshop on Network and Topology) semacem konferensi dari sekitar 14 negara lah (sekitar 70 orang totalnya) dan pada saat itu, secara ajaib dan tak terduga, saya berkesempatan bertemu dengan professor saya yang dateng ke Bandung (nanti saya tulis deh kisahnya, ini rame banget sumpah).

Bulan puasa yang penuh rahmat ini saya pun agak rajin berdoa, agar diberikan yang terbaik. Saya gak berdoa untuk diterima, tapi saya selalu berdoa ” Ya Allah, berikanlah hamba jalan yang terbaik, jika ini memang jalan hamba maka mudahkanlah”. Tujuannya biar saya lebih ikhlas nerima semua keputusan dan gak ada kata menyesal. Ibu saya juga ngedoain saya gitu, beliau selalu bilang “Ya dikasih jalan yang terbaik aja. Kalo ke Jepang emang tidak baik, ya ikhlas aja menerima keputusannya”.

Bulan Juli hampir berakhir, tanggal 27, 28, 29, 30, 31 (ini kapan 1 Agustusnya, baru inget Juli ada 31 hari). Dan tanggal 31 Juli pagi, jam 8, saya cek belum ada. “Paling besok hasilnya”. Saya pun mandi dan berencana ke kampus (ngambil legalisir ijazah rencananya), abis pake baju saya cek hp saya lagi dan buka situs kedubes secara iseng, dan lagi-lagi, tanpa terduga ada tulisan bold font ini.

Pengumuman Hasil Wawancara Program Research Student 2013 (S2/S3)

Tangan saya pun agak merinding saat itu. Jempol saya menekan tulisan itu di layar hp Sony Ericsson Xperia Minipro saya itu, tangan saya agak basah jadi dua kali klik baru keluar.

Downloading… sekitar 20 detik dan OPEN. (boleh di klik yang di atas itu)

“M… M… M!” langsung saya cari huruf M, ini mata dah cepet banget. Kaki langsung lemes ketika nama “Mohammad Samy Baladram — Mathematic” muncul dan langsung saya sujud syukur.

Alhamdulillah ya Allah!

Saya pun langsung berteriak nyari ibu saya yang lagi di kebon, biasa hobinya disitu. Tapi ibu saya cuma senyum senang saja gak seheboh saya, sambil Alhamdulillah, lagi-lagi bilang “Allah bakal ngasih yang terbaik”.

Langsung saya sms dosen pembimbing saya (yang setiap ketemu saya selalu nanyain, ampe suruh minta ke kedubes buat dicepetin). Saya juga sms beberapa temen saya yang sering support saya : Meita Octalivia (yang riweuh tea), Ryan Kasyfil Aziz (sang bapak ketua bidang PAKEMPROF (pengembangan keprofesian dan keilmuan) HIMATIKA, sama Ayu Fitri Yanti (yang juga suka riweuh nanyain).

Ternyata, Meita dan Fitri langsung mengupdate twitter dan info ini langsung menjalar dengan cepat ke semua orang (saya mah enggak suka twitter-an euy). Ucapan selamat pun datang silih berganti dan gak tau lah ini seneng banget rasanya. Dosen pembimbing saya sampe bilang “Wah, ke kampus dong!” Saya langsung berangkat ke kampus, menuju dosen pembimbing saya. Di angkot tangan sampe pegel balesin sms satu-satu.

Sampe ke kampus, dosen pembimbing saya udah nunggu dan langsung ngasih selamat sambil berjabat tangan. Kita pun ngobrol panjang lebar (padahal hari itu saya harus nganterin orang Jepang loh, tapi ini saya skip di kisah IWONT nanti), tentang di Jepang gimana nanti, tentang profesornya, dan pas terakhir eh saya dikasih tugas baca paper. Biasalah kerjaan anak Matematik mah baca paper (ngertinya yang susah).

Saya pun sedikit merasa lega. Temen-temen saya ternyata banyak yang keterima. Saya teringat kata-kata Ririn sebelum keluar dari kedubes Jepang, “Sampai jumpa di bandara Soekarno-Hatta” dan nampaknya kata-kata itu akan segera jadi kenyataan. Saya, Ririn, dan Sahdan lolos wawancara! YAY!!!! Pas hari saya wawancara, kita bertiga dan 1 anak SR (“Indah” rasanya namanya, yang keluar dengan wajah pucat itu) yang keterima. Temen saya yang namanya Nadine juga keterima. Nadine ini adalah orang pertama yang saya kenal yang saya sadar ikut Monbusho juga. (Nadine, cappucino buatanmu, numero uno!), dan ternyata murid Kalkulusnya dosen pembimbing saya, dan anehnya dosen pembimbing saya yang ngasih tau lewat fbnya Nadine bahwa dia keterima, hahaha.

Masih ada berkas yang harus diisi (yang dikasih waktu wawancara itu) dan untungnya saya sudah ngurus Health Certificate sebelum bulan puasa (soalnya ada ambil darah sama urin), walaupun belum tau keterima atau gak. Ijazah yang ditranslate bahasa Inggris juga udah saya urus, jadi saya gak terlalu riweuh ngumpulin berkas.

Berkas yang harus dikumpulin persis banget kaya waktu seleksi dokumen, ditambah fotokopi KTP, ijazah legalisir, transkrip legalisir, attachment, dan health certificate. Berhubung saya udah lulus, terpaksa ijazah dan traskripnya harus yang terbaru dan agak males ngurusnya.

Ternyata, ada berkas yang harus diambil di Kedubes (atau dikirim ke rumah, boleh milih), tapi saya sih pengen ngambil ke kedubes aja, biar cepet, jadi saya berencana ke Kedubes tanggal 2 Agustus. Berkas yang harus diambil itu form Letter of Acceptance, application form yang udah di cap ama kedubes, sama sertifikat kelulusan.

Tiba-tiba, Nadine (cappucino buatanmu, numero uno!) sms saya, dan nanya kapan mau ambil berkas. Saya bilang mau tanggal 2 Agustus. Katanya dia mau bareng ke Jakarta, tapi tanggal 2 nya harus ngurus Health Certificate, jadi akhirnya tanggal 3 Agustus saya bilang kalo mau berangkat bareng hayu aja, naik kereta.

Dan, akhirnya tanggal 3 Agustus pun tiba, perjalanan ke Jakarta bersama Nadine!

Next : Pengambilan Berkas? Ada berkas yang harus diisi lagi kah?

===========================================================
|| Kronologis Perjalanan Mengejar Beasiswa Monbukagakusho 2013
||
====================================================
Info Umum : Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho : MEXT) untuk Research Student
XX Januari 2012 : Awal Mula Segalanya
28 Maret 2012 : Tes TOEFL ITP
1 April 2012 : Pengumpulan Berkas
7 April 2012 : Membuat Field of Study dan Research Plan
28 April 2012 : Mengirim Berkas ke Kedubes (link idem dengan Pengumpulan Berkas)
11 Juni 2012 : Pengumumuan Hasil Seleksi Berkas
18 Juni 2012 : Tes Tertulis (link idem dengan yang atas)
5 Juli 2012 : Pengumuman Hasil Tes Tertulis
17 Juli 2012 : Wawancara
31 Juli 2012 : Pengumuman Hasil Wawancara
3 Agustus 2012 : Pengambilan Berkas Tambahan di Kedubes
13 Agustus 2012 : Mendapat Kiriman Letter of Acceptance
23 Agustus 2012 : Letter of Acceptance yang HILANG
2 Desember 2012 : Ikutan Tes JLPT N4
14 Desember 2012 : Pengumuman Hasil Secondary Screening
21 Januari 2013 : Pengumuman Penempatan Universitas
Februari 2013 : Surat Keputusan!!! Visa!!!
5 Maret 2013 : Info Keberangkatan
25 Maret 2013 : TOEIC untuk syarat S2
27 Maret 2013 : Pelepasan dan Orientasi
1 April 2013 : Goodbye, Indonesia!
===============================================

About Samy

A master student of Division of Mathematics, Graduate School of Information Science, Tohoku University, Japan. Have this cheerful and wise personality; but can be a boring nerd sometimes. Love learning languages, "designing" books, reading, doing math, cooking, and breeding hamster. Feel free to contact me here : samy.baladram[at]facebook.com

Posted on August 9, 2012, in Monbukagakusho 2013 and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

