Hamster #3 : Cara Kematian Hamster

Kematian adalah hal yang lumrah terjadi pada semua makhluk yang bernyawa. Salah satunya adalah hamster.

Bagi yang berkembang biak hamster, kematian hamster sudah menjadi hal yang wajar dan tak perlu ditangisi.

Selama saya merawat hamster, berbagai jenis kematian pun telah hamster-hamster saya hadapi, dan akan saya ulas satu persatu dengan detil dan teknik pencegahannya, dari yang paling sering terjadi sampai yang jarang.

Kematian Cara 1 : Dimakan Hidup-hidup Saat Bayi
Ini adalah jenis kematian hamster yang paling sering terjadi. Hamster konon memiliki kebiasaan untuk melihat mana anak yang cacat dan mana yang tidak. Anak yang cacat akan dimakannya hidup-hidup oleh induknya. Jarang saya melihat anak hamster dimakan oleh ayahnya.
Pencegahan : Karena ini hal yang sering terjadi, saya post di tempat lain untuk teknik lebih detil merawat bayi hamster.

Kematian Cara 2 : Mati Karena Tidak Disusui
Selain dimakan, biasanya hamster juga memiliki kebiasaan untuk meninggalkan salah satu bayinya. Saya pun tidak tahu mengapa, katanya sih karena dipegang manusia atau baunya beda sendiri. Biasanya, kalau ada 1 anak hamster yang misah jauh dari anak-anak lainnya, dan si ibunya sering kali pindah (atau mindahin anak 1 itu), anak itu akan mati karena kelaparan (alias gak disusuin) dan bangkainya biasanya utuh. Biasanya, kalau gak utuh, udah dimakan sama ayahnya, tapi ini jarang terjadi.
Pencegahan : Anak hamster dibawah 1 minggu jangan pernah dipegang. Pake alatpun sebisa mungkin jangan. Jangan melakukan penggantian gabah (atau perubahan drastis) saat bayinya masih sebesar ini. Jika setelah melakukan hal tersebut masih saja terjadi, maka memang itu naluri hamster yang tidak manusia mengerti.

Kematian Cara 3 : Heat stroke
Ini adalah jenis kematian yang paling membuat shock! Hamster dari keadaan sehat dan lincah, bisa saja 2 jam kemudian mati seperti tanpa sebab, langsung beku. Penyebab kematian ini disebabkan karena hamster terkena stroke (kena struk, kaya penyakit-penyakit modern itu lho), tapi biasanya ini karena panas (makannya disebut heat stroke). Penyebab hamster bisa terkena struk adalah karena terpapar sinar matahari langsung (termasuk lewat jendela). Hal ini akan menyebabkan suhu kandang naik (meskipun jeruji) dan mengakibatkan hamster terkena panas. Hamster tidak tahan terhadap cuaca panas (lihat saja bulunya yang tebal, pasti hidupnya di daerah-daerah yang dingin). Selain itu, hamster adalah hewan nocturnal (hewan malam) yang biasanya tidur di siang hari dan tidak terkena sinar matahari.
Kenapa ini ada di posisi ke 3? Karena saya tidak tahu penyebabnya, sampai setelah 8 ekor dewasa mati barulah saya tahu. Saya lihat sebelum berangkat ke kampus, jam 11 mereka lincah-lincah saja dan tiba-tiba jam 4 sore sudah mati semua (satu kandang jeruji, isi 4 hamster mati semua). Hal tersebut terjadi 3 hari berturut-turut, sampai saya sadar bahwa beberapa hari yang lalu, saya baru memindahkan posisi kandang. Karena saya pakai atap yang bisa dibuka tutup, saya pun tidak sadar bahwa tempat pemindahan yang baru itu terkena langsung sinar matahari.
Pencegahan : Tempatkan kandang hamster ditempat yang teduh. Jikapun hal tersebut sulit dihindari, jangan sampai hamster terkena matahari langsung, terutama dari pukul 11.00-15.00. Saya sampai sekarang tidak memindahkan posisi hamster, dan menutup atap buka-tutup saya setiap jam 11 siang. Soalnya, saya masih percaya sinar matahari pagi baik untuk kebanyakan makhluk hidup.

(5 hamster saya yang sudah tak bernyawa karena heat stroke)

Kematian Cara 4 : Terkena Serangan Kutu
Ini terlihat remeh tapi kutu jangan dipandang sebelah mata. 6 ekor hamster saya mati karena serangan kutu. Kutu ini akan berkembang biak pada kandang yang jarang dibersihkan. Memang, biasanya jika dari luar, gabah akan terlihat biasa-biasa saja, karena air kencing dan kotoran biasanya menumpuk di satu posisi di dasar kandang. Karena lembab dan penuh vitamin (dari kotoran), kutu pun mulai berkembang biak. Hamster jadi sering garuk-garuk, tapi bagi yang belum mengerti (saya juga waktu itu belum ngerti), itu seperti kebiasaan garuk-garuk biasa.
Kematian karena hal ini cukup instan, hamster digigit hingga mati kesakitan. Bulunya sering rontok dan basah, dan saat ajalnya tiba, diujung-ujung bulunya akan terlihat kutu-kutu sudah keluar, warna merah-merah kecil untuk kasus saya. Kasus kutu ini membunuh seluruh Generasi I saya, hingga saya putus asa (dan untungnya ada 3 anak hamster yang tidak kena).
Pencegahan : Bersihkan kandang hamster secara rutin. Setiap memberi makan hamster, perhatikan apakah di gabah ada hewan kecil (kutu) yang bergerak-gerak. Kutu biasanya nampak di permukaan gabah, kadang diam kadang bergerak dan mudah terlihat jika kita jeli. Jika kandang terkena penyakit ini, segera buang semua gabah (walaupun baru diganti lho!!!) dan bersihkan kandang pakai air panas, biar biang-biangnya mati. Hamster yang terindikasi terkena kutu biasanya saya kasih bedak emak saya, saya dapet info gitu, tapi belum terbukti kebenarannya. Sampai sekarang, saya tidak pernah menemui kasus ini lagi karena ini adalah event kematian yang sangat memilukan buat saya.

Kematian Cara 5 : Dimakan Hidup-hidup Saat Dewasa
Dimakan saat bayi memang lumrah, tapi dimakan saat dewasa? Hal ini baru bagi saya. Saya baru sadar setelah terlalu lama memberi pakan sayur (karena malas ke toko hewan buat beli pakannya). Ini kematian paling kejam dan paling bengis di dunia hamster. Ini terjadi jika lebih dari 5 hamster di 1 kandang. Hamster yang bertubuh besar biasanya akan mem-bully hamster yang kecil, seperti sedang dikawini tapi ini sambil digigit bagian atas kepalanya. Hal ini memang terlihat main-main, tapi saya belum sempat melihat prosesnya sampai akhir.
Alhasil, hamster yang terbully itu akan mulai digigit sampai sobek bulu-bulunya, dan hamster yang lain biasanya mulai menyerang juga jika sudah terlihat sangat lemah. Dimulai dari lehernya (kata adik saya yang sempat melihat), hamster pun mulai dikunyah oleh yang lain. Jika sudah mulai dikunyah, semua hamster akan berebut, dan percaya gak percaya, biasaya mukanya yang habis duluan sampai tinggal tersisa bulu dan tulang. Saya pun gak tau gimana caranya tapi, saya nemuin hamster yang mati (padahal kemarin gak apa-apa) dalam kondisi tulangnya sudah bersih dan tinggal kulit yang menutupi, dagingnya bener-bener habis gak ada sisanya! Saya pun sampai heran, sebegini bengiskah dibalik wajah unyu-unyu itu! 3 atau 4 hamster saya mati dengan cara ini selama seminggu itu. Pernah adik saya menemukan lagi dikeroyok, sempat diselamatkan tapi lukanya terlalu parah dan esoknya meninggal dunia.
Pencegahan : Beri pakan yang bener woi! Ini cara mereka menunjukkan bahwa makanannya tidak enak. Beri makan sayur dan keringan secara bergantian (atau keringan aja terus gak apa-apa). Setelah kejadian ini, saya kapok memberi hamster saya sayur 1 minggu berturut-turut.

Kematian Cara 6 : Stress
Biasanya ini cara kematian yang dihadapi banyak pemula. Biasanya, hamster diletakkan di tempat yang terlalu kecil. Biasanya sendirian. Ini saya rasa karena stress, tiba-tiba mati padahal makanan masih ada. Ini hamster adik cowok saya yang mati dengan cara ini, sekitar 2-3 ekor.
Pencegahan : Berilah mainan hamster atau wadah yang lebih luas. Hal ini bisa disebabkan oleh kurang minum juga, jadi cek apakah dia cukup minum atau tidak.

Kematian Cara 7 : Jatuh
Hamster termasuk hewan yang kuat jika terjatuh dari ketinggian 2-3 meter. Biasanya tidak terjadi luka lho, paling hanya kaget saja. Tapi hal ini tidak berlaku untuk hamster di bawah 2 minggu. Karena menggunakan kandang jeruji, dan hamster yang 10 hari demen banget jalan-jalan, dia pun berhasil keluar dari kandang lewat sela-sela jeruji. Karena kandang itu saya letakkan dekat tangga, hamster itupun terjatuh dari lantai dua.
Saya baru sadar beberapa jam setelahnya dan menemukan bangkainya tepat dekat kandang itu (tepatnya 2.5 meter di bawah kandang itu).
Pencegahan : Jika anak masih kecil, lebih baik di kandang yang non-jeruji. Jika mau pake jeruji, saya sekarang suka menutupi daerah yang bawahnya pake karton, biar gak nyelip keluar. Jadi inget kasus anak yang jatuh dari mall lantai 4 deh… JAGA BAIK-BAIK ANAK ANDA! DAMPINGI JIKA MASIH DI BAWAH 2 MINGGU (untuk hamster)!

Kematian Cara 8 : Mati Karena Konstipasi (bahasa Jerman-nya MENCRET)
Saya sejujurnya belum mengalami kematian ini, tapi teman-teman dan sumber-sumber lain mengatakan ada jenis kematian ini. Hampir saya pun menyaksikan hal ini, tapi sempat dicegah. Penyebabnya adalah karena hamster terlalu banyak diberi sayur. Indikasinya adalah kandang cepat bau, dan badan hamster mendadak kurus (biasanya bulet unyu-unyu, jadi buladig /budug . Maaf saya gak tau bahasa Indonesianya apa.) Katanya beberapa hari setelahnya hamster akan mati. Hal ini terjadi pada kelinci saya dan saya rasa serupa untuk hamster.
Pencegahan : Lagi-lagi, jangan terlalu sering diberi sayuran dan buah! Udah itu aja.

Kematian Cara 9 : Mati Tua
Ini adalah kematian idaman semua hamster. Mati di usia 2-3 tahun adalah idaman semua hamster. Hamster saya sendiri belum pernah ada yang menghadapi kematian ini. Mudah-mudahan semua hamster yang tersisa mati dengan cara ini. Katanya, hamster seperti ini akan tiba-tiba pasif, banyak diam, dan sakaratul mautnya memang terlihat seperti napas ngap-ngapan. Saya sudah menyaksikan 2 sakaratul maut hamster dari cara kematian yang sudah dibahas rasanya benar-benar…
Pencegahan : Tidak ada. Ini kodrat ilahi.

Demikian lah, kasus-kasus kematian yang terjadi pada hamster-hamster saya. Mudah-mudahan jadi pelajaran buat temen-temen biar gak mengalami hal yang sama.

(Ini 3 hamster saya sehari sebelum kematian mereka, yang disebabkan oleh heart stroke. Umur mereka belum genap 1 bulan padahal. Semoga arwah mereka damai di sisi-Nya. Ya Allah, maafkan hambamu karena tidak becus mengurus mereka, semoga post ini dapat membantu mencegah kematian-kematian yang lain.)

(keyword buat yang nyasar : penyakit hamster, hamster mati mendadak, cara mati hamster, hamster saya mati, hamster terkena penyakit, hamster terkena kutu, kutu hamster, tips-tips mencegah kematian hamster, penyebab kematian hamster)

About Samy

A master student of Division of Mathematics, Graduate School of Information Science, Tohoku University, Japan. Have this cheerful and wise personality; but can be a boring nerd sometimes. Love learning languages, "designing" books, reading, doing math, cooking, and breeding hamster. Feel free to contact me here : samy.baladram[at]facebook.com

Posted on August 16, 2012, in Hamster :3. Bookmark the permalink. 146 Comments.

  1. Sob, mw share niy…hamster saya bru melahirkan dua hari yg lalu, baby nya 4 ekor. tidak seperti kelahiran pertama, kali ini saya berusaha utk tdk ngintip2. krn kelahiran pertama, baby nya 5 dan dimakan semua😦
    Tapi ada sesuatu yg mengganjal niy, pas td malam saya mw kasih makan, saya menemukan seekor baby di dalem tempat pakannya. saya berusaha menyelamatkan pake sendok. saya satuin lagi sama sodara2nya. saya takut banget di makan sama induknya.
    yang saya mw tanya… klo seandainya saya ingin membersihkan kandang mereka gimana, ya??? soalnya hamster ku klo makan heboh banget, diacak2 semuanya (sampe baby nya sendiri masuk ke tempat pakan…) klo harus nunggu 3 minggu, saya khawatir pakannya membusuk… ada saran pleeeease….

    • Gitu ya? Kalo masuk ke tempat makan biarin aja kok. Yang saya sering juga pas lg mau makan, heboh-heboh gitu terus bayinya ke seret ke tempat makan. Nanti, induknya bakal ngembaliin bareng2 sodara2nya kok, percaya deh, malah kalo dipindahin pake sendok suka merasa terancam.
      Kalo anaknya masih 1 minggu, biarin aja dulu, jangan diganggu gugat. Kalo udah 2 minggu, baru boleh di ganti gabah, biasanya kalo udah 10-14 hari ga bakal dimakan, jangan disentuh pindahin pake sendok, tapi pas pertama pindahin orang tuany dulu, hamster babynya terakhir aja, kalo pertama si induknya suka ngambek lho.
      Tunggu sampai 10 hari aja, insya allah gak bakal busuk gabahnya. Saya juga udah mulai membiasakan melihat hamster2 yang hamil. Kalau udah agak buncit, segera ganti gabah untuk selanjut2nya y. Kemarin saya ganti gabah dan pas hari ini melahirkannya, jadi sama sekali gak khawatir. Buat intip-intip sebenrnya boleh kok, saya juga sampe sekarang terus intip2, mastiin jumlah anak sama sisa anaknya berapa. Pastikan kandang hamsternya benar benar tertutup. Yang saya saya tutup pake kain, dan saya suka intip dikit-dikit. Biasanya kalo kandangnya g ditutup, anak anaknya lebih sering gak survive. Semoga sarannya membantu ya, tunggu aja postingan postingan saya selanjutnya, hehehe :3

  2. Salam kenal yaaa

    Saya mau tanya, kalo baby hamster Gak kebuka sampai kira-kira 1 bulan itu kenapa yaaa???
    coz Q kasian nGeLiatnya, bisa kasih solusinya G?????
    Terima Kasih

  3. sorry maksudQ Gak kebuka mataNy,, jadi merem tyuz Gituuu,,,,,,,,,,,,,,

    • Itu ada kemungkinan memang buta. Ada hamster yang memiliki gen buta seperti itu. Hamster saya ada 4 yg mengalami hal itu, dan memang ayahny juga buta. Mungkin saja hamstermu itu kakeknya ada yg punya gen buta. Biasanya yg buta berjenis kelamin laki-laki, dan mayoritas mottled atau platinum setau saya. Walau buta tapi tenang saja, hamster gak sepenuhnya mengandalkan mata. Cuma kalau dipegang2, sering banget jatoh karena g bisa… sabar ya.

  4. Bro, baca postingan lu jadi kesentuh gini. Kasian juga sih liat mereka kalo mati kaya gitu, pengen ngelepasin ke alam bebas, tapi udh terlanjur sayang sm mereka :’)

  5. mau nanya dong..
    hamster saya kok tiba tiba lemes ya..
    dari matanya kek kluar cairan gitu..
    helep ToT

    • Wah, coba dipisahin dulu, ksh makan dan minum yang cukup. Biasanya kalo lemes gitu udah mau mati😦

      • udh meninggal beneran pak ToT
        dan sekarang udh ada yg jd kanibal.. (kek sumanto aja)
        memilukan sekali..😥
        ngemeng ngemeng pencegahan yg kena kutu klo dimandiin gapapa ga? soalnya hamsternya garuk garuk bdan mulu, saya jd gatel liatnya x_x

      • Turut berduka… Jangan dimandikan pake air. Dikasih pasir zeolit aja, banyak kok di toko hewan, nanti dia bakal guling2 di sana dan mudah2an kutunya pada keluar.

      • oke..bapak..
        terimakasih banyak xD

  6. oh baru tau klo ada anak hamster dgn kemungkinan buta,,anak hamster qu udah ampir sebulan gk kebuka mata nya di tambah kaki nya cacad..gimana cara ngerawat nya? makan nya juga susah😦 ada saran..or pernah ada y9 ngalamin juga gak yah…share info pls

    • Hamster2 saya yang buta justru lebih lahap dibanding temen2nya. Dikasih makannya biasa aja kok. Ada juga hamsterku yang ga ada tangannya dan biasa aja makannya. Sesekali perhatiin apa dia suka digigitin temen2nya. Biasanya bisa makan sendiri kok, makanannya ditaro aja di kandangnya.

  7. hai…. ak mw nanya dunks… hamster ak kena penyakit apa yahh kok tiba2 badnnya lemes dan matanya pun agak menutu hanya sebelah dan cenderung berair.. dan nafasnya pun agak tersenggal2…tp sepertinya penyakit itu menular… sekarang yg terkena penyakit itu sudah 4 hamster ku.. dan skrg sdh ak pisahkan ..kasian lihatnya mereka jd ga nafsu makan sama sekali dan bulunya pun terlihat layu…penyakit apa yg kena di hamster ku apa itu virus kah??

    • Wah, hamster saya kalo napas tersengal2 biasanya itu udah mau mati. Tapi kalo mata berair saya juga kurang tau sih, apa virus atau apa karena jujur belum pernah ada yang kena kaya gitu. Ada baiknya dipisah dan kandangnya dicuci bersih pake air panas, biar bakterinya pada mati. Sulit kalo nyembuhin hamster yang udah kena penyakit seperti itu. Coba cek ada kutunya gak kandangnya. Saya pernahnya kena kutu soalnya. Lebih sering bersihin kandang aja, soalnya penyakit2 umumnya dari kotoran n makanan

    • oh aq tau hamster q jga gtu, lansung di pisahin aja itu komplikasi setres, belekan, ma flu, mata yg ga bisa ke tutup itu karena lembam di pukul/di garuk hamster lain, lok bola matany dh kering brarti dh buta, lok cra penangananny aq blm tau pasti cz hamster q jga dh KO bru2 ni ;(
      cba ja di sendiriin trs ksh obat penambah napsu makan di apotik hewan/toko hewan kandang ny pastikan hangat dan jgan sampe basah, spa tau ja berhasil…

  8. Hammy saya barusan mati T^T
    kyknmya kena heat stroke soalnya kk saya nyetrika di kamar tmpt hammy saya, dan saat saya masuk kamar memang agak gerah, dan saya lihat, Randy (:hammy) mati T^T
    mari baca doa T^T

  9. Saya mau nanya nih…

    saya baru beli hamster campbell seminggu yang lalu. umurnya baru satu bulan.
    Nah, dari dua hari yang lalu, hamsternya jadi pendiem gitu. biasanya kalau dipegang belakangnya langsung balik badan sekarang ngga
    terus kerjaannya tidur terus, tapi pindah-pindah tempat. Terus frekuensi nafasnya jadi cepet.

    ada yang tau hamster saya ini kenapa?

    • Biasanya sih yang udah mau mati kalo gejalanya kaya gitu. Yang saya juga beberapa punya gejala gitu dan beberapa hari kemudian mati. Dikasih minum gak? Bisa jadi karena kandang terlalu kecil (atau juga gak ada temen) atau kekurangan cairan. Berdoa saja tidak terjadi apa-apa, walaupun peluangnya sepertinya tidak besar…

  10. Artikelnya bagus banget, jadi tau knp hamma (jantan) aq tadi siang mati,,kelamaan d taro d luar,,
    dan hammy (betina)juga kyanya mau mati juga,napasnya udh sengal”, tidur mulu, matanya yg sebelah g mau k buka,,tp semoga g jadi matinya y,,😦

  11. Saya mau curhat….,

    Biyki punya q brusan mati b’berapa jam yg lalu.
    Klw udh kyk gini sedih banget rasanya udh kehilangan dia,
    matinya tuh tiba2…, s’blmya dia masih main dgn kincirnya, tp d’kasih makan dia enggak mau…, ada firasat aneh juga sih !!
    mungkin ini salah aq juga…,
    soalnya aq cuma beli satu enggak sepasang, jdnya mati deh karena enggak ad temen😦
    aq udh 2 kali melihara hamster, yg pertama hilang, yg keduanya ini mati…,
    trus tuk yg selanjutnya blum tau masih mau memilihara hamster ap enggak.

    • Turut berduka. Iya, emang kalo hamster sendirian biasanya gampang stress. Saran saya kalau beli lagi yang masih agak kecil aja (2 ekor), kalau dari kecil di kandang yang baru biasanya gak terlalu stress dan hidupnya lebih lamaaaaa

  12. Hamsterku Jenis Syrian, Trus Akhir2 Ini Dia Kayak Cegukan gitu, Itu Gara2 apa ya? trims sebelumnya.😀

    • Duh mas, saya gak tau kalo cegukan dan kebetulan g punya hamster syria juga (beda mungkin krn badannya gede). Keliatannya kalo cegukan itu keselek sesuatu karena hamster kan suka naro makanan di pipi. Mungkin coba biarin 1-2 hari, kalo masih terus2an begitu, bisa jadi ada penyakit dan bisa ditanyain ke yang lebih ahli. Semoga cepat sembuh hamsternya🙂

  13. Oh Iya 1 lagi, dan bagaimana cara mengatasinya biar dia berhenti cegukan? apa cegukan bisa menyebabkan kematian? thx

    • Biasanya cegukan itu mungkin flu, cba liat hidungnya basah gk trus dia nafsu makan gk .
      Klo flu pisahin aja dulu, aku prnh baca ktnya klo flu pisahin selama 2-3 hari, trus jaga sirkulasi udara dan jgn smpe kandang lembab

  14. Mas saya mau nanya, induk hamster saya sering bgt diserang sama anak-anaknya. Kayak digigitin gitu sampe akhirnya hari ini jam 4 sore induknya masih biasa aja, tapi ketika masuk maghrib udah mulai nunjukin tanda-tanda mau mati. Saya lgsg pisahin kandangnya supaya anak-anaknya ngga makin nyiksa ibunya. Sekarang induknya lagi kejang-kejang, pertolongan cepat supaya induknya selamat apa ya mas? Danke =)

    • Kalau udah kejang-kejang kayanya agak sulit ditolong mas. Saya sering kejadian kejang2 hamster dan memang kalau induk hamsternya lemah bisa jadi diserang sama anak-anaknya. Anak2nya kayanya udah umur 2-3 bulan ya? umur segitu udah lebih baik dipisah, apalagi kalo ibunya cuma sendiri, gak ada temen tante, ponakan, atau suaminya. Dipisahkan saja mas, saya kalau sudah seperti itu sudah pasrah biasanya…

  15. Ghuess faras larazior

    Gan, aku baru pertama kali pelihara hamster, 1 kandang ada 4 hamster cambell…. 2 hamster (jantan & betina) mata merah & 2 hamster lagi (jantan & betina) mata hitam.. Apa hamster mata hitam kawin sama hamster mata merah gapapa ?? Soalnya hamsterku yang mata hitam bunting, ga tau siapa bapaknya….!!!
    Nah yang bunting itu barusan ja mati gak tau knapa…!!! Mulutnya basah, dari lubang kelaminya ada lendir warna pink kluar sedikit… Padahal 2 jam sblumnya masih aktif, tadi pagi pun sempat ku jemur… Kenapa itu gan ??? Kena santet kah gan ??? Heheehee…. mhon pencerahannya & terimakasih sebelunya…

    • Wah, jangan dijemur dong. Hamster itu anti kena sinar matahari langsung. Baca deh bagian cara kematian hamster. Gak apa2 kalo beda warna mata, saya sering kok dan gak apa2. Lain kali jangan pernah ngejemur hamster ya. Soalnya habitat asli hamster itu tempat dingin yang jarang kena sinar matahari

  16. di dunia ini ga ada kata pasrah untuk selametin hamster !!! ,
    dulu saya punya syirian dg kaki cacad karna pedagang tolol menjerat kaki nya . lalu saya rawat sekitar hampir 2th . bulu hammy pun udah hampir rontok semua . suatu malam si hammy mulai lemah , kondisi nya memburuk . saya membawa ke dokter hewan utk binatang yg di hargai hanya 20rb .
    kata dokter bego itu pasrah aja , tapi saya maksa buat obatin dn hampir ribut di ruangan itu .
    akhirnya hammy di suntik ntah apa itu . lalu saya bwa pulang .
    keesokan pagi nya membaik , hammya berjalan dg kaki cacadnya . saya bahagia sekali .
    namun malam nya hammy benar benar mati .
    hammy adalah hamster pintar , dia paling penurut dari Blacan & Bubo Sumatranus yg saya rawat😦

  17. Mau tanya, hamsterku tanggal 5 april melahirkan dan anak2nya udah gede2, umurnya udah sekitar 2,5minggu-an, dan aku mau tanya, anak2 hamster sekitar usia segitu gampang sakit/mati ga sih? Tadi pas aku pulang ane liat mereka kebasahan gara2 kandangnya belom diganti, padahal biasanya 3 hari masih rada2 basah sekarang 2 hari aja udah basah berat, mereka tuh bulu2nya basah banget, trus sialnya aku belum beli serbuk kayunya, jadi harus digimanain tuh? kalo dibiarin aja bakal mati ga? niatnya nanti malam pas abang aku pulang baru mau diganti, merekanya takut ga tahan trus mati T_T. Thanks

    • biasanya basah itu karena kebanyakan sayur atau tempat minum bocor. bisa juga dari kencimg, tapi tergantung ukuran kandang. kalo basah bgt ya mending pake kertas koran disobek2 buat emergency kaya gini

  18. pemula mau crta dkit,,,,,,,,kmaren bru beli golden winter 2,d kasih mkn roti hbis banyak,td pagi tk jmur sbntar cz agk pesing ,,,,,3jam lalu mati smw!!!!!!!!!!

  19. aslmkm..salam kenal
    sy puny hamster yg mati mendadak tp ni d malam hari.dan ni tjd 2 kali berturut turut.pertama hamster yg umurny 3 bln,2 hari kmudian yg umurny 11 bln.knp y?padahal sy sdh sering membersihkan kandangny,memandikan dg pasir utk hamster,memberi makan 3x 1 hari dg porsi kecil.memang yg mati ini jenis kelaminny jantan semua.yg betina umur 1 th sdh mati 2 bln lalu krn sakit&yg umur 3 bln mati 1 mggu yg lalu krn dmakan tikus
    sblm & ssdhny sy ucapkn trmaksh

  20. aslmkm..salam kenal
    sy puny hamster yg mati mendadak tp ni d malam hari.dan ni tjd 2 kali berturut turut.pertama hamster yg umurny 3 bln,2 hari kmudian yg umurny 11 bln.padahal sy sdh sering membersihkan kandangny,memandikan dg pasir utk hamster,memberi makan 3x 1 hari dg porsi kecil.memang yg mati ini jenis kelaminny jantan semua.yg betina umur 1 th sdh mati 2 bln lalu krn sakit&yg umur 3 bln mati 1 mggu yg lalu krn dmakan tikus.kira2 knp y yg jantan2 tu mati?
    sblm & ssdhny sy ucapkn trmaksh

    • Salam kenal juga, maaf lama balasnya.
      Wah, maaf saya gak terlalu paham tentang hal itu. Mungkin tempat menyimpan kandangnya bermasalh, saya juga suka mengganti posisi kandang biar gak jenuh dn menghindari hal2 seperti tikus dll yang mengancam hamster. Mungkin hanya itu saran dari
      saya. Maaf jika tidak terlalu membantu

  21. T_T HAMSTER SAYA 2 DUANYA MATI HAMSTER COWO SAYA AD 3 GORESAN TPI DIA BEKU GIMANA SARANYA AGAN?

    • Wah, kalau mati ya dikubur. Agak sulit sih kalau sudah beku. Lakukan yang menurut Anda baik, jika masih bisa diobatin ya diobatin, kalau memang agak sulit, ya berikan yang terbaik di saat-saat terakhirnya. Maaf jika tidak terlalu membantu…

  22. samikumm…
    aku tiyastihana. aku punya hamster jenis panda yang kirakira udah 2blnan dan setelah aku campurin dengan pejantan lalu sihamster panda itu hamil-_- dan melahirkan 9anak.
    nah,aku mau tanya ya. knp hamster pandaku kalo malem itu sering kabur&gatau apa yang dia cari-_- setelah saya pindahkan ketempat yang lebih luas berserta anaknya. tibatiba anaknya itu jatuh dari sendok saya-_- dan beberapa kemudian itu anaknya tibatiba mati dan berwarna biru-_- itu kenapa ya kak penyebabnya?maciww

    • Saya rasa itu stress. Kabur itu biasanya sih nyari tempat yang lebih nyaman, memang hamster karakteristiknya suka gitu, hamster saya juga sering kabur malem-malem saat mereka lagi jam aktif. Wah, jangan maen pindahin, bukan karena baunya beda tapi karena ortunya stress pindah kandang yang baru. Jangan suka dipindahin kalau anak2nya belum 3 mingguan, soalnya rentan mati jika bau kandang berubah…. Kalau sudah terlanjur dipindahin, ya udah biarin aja disana jangan diganggu. saya sering tutup juga kandangnya biar gak merasa terganggu akan kehadiran manusia

  23. hari ini anak hamter saya baru umur 1 bulan mati mendadak, padahal tadi siang lincah trus sore harinya langsung lemas dan seperti tidak ada tenaga untuk bangun dan jalan saja tidak bisa.
    kenapa ya sudah 2 anak hamster begitu tapi beda indukan bisa mati seperti itu dan di hari yang sama pula tapi berbeda waktu saja?

    • Mungkin kondisi kandang, apakah terlalu bau, terlalu dekat sinar matahari. Waspada akan heart-stroke atau kutu, soalnya biasanya kalau bareng-bareng matinya disebabin sama masalah lingkungan (panas, bau, kutu). Coba dicek cuaca di sekitar kandang. Beberapa hamster saya juga mati karena heartstroke; paginya lincah, sorenya 2 mati di kandang yang beda

  24. Hamster betina q si hime beberapa hr yg lalu mati😦,pdhl dia sehat2 z,stlc aq bc info ini aq jd tau hime mati gr2 heart stroke.. T_T

  25. Aku punya hamster 27 tapi 20 hamster mati di makan kucing T.T hiks
    Aku pernah liat ibu hamster memakan anaknya sendiri padahal aku gak pernah nyentuh anaknya… dan aku punya hamster padahal kmarin” sehat aja lalu keesokannya mati, di mulutnya keluar kaya busa gitu… itu knpa ya? padahal aku gak pernah kasih makanan yg aneh😦

  26. permisi…numpang nanya,hamster tmn sy tu luka2 gt,,,pdhl msh kcl…luka2nya tu di atas hidung (bedarah2) sma d bagian bwh tu lho! yg ada anus&kelamin.y mhon saran.y

  27. klu itu tenteng hmstr tmn sy,klu skrg hmstr sy
    niko,hmstr pth sy tu sk bgt manjat2 kandang,trus jatuh deh,bukan.y brenti malah terus lanjut sampe kyk naik flying fox,tu knp y??

    klu niko beda…dia tu sk ggit2 kandang,jdi kandang.y kyak karatan gt ! pdhl da tak ksh mkn banyak….:/

    klu fely (hmstr jntn ..) sk tidur kebalik ! trus jg sk garuk2 pdhl bru aja tak ganti srytan ky.y

    tolong saran.y ya
    makasih atas info.y
    wassalam

  28. Help !!
    Aku punya hamster campbell jantan 2 ekor tapi beda umur. Dua duanya kandanya di satuin. Tadi malem aku ngeliat dua duanya akrab tidur samping sampingan, eh besoknya aku liat yang kecil udah lemes terus yang gede diatas badan yang kecil T_T… Waktu yang kecil aku ambil, aku liat dia kayak kesedak gitu, terus buka mulut setiap ±20detik sekali. Waktu dia lagi buka mulut, aku ngeliat kerikil di mulutnya :'(… Tolong sarannya

  29. salam..
    gw punya hamster campbell 3. 2 betina 1 jantan . 1 betina yang panda ,1 lagi normal. yang jantan argante yang mata merah. itu klau di gabungin dal satu kandang gapapa kan yah, boleh gak? terus salah satu dari mereka ada yang di kawinin jantan nya gak?
    emm.. tapi yang jantan itu kerjaan nya molor mulu. jarang main,atau berkeliaran di sekitar kandanng . bisa kawin gak yah?
    help..

  30. Mau nanya nih, hamster ku jatuh dr ketinggian kira” 3 meter truss jalanx jadi pincang 2 kaki belakangnya ga bisa gerak, umurnya masih 1 bulan 3 minggu, bagaimana cara ngobatinnya ? Aku ga pengalaman soalx mama hammyx itu waktu itu jatuhx nggak setinggi itu dan 5 hari kemudian sudah baikan lagi.. Oh ya, dia juga jadi jarang bermain, kerjanya tidur truss. Klo bangun makan truss tidur lagi, sudah ku pisahinn sama hamster lainnya ku taruh di tempat yang lebih kecil supaya dia nggak banyak goyang dan kakix nggak sakit tapi aku bebasin dia jalan” truss ke pojokan gitu baru tidur lagi gimana mi ? X_x

  31. saya punya hamster jenis panda tadi pas jam 10:30 pagi masih baik baik aja pas saya pulang pas waktu lihat kupangil pangil gk mau jawab pas kupegang udh beku rupanya udh mati

  32. kak saya lihat hamster saya thu sering gigit-gigitan sampe bunyi cit cit….(suara hamster) itu gk kanibal ya kak?

  33. Bro mo nanya. Kira2 hamster itu bisa hamil dengan sendirinya ngga? Maksudnya tanpa proses kawin gtoo. Sy pelihara 2 ekor umur 2 bulan tp lom juga ada tanda2 hamil

  34. bayi campbell pandaku mati 5 td pagi..baru dilahirin kemarin siang,td mlem 6bayi nya masih baik2 aja…pdhl udah dipisahin ma lakinya biar bininya tenang ngurus anaknya..makanan dan minuman jg penuh..kandang udah dittup apa mgkin krna aku intip2 yaa..yg satu semoga brtahan hidup

  35. Hy,aku manu nanya.jadi gini aku punya satu hamster,hamsternya sekarang lagi kejang kejang,tapi cuman dua kaki depannya aja,di dekat matanya itu kayak ada kotorannya gitu,tapi itu bukan kotoran Ɣªήğ dia keluarin,terus matanya juga merah kayak hamster albino,tapi dia bukan hamster albino.aku gak tau apa penyebabnya.padahal tadi malam dia masih sehat sehat ªĴª…

  36. hamster winter aq branak 6 ekor.. 4 blue argente, 2 golden red eye.. seneng na,,

  37. smalam hamster betina ku teriak cit-cit gitu di gigit sama yg jantan, trus q kasih kluar kandang, supaya gk brantem,tp di dlm kamar q bebasin nya, pas besok pagi q di bangunin,mama q ktemu mayat hamster di dapur blakang!.😥
    trnyata hamster q mati keracunan karna minum minyak makan.

    yg mw q tny, knp hamster yg jantan suka gigit yg betina sedangkan sama q galakan betina dr pd jantan. & hamster bisa bedain minumam yg boleh di minum mreka gak?😦

    mohon saran nya.. tq

  38. padahal pintu kamar q tutup, tp kok bsa keluar ya?

  39. Hamsterku kok, matinya aneh ya?
    Waktu aku dirumah, Hamsternya keliatan tidur di selip2an gabah…
    Pas aku pulang, udh gk ada nyawanya lagi deh…😥

    • Aku bli sepasang Hamster, tpie yg lakinya mati krna Heat Stroke.
      Pas aku beli Hamster laki2 yg baru, tak pasangin, malah kerah kerahan smpe bunyi “cit cit” eeh taunya yg Cewe mlah b’darah di sekitar perutnya, msalahnya yg laki2 lbh besar bdnnya….
      Mereka beradaptasi smpe 2 hari msih berantem, ya udah aku pisahin kandangnya T-T

  40. Mau nanya nih…
    Hammy q habis honeymoon 1 minggu yg lalu…
    Sekarang yg jantan lemes…males…tiduran terus…gelisah gt…jarang makan…trus agak kurusan deh…
    Kira2 kenapa ya ???:)

  41. Salam Pak,
    Sy mau tanya neh..saya baru beli hamster kemarin malam yang betina karena betina yg sebelumnya juga uda meninggal mwndadak gtu dan sy seh kurang tahu penyebabnya…1 Hari itu hamster saya seh masih lincah2 tapi setelah hari berikutnya hamster saya langsung mati mendadak gtu …terbujur kaku….aduhhh hati sy jadi hancur lagi pak…

    Kira2 hammii saya itu knp ya pak uda mti 2x berturut2 kau gtu?????
    padahal kandang nya uda rutin dibersihkan,makanan banyak minum juga ada???

    Mohon pencerahannya donk pakk???

    • Jangan bapak dong, panggil saja Om.

      Coba ganti lokasi kandangnya ke tempat yang lebih teduh, jangan di sana lagi. Bisa jadi karena lokasi kandang kepanasan. Setelah itu, pastiin minumnya bener-bener netes. Masalah kebersihan kandang biasanya bukan faktor utama.

      Mudah-mudahan bisa membantu🙂 Bu Lia lokasi di mana? Kalau kota yang panas, ya saya rasa ada kecenderungan untuk hamster cepat mati.

  42. ka sammy, mau tanya dong….aku ceritanya baru beli hamster chambell panda nih.kan klo dri artikel jenis hams ini termasuk yg suka gigit.(terbukti sih,bru dicolek lngsung gigit)🙂
    kira2 tetep bisa jadi jinak g yaaa???
    thanks before

    • Wah, kalo suka gigit kayanya susah ya biar jadi jinak… kayanya saya juga gak ngerti cara ngejinakkan… Sering ditaro ditangan aja (jangan dicolek, kalo cewe dicolek juga marah). Pakai alat terus ditaruh ditangan, biasanya kalo udah ditangan gak bakal gigit (asal jangan sampe jalan ke ujung jari, ntar digigit). Kalau amannya sih nunggu keturunannya aja kali ya?

      • wah saia jga abs beli hemster panda 2 hari yg laluu,emg awalnya parah buat takut karna gerakanya yg cpt n ska gigitt,,cuma awalnya aku ambil pke plastik atau sarung tgnn,nahh ituu sarung tangan kta pegang2 dluu biar bau kita nempel di stuu,abs ituu ambil tuh hemster taro deh di baju bekas kya pake yg belum di cucii biar dy apal bau ktaa, yauda skrg aku klo ambil ttp pake sarung tgn sebelah dlu n pelan2 ambil nya jgn smpe ngagetin dy,abs ituu kta ksh tgn sebelah kta buat dy cium2 dluu,udah ntar dy mau kta gendong2 ampe naik ke pundak..semoga berhasill yaa

  43. Hamster saya tadi pagi itu melahirkan 6. Tapi kok sampe sekarang gak bergerak gerak, trus ibunya diem aja gak nyusuin anaknya. Nah, itu knp ya ?

    • Hmm… saya juga bingung… Jangan dipelototin aja. Biarin ibunya yang mutusin bakal disusuin atau gak. Kalo sering dilihat2 sama kitanya, ntar malah terintimidasi si ibunya. Di biarkan aja jangan diganggu ok!

  44. halo bro, trims buat info2 diatas…. berguna banget…

    sy mo nanyan dong, hamster sy 10 hari yg lalu melahirkan…. dan sy sudah pisahin bokap nya dari keluarga ke kandang sendiri…

    kira2 kapan ya sy bisa balikin bokap nya ke keluarga hamster???
    dan kira2 kapan ya saya sudah bisa pindahkan anak2nya ke kandang baru??? (baru beli kandang baru yg lebih besar, supaya satu keluarga hamsterku bisa happy) trims ya😀

    tapi sedih deh… kemaren sy liat anak nya ada 5…. sekarang kok tinggal 4 ya???
    apa jangan2 dimakan ya??? tpi ga ada sisa apa2 kyk darah ato tulang gitu😦
    kira2 napa ya bro?? thanks ya

    • Amannya 2 bulan setelah melahirkan. Tapi, di cek dulu apakah mereka berantem atau gak. Pindahkan ke kandang baru ada baiknya kalau sudah 3 minggu umurnya.

      Kalo anak (atau yang udah dewasa) dimakan, hamster memang rapih, hampir gak ada sisa darah atau tulang. Karena giginya kuat, mereka makan semua kecuali kulit (biasanya ada bulu2 kalau ada yg dewasa dimakan). Jadi, ya emang kalo masih di bawah 2 minggu dimakan, biasanya emang gak ada sisa2.

      Selamat merawat🙂

  45. Saya mau minta tolong cari solusi … gimana caranya gabungin hamster yang udh di pisah selama 3 minggu. Saya punya sepasang hamster cambell panda yang betina baru melahirkan jadi yang jantan saya pisah.. skrng anak anak betina udh mulai gede umur mreka udh 3 mingguan.. kemudian saya letakan hamster jantan ke kandang hamster betina dan anak anaknya .. pas saya taro si jantan dia sibuk nyiumin kandang sibetina dan anak anak saya fikir ini hal yang normal jadi saya biarin tp setelah 1 hari 1 malem si jantan terlihat murung dan tak aktif… tak lama kemudian saya liat si betina menyerang si jantan… jadi skrng saya pisahin lagi si jantan ke kandang sendiri dan si betina tetap sama anak anaknya.. jadi saya harus gimana supaya saya bisa menggabungkan seluruh hamster saya dalam 1 kandang?? Mohon bantuannya..

    • Halo,
      ternyata mas sudah sampai pada tahapan ini. Ini emang tahapan yg cukup berat menurut saya dan saya juga sering kewalahan untuk hal ini. Saya akhirnya memutuskan untuk memisahkan keduanya. Tergantung karakter hamsternya, biasanya jika sudah dianggap asing (diserang), akan terus dianggap asing. Jika memang tetap dipaksakan, biasanya salah satunya akan luka-luka. Saya pernah baca solusi, yakni tetap satu kandang tapi diberi sekat semacam jala (aliran udara masih bisa). Dengan itu, lama kelamaan bau si jantan akan nge-blur dengan yg betina dan gak berantem lagi. Saya belum pernah coba (karena agak repot), tapi itu solusi yg bisa saya kasih, jika gak ya terpakasa harus di pisah (saya biasanya pisah berdasarkan warna sih biar keturunan selanjutnya variatif).
      Salam

  46. Saya mau minta tolong cari solusi … gimana caranya gabungin hamster yang udh di pisah selama 3 minggu. Saya punya sepasang hamster cambell panda yang betina baru melahirkan jadi yang jantan saya pisah.. skrng anak anak betina udh mulai gede umur mreka udh 3 mingguan.. kemudian saya letakan hamster jantan ke kandang hamster betina dan anak anaknya .. pas saya taro si jantan dia sibuk nyiumin kandang sibetina dan anak anak saya fikir ini hal yang normal jadi saya biarin tp setelah 1 hari 1 malem si jantan terlihat murung dan tak aktif… tak lama kemudian saya liat si betina menyerang si jantan… jadi skrng saya pisahin lagi si jantan ke kandang sendiri dan si betina tetap sama anak anaknya.. jadi saya harus gimana supaya saya bisa menggabungkan seluruh hamster saya dalam 1 kandang?? Mohon bantuannya

  47. Mao tanya nne gan
    Saya Dari pertama beli hamster syiran mpe sekarang kok belum beranak beranak iya ?? ƍåк S̤̥̈̊ªªßããã®̣̇ saya mao liat bayi hamster. Emg knpa sih sebab nya ЌªªĿō hamster kita ƍåк branak* padahal udda d taro d tempat Ɣάng gelap dan jarang d liat paling d liat ЌªªĿō mao kasih mkan ajaa😦
    ªªþª sh tips laennya supaya cepet beranak ;(

    • Maaph, sy ƍåк terlalu ngerti juga ttg hamster syirian, blom pnah mlihara nich. Kayanya sich beda bgt ama hamster campbell. Tapi, klw udah sepasang sich, biasanya bisa (asal beda kelamin). Banyak faktor, jadi S̤̥̈̊ªªßããã®̣̇ ja y end ßdoããã aja🙂

  48. Hallooo Kakak Sams, sama kenal.😀
    saya newbie nih hehe mmmm mau tanya-tanya juga🙂
    Hamster campbell panda saya kan sudah lahiran, skrg uda dapet 2minggu umur anak-anaknya. terus niat saya mau ganti serbuk kayu nya. Itu perlu diganti apa enggak? Kalo semisal mau diganti (serbuk kayu nya) nunggu si anak-anaknya umur berapa minggu? Soalnya saya lihat kandangnya udah agak bau dan kotor x_x. Mohon pencernahannya🙂 trimakasih

    • Selamat atas anak2nya🙂
      Kalau udah 2 minggu saya rasa gpp kok diganti kalau udah kotor banget. Hati-hati aja gantinya, daripada ada kuman macem2. Asal anak2nya udah buka mata semua, kayanya gak jadi masalah, lakukan tinps2 yg sy kasih. OK. Mudah2an sukses y🙂

  49. Halloo… saya punya 2 hamster jenis Syrian. Salah satu dr mereka terkena pentakit wet tail. Beberapa hari ini sudah sehat. Tp gak mau makan. Dikasih makanan kering ataupun sayuran tetep ga mau makan.
    Ada saran gak saya harus ngasih makan dia apa?

  50. Gan,,kalau hamster campbell mata merah kawin sama campbell mata hitam boleh gk??kalau boleh tau anak nya mata nya warna apa?? (kepo dikit)hehe

    • boleh. hasilnya itu tergantung, Yang pasti bisa hitam, merah, atau merah ati. Hamster cuma warna2 itu aja yg ada. Ada resesif dan dominan yang kompleks jadi gak pasti anaknya warna tertentu. Tapi, sy rasa ada kombinasi yang lethal (kalau mottled mata merah sama apa gitu saya agak lupa). Tapi kalau gak mottled / platinum (yg normal2) aja gapapa rasanya.
      Kalau dikawinkan sama albino, itu beda lagi. Coba baca di post saya yang lain tentang perkawinan.

  51. om mau tanya,hamsterku baru lahiran jenis syrian,anak lahir 4 dimakan 1 gara2 ane pindahin ke tempat gelap n sunyi.untung anak epertama yg kluar duluan yg dimakan,tp aku udah intip dia belom nyusuin anak2nya n malah asik tidur,takutnya mati,mohon sarannya ya…..

  52. mw tnya nih…
    hamster sya jatuh sekitar hmpir 1m an…
    nah sesudah jatuh kaki ny jdi pincang satu…
    gimana ya???
    bkln balik normal lg gak???

    • Wah… itu saya juga kurang tau. Kalau sampai 3 harian masih pincang, sepertinya itu bakal permanen deh. Turut berbela sungkawa😥

      • Aku mau tanya
        Kemrin aku hbs beli hamster (karena hamster yang udah tua mati)sekarang hammster betina ku yg baru di dalam rumah terus, jarang bgt makan n minum ,tiduran mulu ,gk pernah lari-lari(lincah)
        Apa karena stress,baru beli terus pindah kandang?tp klo yang jantan lumayan lincah kok
        Tlg dijwb y trims

  53. gan saya mau nanya tadi pagi hamster saya mati beku sebelum dia jalannya seperti tiduran apakah itu heat stroke

  54. Gan hanster saya jenis syria lagi terkenapenyakit diare dan skrg kejang2 apakah masih bisa di tolong gan..

  55. Mas, hamster saya cwe campbell argente RE..
    saya silangkan dengan cwo campbell gtw jenis apa
    Koq anaknya 3warna hitam dengan garis hitam pekat d punggung
    1nya ikut si bapaknya g jelas
    Bapaknya warna dominan putih ada sedikit garis hitam d punggung dan warna matanya hitam
    Saya cari d jenis campbell tapi g ktmu yg serupa
    Thx

    • Warna dominan putih dan ada sedikit garis hitam itu bisa jadi black dengan tipe platinum. Artinya, si gen warna hitamnya hampir ketutup warna putih (dari gen platinum). Anaknya ya memang bisa jadi mirip bapaknya, hitam, normal, atau argente. Saya rasa sih begitu.
      semoga membantu🙂

      • Makasih ya uda d bls🙂
        O iya, hamsternya koq berkutu ya
        Aq mw bersihin serbuk kayunya tapi si anaknya masih 11hari
        Uda bisa makan biji”an yg kecil sih
        Apa boleh d ganti? Uda kotor bgt sama bwk hewan kecil sering terbang” d sekitar kandang saking kotornya
        Tapi masih menyusui trus mereka masih sering tdr brg mamanya di goa tissu yg d bikin mamanya wktu melahirkan dlu
        Klo d bersihin tkt mamanya gelisah d pikir tersesat dan gmw rawat anaknya lagi
        #menurut saran yg aq baca d atas sih🙂
        Ada saran g ya?😦 sedih liat hamsternya jorok gitu

      • Amannya sih 2 minggu, tunggu 3 hari lagi aja, biar mantep, baru abis itu dibersihin, biasanya gak apa2 (karena udah bisa makan biji2 kecil). Pas mindahin anaknya, hati2 ya, pake alat kayu kecil (sumpit?) atau semacamnya, biar gak bau manusia😉

  56. Oooh iya”
    Klo gtu jumat sbtu aja ya aq bersihin
    Trus kan rencananya mw beli obat kutu ato bedak doris itu
    Tapi hamsterQ sejak jdi janda (bapaknya mati d makan tikus) itu jdi jahat trus suka gigit smua hal smpe tgnQ juga d gigit
    Tktnya dia gigit” trus kemakan obat kutunya itu
    Aq baca sih bedak doris ato smua obat kutu g boleh smpe kemakan hewan
    Enaknya gmn ya?
    Klo mw d oles k badannya itu dia sllu kyk marah klo badannya d pegang/sentuh
    Dlu sebelum jdi janda masih baik bgt sama jinak soalnya uda aq rawat dri dia masih kecil
    Stress sendirian mgkn jdinya jahat
    Ada cara lain g biar dia g kemakan obat kutunya?
    Dia juga wktu aq lepas bwt main” biar g stress kan main d bak mandi pasir itu
    Eeeh pasirnya d makan smpe bunyi kriuk”
    Aq tkt klo mw d campur d pasir situ
    Nanti ikutan d makan trus mati
    Ini hamster pertama yg aq pelihara soalnya😦

    • hmm, bingung juga. Mungkin coba pake kuas (kalo punya), itu trik saya dulu, ada kuas bekas buat bersihin apa2 di badan hamster, jadinya gak kemakan. Atau semacam kuas make-up bekas (kalo ada, atau apapun yang menyerupai kuas). Selain cara itu saya juga bingung (waduh, ampe pasir dimakan segala, dikasih makan gak tuh?) Semoga cepat sembuh y.

      • Hahahaha.. rutin aq kasi makan koq
        Hamsternya aja yg rakus smpe anaknya juga ada yg d makan
        Untung masih d sisain 4 anak =))
        Pke kuas? Coba deh nanti aq coba
        Mwnya pke yg sprei gtu biar g perlu nyentuh hamsternya
        Jdi galak bgt soalnya.. sensi mgkn jdi janda kembang🙂
        O iya, yg nanti aq beresin sabtu besok itu masih d jadiin 1 sama mamanya ato uda lgsg d pisah?
        Katanya klo uda gede hrs d pisah biar g berantem sama mamanya?
        Maav banyak tanya.. baru kali ini plihara hamster😛

      • Good luck dengan kutu2nya ya!

        Hmm, itu sih terserah, mau digabung atau dipisah, gak masalah kalau udah bisa makan sendiri. Kalau ngerasa 1 kandang kekecilan buat mereka, ya dipisah, tapi kalau dirasa masih cukup ya disatuin aja. Tapi, kalau udah sekali dipisah, ada kemungkinan berantem kalau digabung lagi sama ortunya (udah gak dianggep anak kali :p ).

  57. Owh gitu ya
    Aq gabungin dlu aja ya bwt bbrpa hari biar anaknya lbh mantap lagi
    O iya, klo misal beli yg cwo baru gpp ta?
    Katanya yg cwo hrs lbh besar dri yg cwe ato hrs lbh tua biar g berantem
    Nah ini si cwe gembrot gede sama uda tua juga, jahat bgt lagi
    Gpp ta klo asal beliin cwo bwt dia?

    • Hmm… kayanya ga usah beli cowo lagi, soalnya kalau udah tua n gede gitu cenderung agresif dan bisa jadi berantem sama yg baru. Paling, anaknya yang cowo aja biarin sama dia, ntar juga (biasanya) bakal hamil lagi. Sabar, jangan banyak2 hamsternya ntar kerepotan loh (kaya saya)

      • Ooowh g usa beli hamster baru ya?
        Tapi kasihan dia jdi janda
        Klo gtu nanti aq comblangin sama anaknya brrti gpp ya?
        Anaknya masih muda loo
        Dia masih bru aja kebuka matanya tdi pagi ini
        Trus gtw ada yg cwo ato ndak soalnya blm d cek sama blm berani d pegang
        Bukannya enak ya klo anaknya banyak?
        Aq koq pingin ya klo hamsternya jdi banyak, mumpung lgi libur kuliah
        Jdi bisa urusin hamster smpe bosen🙂
        O iya salam kenal ya
        Aq vania😀

  58. O iya, salam kenal ya
    Aq vania
    Blm kasi tw nama dei yg lalu
    Aq uda semprot obat pembunuh kutu merek kitty
    Spray kutu KITTY gtu sih tulisannya
    Bwt hewan peliharaan tpi hamster juga boleh katanya
    Tpi kpq g ada kutu yg mati rontok ato kluar ya?
    Tanda” kutunya uda kluar ato mati itu gmn?
    Kyknya anakE uda ketularan kutu deh😦 soalnya uda garuk” terus:'(

  59. Mau tanya, hamter saya dari tadi siang tidur terus dan nafasnya tersenggal2. Saya udah coba bangunin sampe saya guling2in tapi ngga bangun2 dan masih bernafas. Kenapa ya? Kalau pun terkena flu hidungnya ngga basah.. help please…😥

    • Biasanya kalau nafas tersenggal2 dan gak bangun2, itu salah satu tanda mau mati (pengalaman saya). Saya juga kurang ngerti cara ngobatinnya gimana…😦

      • Mau tanya kalo ngebersihin kandang hamster brpa kali ya? Terus apa saja makanan yg baik buat kesehatan hamster?

  60. intan veronica

    Om aq mau tanya donk.. aq punya 5 ekor baby hamster roborovsky, umur ny udh 3bulanan.. tp knp badan ny tuh kecil kyk msh umur 1bulan yah? Padahal makananny sll full, mnm ny jg aw kasih vitamin.. kadang suka aq ksh jelly jg.. trs baru2 ini mati 2 ekor.. mati ny tiba2 gt.. aq pikir lg tidur.. ternyata ud mati..😦

    • Hmm, kalau roborovsky sy juga kurang tau, tapi kalau kasusnya di campbell, sepertinya bisa jadi faktor kandang atau stress. Roborovsky cenderung lebih kecil ya badannya kalau dibanding campbell, jd sy kurang yakin juga segimana besarnya 1 bulain itu. Tapi, kalau udah 3 bulan, berarti itu udah berhasil survive kan artinya. Maaf gak terlalu membantu

  61. Nyesel ga baca postingan ini dr kemarin2😥 2 hams ku mati semua, aku ga tau kenapa, setau ku, mereka sbelum mati tu bunyi bunyi gitu, kayanya berantem.yaudah aku pisahin. Eh esoknya hams ku yg lemes itu dia meninggal dlm keadaan hamil *tragis ya* eh besoknya yg satunya karna dia kena pipisnya sendiri trus aku mandiin pakek air karna kotor,trs aku jemur *salah ku sendiri* eh iya, mau tanya, kalo hams cowok sm cewek itu di campur 1 kandang gapapa kan? Ga berantem kan? Tapi kok mreka jadi mati-_-

  62. Halo samy , aku mau nanya dong , hamsterku kayak lagi lemes gitu , mungkin gara gara kakinya sakit , cara ngatasin kaki hamster yang sakit gimana ya? Dia awalnya mau dikasih vitamin merk vita gel, tp sekarang gamau…

    • Hmm, kalau lagi lemes gitu ya susah ya. Pastikan aja suplai makanannya terus ada, sy jarang pake vitamin2an, asal makanannya udah bergizi (variasi pelet n biji2an). Sy kalau kaki hamsternya sakit ya dibiarin sampai sehat biasanya sih

  63. Kak Sammy, salam kenal aku kan beli Hamster Winter 2 (jntan dn btina) terus setelah bbrapa minggu Hamster betinaku suka bunyi cit cit cit, padahal si jntan ga ngapa-ngapain, atau diem aja, itu kenapa ya Kak?

  64. hemster saya sakit entah sakit apa saya tdk tahu tapi semacam struk setelah dia kawin

  65. Aku newbie melihara hamster, punya hamster dominant spot 2 , cewe dan cowo. Awalnya pas mereka di masukin ke kandang gamasalah tp besoknya itu sering bunyi cit cit pas diliat mereka lagi beduaan gtu aku kira mereka lagi main taunya besoknya aku sadar klo mereka berantem, yg cowo idungnya merah ky luka dan hari berikutnya tangannya luka2, miris liatnya yaudah aku pisahin keduanya dan aku nyoba nyembuhin lukanya pake air hangat dgn cotton bud dan aku pakein betadine. Nah skg hamsterku suka mainin tangannya mungkin perih ato gatel trs tidurnya ky membungkuk gtu dan napasnya juga jd aneh. Itu gejala kenapa ya? Aku takut hamsterku mati:( miris ngeliatnya:'(

    • Hmm, saya juga pernah kejadian kaya gitu dan terus aja diobatin sampai kering. Mainin tangan itu dijilat2 maksudnya? Mungkin itu juga lagi berupaya buat nyembuhin lukanya

  66. Hamster klo ga dikasih minum 1 malem aja bakal mati ga??

  67. saya mau nnya,kenapa ya sejak prtama saya beli hamster dia ngk prnah minum,trus setiap hari saya kasih sayur,apa itu tdak apa2?

  68. sy nk tnya..sy ada hemster..die tiba2 je mati,,,sebelum tu die segar..duk bermain2..tiba2 die snyap dan die mati dgn tiba2…dan hamster yg segar lain pn turut mati..sebelum tu dalm keadaan segar jgak..dh satu persatu hemster lain ..dlm mati..dalam setegah jam..semua hamster mati..knpe berlaku ek??sankar die semua ok..keadaan bersih..makanan pn bru je letak..tra bg penyelasan..untuk di kongsi..sebab sy rasa pelik sngt knpa ini berlaku??

    • Probably, you should see if it is because of the heatstroke. That’s one possible explanation–If you put the cage in a place with direct sunlight. Try to put the cage somewhere else. Otherwise, I’m not really sure. There’s a small possibility of other cause, such as virus and such.

      • Halo ka, hamster aku jantan namanya hiro. Kemarin masih lincah, mau makan apa aja. Sekarang jadi milih2 makanan terus tidur mulu dan suka gigitin jarinya. Itu kenapa ya?

  69. Mau nanyaa de. Mamoru hamsterk. Dia umur 19/20 bulan. Bulunya rontok parah lemas dan gak napsu makan padahal siangnya saya saya kasih susu dia masih mau… Kira2 knp y? Mohon di bls: (

  70. Pakai bedak apaan?

  71. Assalamualaikum , mau nanya nih . Hamster saya abis lahiran (entah semalem atau kemarin sore) ,tapi bayi nya skrg ga gerak . Daritadi saya comot(ambil) anak nya dari kandang nya dan saya taro di tangan , pas induk nya saya taro di tangan juga eh si anak dibawa sama dia dan dimasukin lagi ke kandang , kejadian nya berulang daritadi karena saya penasaran itu bayi nya mati apa engga . Kira2 yg saya lakuin itu salah apa engga ? Terus anak nya bisa selamat apa engga kalo udah ga gerak begitu ? Skrg sih udah tak diemin lagi tuh di kandang Si induk dan bayi nya , terimakasih mohon dijawab🙂

  72. Kalau induk hamster saya yg ß̍̍̊ά̲̣̣̣̥®υ̲̣̥ ngelahirin setiap hari di intip. Malah di maini. (Tapi gk di pegang anak’a cuman di liat). Tp induk’a gk makan anak”a tuh. Eh tp pas umur anak’a 8 hari induk’a mendadak gk bisa melek mata’a n 2hari kemudian udah mati d kerubungin semut Lά̲̣̥”Ĝΐ.

  73. Hamster saya beranak,kata blog manapun kan jantannya harus dipisah ya? Tp ini pas dipisah jantannya malah kayak gelisah gitu. Pernah dicoba balikin,tp parno anaknya bakal dimakan kayak kata blog blog lain. Akhirnya saya balik pisahin, tp dia gelisah trs,kayaknya dia lebih seneng bareng kekuarganya deh. Ini gimana ya?

    • Kayanya mending coba digabung tapi sambil diamatin. Kalau pas digabung ternyata adem ayem aja, gak berantem2 gitu, ya kayanya digabung aja. Saya juga dulu jrg dipisah kok jantannya, malah suka bantuin anget2 gitu. Good luck ya !

  74. saya mau tanya kalo hamsternya banyak dikasih sayur bahaya gak?

  75. Saya mau tanya kalo hamster dikasih sayur bahaya gak?

  76. Hamster aku ada 2 cewe cowo buluks ama caplangs tapi kok mrka galak ya suka gigit” tangan aku 😢 trus suka manjat” kya onyet apa dya stres / gila 😭

  77. min, hamster aku tdnya lincah n aktif tiba2 diam aja..
    pas aku ambil hamsnya malah kejang2 n ga lama mati..
    itu heatstroke jg?
    sedih bgt nih huhu😥

  78. memangnya kalau ada kutunya mati?tapi kalau punyaku si ada kutunya nggak apa-apa cuma gulung-gulung sebentar terus lincah-lincah lagi.ah itu paling punya kamu terlalu banyak kutunya atau nggak kamu yang punyak kutu banyak terus nular.hahahahahahahahahahahahahahah.mangkannya nular sampai mati.hahahahahahahahahahahhahahahahhahahahahahaahahhahahahahahahahahahahhahahahhahahhahahhhhaaahhahahahahahahahaahahahahhahah

  79. Makanan hamster yang baik itu apa ya?

  80. Maaf saya mau tanya kok hammy saya suka makan sambil tiduran yaa| juga kalau saya ajak keluar dia suka tidur dan suka dipojokan sambil garu garuk

  81. hamsterku miring terus, lemas dan matanya nutup terus itu kenapa ya ?

  82. hamster saya kalau abis makan ko tidur ya ? knp itu

  83. saya nak tanya , klau mata keluar lendir warna kuning , macam mana

  84. mau nnya hamster sya yg jantan kok lemas gtu yah pdhal kmarin baik” aja skrang di lemas gtu trus itu smacam biji dbagian bawah.a kok bsah yah

  85. trus klau dia buang kotoran .kotoran.a itu slalu nyangkut didua biji yg ada dbawa..Itu knpa yah..

  86. Mau tanya hamster kalau kaki belakangnya diseret² gitu kenapa ya?
    Ada yang bisa jawab pertanyaan saya..
    Jawab pliss

  87. Hai.. Kalau hamster memakan temannya itu tinggal sisa tulang kulit dan bulu ya? Atau bisa habis semuanya? Saya punya sepasang hamster, tb2 yang satu ga ada. Sudah dicari di seluruh rumah juga ga ada. Takutnya dimakan sama betina tp tdk ada tulang atau bulunya di kandang.

  88. hai
    saya punya hamster syrian yg baru melahir kn ank 8,tpi 3 hri kemudian ank nya mati satu, lusa nya mati lagi, dan hari ini jga mati keadaan badannya keras, gimana y ini 😨

  89. halo gan selamat siang, tuhan memberkati.
    gan sebenernya 3 hari yang lalu nih kematian hamster saya, jenis lilac fawn usia kurang dr 1 bulan lebih dari 3 minggu, nah suatu saat dia itu sering di bully sm temennya, saya udah tau pasti akhirnya dimakan, jadi saya pindahin tuh yang lilac fawn. sesudah itu keesokan harinya masih normal, suatu saat saya begadang di kamar soalnya hamster yang dibully saya simpen di kamar ga d ruangan yang biasa saya simpen hewan2 saya. pas gadang itu gan, si hamster masih saya jailin soalnya suka tiba2 berbaring kalo d pegang masih kecil lah. nah saya kasih makan, saya beri kasih sayang :’) jam set 1 malem itu, saya tidur pas jam 6 bangun itu hamster mati, kalo heat stroke sih engga, tapi matanya ilang gan, kaya dimakan apa gitu, trus makanan hamsternya jg ilang, entah kemana. saya pastiin kalo di kamar ga ada kucing, ga ada hamster kabur, ga ada landak kabur ga ada musang kabur, semua hewan saya di ruangan hewan, lengkap semuanya, itu jadi pertanyaan saya sampe sekarang, kenapa bsa gitu. sebenernya kalopun tidak di reply gpp gan, yang sudah biarlah sudah, tapi kalo punya teori kenapa matanya ilang berdarah di kepalanya tolong kasih tau ya gan. terima kasih bayak. gbu🙂

  90. hamster saya barusan jatuh sekitar 1m trs dia menjerit gitu pas saya pegang 2 kaki belakangnya gk bisa jalan😥 kira kira harus diurut atau bagaimana ya

  91. mau nanya,saya masih pemula untuk memelihara hamster.pas baru beli sekitar 4 hari kakinya hamster yang belakang kok tiba2 ilang satu ya.apa dimakan pasangannya atau gimana ? .tolong penjelasannya.trims

Leave a Reply

