Wawancara [Beasiswa Monbukagakusho 2013]

DSC_0228

Nah, yang ini mah gak kerasa nunggunya. Ini kayanya tanggalan cepet banget. 4 hari abis wisuda, Rabu 17 Juli 2012, pagi-pagi akhirnya saya berangkat ke Jakarta sama ibu dan paman saya.

Berangkatnya dari pagi, dan saya bener-bener gak baca apapun selama perjalanan. Yang penting rileks, tenang, berdoa, pasrah.

Sampailah kita di depan gedung Kedutaan Besar Jepang. Tunggu? Beneran ini gedungnya? Ada tulisan “Embassy of Japan” tapi kecil banget, kalo di Microsoft Word mah ukuran font 100, terukir di atas marmer. Udah gitu aja. Gile bro, taunya bener.

DSC_0230

Saya pun masuk padahal masih jam 10.15 (jadwal saya jam 1 siang). Dan penjagaan di kedubes jepang ini ketat banget loh. Saat mau masuk saya ditanya mau ada keperluan apa, saya bilang aja mau wawancara. “Namanya siapa?” “Mohammad Samy” Si satpam pun ambil kertas dan nyetabiloin dengan warna hijau nama saya yang ada di list wawancara gitu.

Baru deh saya boleh masuk. Pintu masuknya itu besi 5 cm ! Cuma bisa dibuka dan ditutup seijin pa satpamnya. Saya pun masuk bersama No.8 Laura Masmia Putri, Teknik Sipil, cewe berkerudung dan berkacamata yang jauh-jauh datang dari Sumatra! (BTW, saya No. 10).

Bersama dia pun saya masuk dan naik ke lantai dua, disuruh menunggu di dalem perpustakaan. Saat itu saya ke wc, dan balik dari wc dia udah gak ada. Kemana ya? Saya pun nunggu dan melihat salah seorang peserta (yang saya liat tes tulis) keluar dari ruangan di dalem perpus. Jadi, perpus tuh kaya semacem penghubung buat entrance hall sama kantor pendidikan yang gede, dibatasi oleh lagi-lagi pintu 5 cm yang cuma bisa dibuka pake kartu. Sepertinya, dia si No. 3.

Saat jam menunjukkan pukul 11.00 (lama ya nunggunya, sambil baca-baca majalah jepang di perpus), Pak Irham (yang jadi komite di tes tulis juga) nanya sama saya, mau nunggu bareng yang lain di dalem atau nggak. Saya sih iya-iya aja, daripada bulukan di perpus.

Akhirnya, saya pun masuk ke kantor pendidikan masuk lewat lorong-lorong dan akhirnya tiba di suatu ruangan semacem lounge gitu, dengan sofa besar. Kalo lupa saya diurutan berapa bisa di cek di sini yg tanggal 18 Juni. Disana sudah ada No. 5 Iman Firmansyah, No. 7 Karina Tanuwijaya, dan No. 8 Laura Masmia Putri (cem-cem seleksi apaa gitu). Selidik punya selidik ternya No. 7 dan No. 8 di geser jadi shift pagi! Berarti nanti siang saya dapet giliran ke-2 dong. Saya pun ngobrol dan nanya-nanya ditanya apa aja di dalem. Ruang wawancaranya tepat di belakang tempat lounge itu.

“Ya, kaya gitu, kenapa mau ke Jepang, yakin bisa melakukan risetnya padahal baru kenal, ditanya-tanya tentang macem-macem…” kata Iman yang sedang lega menunggu Pak Irham. Saat itu No. 6 sedang di wawancara. Kita cuma bisa keluar dari bagian pendidikan pake kartunya Pak Irham, makannya beliau bulak-balik setiap 30 menitan buat jemput kita.

No. 6 Intan Prameswari pun masuk ke lounge dengan wajah lelah, dan No.7 Karina Tanuwijaya masuk. Saat itu juga, No. 11, temen saya , Muhammad Fauzi Sahdan masuk. Pak Irham pun datang dan No. 5 dan No.6 keluar dari kedubes, menyisakan saya, Sahdan, dan Laura Masmia Putri. Saya ngobrol aja sama Sahdan, kenalnya cuma dia doang. Sekitar 20 menit, No. 7 pun kembali ke Lounge dan No. 8 langsung keluar.

Ternyata, si No. 7 ini jebolan Singapur, jadi bahasa Inggrisnya lancar bgt. Kitapun ngobrol-ngobrol tentang riset dia di Design mau gimana (ternyata belum dapet profesor dia), dan saya cerita tentang riset saya (yang pasti gak ada yang ngerti dah).

Akhirnya pak Irham datang dan meminta kita untuk keluar, soalnya mau ada istirahat jadi gedung di kosongin gitu. Kita bertiga pun (meninggalkan No. 6) keluar.

Saya istirahat sama Sahdan di mall, solat sama makan lah.

Saat jam 1 pas, kita balik lagi dan di depan kedubes, No. 9 Lidwina  Ayu Andarini (yang akrab disapa Ririn, dari STEI ITB) dan No. 12 Muhammad Iqbal Tawakal dari UI sudah menunggu.

Kita berempat pun masuk, ngobrol-ngobrol dan nunggu Pak Irham membriefing kita tentang dokumen (lagi?) yang harus diserahin. Dokumennya mirip banget sama yang awal, cuma sekarang “Kalo bisa” (kata Pak Irham) pake form yang udah disediain sama dia, ada lembar tambahan attachment dan ada health certificate yang harus diisi. (saya nanti kasih yang saya deh)

Kita berempat pun masuk ruang tunggu dan Ririn dipanggil. Bosen nunggu didalem, saya sama Sahdan jalan-jalan di lorong. Dari lorong, kita bisa liat yang lagi di wawancara lho dari pintu kacanya. Yang ngewawancara ada 5 orang! 3 Orang Jepang, 2 Orang Indonesia (1 dosen Astronomi, dan 1 dosen Fisika (yang sebenernya dosen pembimbingnya Sahdan!))

Saya pun gelisah di lorong, abis ACnya dingin buat saya, jadi ngangetin badan lah, jalan-jalan, ke wc, jalan-jalan lagi di lorong, sampai akhirnya Ririn keluar dan langsung manggil saya. “Udah?” tanya saya. Dia hanya menghembuskan napas dan saya pun masuk.

Here I COOOMEEEE!!! (Pastikan sebelum masuk udah kaya orang di bawah ini ya, hehehe)

(No handshake for Japanese people! Batik is Formal Dress too🙂 ) Saya pun duduk di tengah. Saya masuk agak membungkuk (karena katanya di Jepang begitu), terus yang orang Jepang paling muda (Ririn menyebutnya Si Ganteng, cem-cem artis korea mukanya). Dan, Pak Hakim dari Astronomi (pernah diajar 1 pertemuan kuliah umum sama dia saya) langsung meluncurkkan pertanyaan pertama.
Orang 1 : Pak Hakim Malasan dari Astronomi (kode : A)
Orang 2 : Dosen Fisika (kode : F)
Orang 3 : Si Bapak muda yang Ganteng (kode : G)
Orang 4 : Yang orang jepang udah agak Tua (kode : T)
Orang 5 : Yang orang jepang berkacamata berwajah Dingin, kaya muka samurai mau bunuh orang (kode : D)

1. A : Please, Introduce yourself and explain your research interest
2. F : Did you apply for other scholarship?
3. F : Why you choose Monbusho scholarship?
4. F : Why you want to go to Japan, not China? (karena sebelumnya saya jawab profesor yang bagus ada di Cina)
5. T : You say that you like reading, what book are you currently read?
6. T : What do you think of Japan culture?
7. D : You’re English is good, where /how you learn your English?
8. D : Do you join any community or have some friend in Japan?
9. G : You write here that you have “fair” ability in Japanese language, can you introduce yourself in Japanese?
10. G : With all the differences, do you think you can live in Japan?
11. G : Can you handle Japanese food?

Kira-kira itu semua pertanyaanya (seinget saya itu aja, sisanya cuma respon dari jawaban saya, kayak “why?”). Pertanyaan yang nomor 9 saya sempet salah bilang, pengen bilang “Nijuuissai desu” (saya 21 tahun), mereka dengernya “Nijuusai desu” (saya 20 tahun), makannya mereka heran dan langsung cek biodata saya. Masing-masing mereka megang kopi yang 4 biji yang dikasih waktu seleksi berkas itu lho, makannya masing-masing tau semua (termasuk surat rekomendasi yang udah mereka buka). Yang susah lagi buat saya yang nomor 6, saya agak blableblo (lancar tapi ngalor ngidul ) jawabnya. Pas jawab pertanyaan nomor 1, saran saya kasih tau hobi deh, suka ditanya soalnya. Terus jangan promosi diri pas nomor 1 (I am a hardworker, diligent and bla-blabla), soalnya mereka kayaknya gak penger denger itu.

Pas explain research interest, jangan terlalu panjang lebar, soalnya mereka “biasanya” gak ngerti apa yang kita omongin (apalagi saya matematik, masa mau ngenalin rumus, nulisnya aja susah). Ada yang ekstrim sampai ngeprint research interestnya kaya power point terus dibagiin pas masuk ruang wawancaranya. Tapi, karena saya gak suka atmosfir yang bahasa Jermannya mah keueung, jadi saya selalu mencoba membuat suasana hangat dan ceria (penuh tawa lah), biar sayanya rileks dengan guyonanan garing (nomor 7 saya jawab I never go to other country so most of it I learn it from playing video games, dan mereka sedikit terhibur loh).

Alhamdullillah, saya dengan volume suara besar (sampai kedengeran bergema suara saya, sampe bertanya-tanya apa suara saya terlalu keras? Tapi, emang kalo suara keras saya suka lebih PD). Saya cuma 16 menit lah di dalem ruangan itu. Padahal ini stamina masih menggebu-gebu, cem-cem persiapan buat nutor kelas 2 jam, jadi keluar ruangan masih full spirit. Kata Pak Irham, salah satu dari jurinya mau pergi jam 3 makannya semua wawancaranya jadi agak lebih cepet dari biasanya.

Saya pun keluar dari ruangan dengan punggung duluan (katanya biar hormat sama orang yang lebih senior di Jepang gitu), jadi tangan buka pintu tapi keluarnya mundur gitu. Abis itu, saya menghempaskan diri di lounge sambil ngobrol sama Ririn, sementara Sahdan masuk ke ruang interview. Sahdan dan yang anak UI juga cepet, cuma 15menitan.

Akhirnya, kita berempat keluar dari sana (jadi inget Fear Factor yang hostnya ngajak mereka buat pergi dari lokasi tantangan), dan saya mampir dulu di mall Plasa Indonesia sebelahnya kedubes (dan nyasar! Itu mall gede banget dah, gak kayak di Bandung. Keluar-keluar bukan di gedung itu lagi! Gak tau dimana, sampe saya harus nanya satpam buat nunjukin jalan ke Kedubes).

Dengan kata hamdalah, saya meninggalkan area Kedubes Jepang (yang dari luar keliatan kaya penjara, soalnya pagernya tinggi-tinggi dan ada kawat duri spiral di atasnya). Bendera Jepang berkibar dihadapannya (udah kumel, tapi pas saya balik lagi ke sana udah jernih, dicuci pake Daia kali).

Dan lagi-lagi, menunggu tanggal 1 Agustus, tanggal keputusan seleksi wawancara

Next : Hasil Wawancara? Berangkat atau Tidak Berangkat?

===========================================================
|| Kronologis Perjalanan Mengejar Beasiswa Monbukagakusho 2013
||
====================================================
Info Umum : Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho : MEXT) untuk Research Student
XX Januari 2012 : Awal Mula Segalanya
28 Maret 2012 : Tes TOEFL ITP
1 April 2012 : Pengumpulan Berkas
7 April 2012 : Membuat Field of Study dan Research Plan
28 April 2012 : Mengirim Berkas ke Kedubes (link idem dengan Pengumpulan Berkas)
11 Juni 2012 : Pengumumuan Hasil Seleksi Berkas
18 Juni 2012 : Tes Tertulis (link idem dengan yang atas)
5 Juli 2012 : Pengumuman Hasil Tes Tertulis
17 Juli 2012 : Wawancara
31 Juli 2012 : Pengumuman Hasil Wawancara
3 Agustus 2012 : Pengambilan Berkas Tambahan di Kedubes
13 Agustus 2012 : Mendapat Kiriman Letter of Acceptance
23 Agustus 2012 : Letter of Acceptance yang HILANG
2 Desember 2012 : Ikutan Tes JLPT N4
14 Desember 2012 : Pengumuman Hasil Secondary Screening
21 Januari 2013 : Pengumuman Penempatan Universitas
Februari 2013 : Surat Keputusan!!! Visa!!!
5 Maret 2013 : Info Keberangkatan
25 Maret 2013 : TOEIC untuk syarat S2
27 Maret 2013 : Pelepasan dan Orientasi
1 April 2013 : Goodbye, Indonesia!
===============================================

About Samy

A master student of Division of Mathematics, Graduate School of Information Science, Tohoku University, Japan. Have this cheerful and wise personality; but can be a boring nerd sometimes. Love learning languages, "designing" books, reading, doing math, cooking, and breeding hamster. Feel free to contact me here : samy.baladram[at]facebook.com

Posted on August 9, 2012, in Monbukagakusho 2013 and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Kapan gw bilang Pak Ganteng coba =_____________________=”. Itu Pak Atase kan maksudnya?

  2. Laura Masmia Putri

    Halo! It’s No. 8 here! Hahaha.. ya ampun.. Baru nemu ini blog, ternyata nama q dibawa-bawa. ckckckck. kayanya kamu sekarang udah di Jepang ya? enak banget…!!😄

Leave a Reply

