Hamster #2 : Pakan Hamster

Bagi para pemelihara hamster yang bijak, makanan yang sehat untuk hamster adalah hal yang wajib, bukan hanya sekali dua kali tapi memang harus kontinu. Berikut adalah daftar makanan hamster yang dapat diberikan (dan gak usah ragu untuk memberikan makanan ini pada hamster)

1. Buah-buahan (Apel, Pisang, Anggur, Blueberry, Stroberi, Raspberi, Tomat)
Seperti manusia, hamster juga suka buah-buahan. Untuk apel, berikanlah potongan-potongan yang kecil dalam porsi yang sedikit sekali, karena jika sudah teroksidasi (jadi coklat) hamster suka gak tertarik lagi. Untuk buah lainnya juga sama, meskipun buah ini baik tapi jika porsinya terlalu banyak (atau terlalu besar potongannya), biasanya akan ada lalat buah hinggap dan agak bau jika terlalu lama dibarkan. Bijak-bijaklah, 1/4 potong stroberi untuk 1 hamster dewasa sudah cukup kok.

2. Sayur-sayuran (Wortel, Kentang (boleh direbus atau mentah), Kembang Kol, Jagung (dipretel), Toge, Kol)
Toge adalah makanan yang paling didemenin hamster lho, dan paling cepat habis dibandingin sayur lainnya. Kembang kol juga cepet habisnya. Jagung juga sama. Tapi, wortel dan kol lebih lama habisnya menurut pengamatan saya, kelihatannya karena kadar air di dua sayur itu cukup tinggi. Meskipun ini makanan yang sehat, tapi karena mengandung air (sama seperti buah), jangan memberinya terus-terusan, harus diselingin oleh makanan lain lho.

3. Biji-bijian (Kacang Kedelai, Kacang Hijau, Kacang untuk Burung, Biji bunga Mathari)
Biji-bijian di sini adalah yang biasa di dapet di toko burung lho, yang kecil-kecil warna merah, coklat, dan putih. Kacang keledai (eh, kedelai) ama kacang hijau juga bisa, tapi biasanya ini kurang favorit. Kacang-kacangan memang biasanya jadi makanan terakhir yang dimakan hamster, tapi sangat baik sebenernya untuk hamster dan jarang jadi biang penyakit. Biji bunga matahari biasanya jadi favorit mereka, dan biasanya paling pertama dimakan ama mereka loh. Meninggalkan jenis makanan ini di kandang tidak menjadi masalah karena tidak mengandung air.

4. Pelet (Biskuit Anjing, Pelet Ikan, Pelet Kelinci)
Jika mepet-mepet banget gak punya makan, pelet yang biasa dimakan ikan (yang buat akuarium atau kolam) sama biskuit anjing/kucing juga bisa jadi opsi hamster loh. Diet ini mengandung banyak protein dan sedikit air, sehingga menyehatkan. Hamster juga suka loh (terutama pelet ikan, gak tau kenapa hamster saya demen banget ini, paling pertama disembunyiin lah sama dia biar gak direbut temen-temenya), tapi biasanya jarang habis karena mereka juga pengennya porsi sedikit. Tapi berhubung tidak gampang basi, meninggalkan banyak makanan ini di kandang tidak jadi masalah.

5. Telur Rebus, Ikan (sudah dimasak), Daging Ayam (sudah dimasak), Daging Sapi (sudah dimasak)
Yang ini agak mewah. Berhubung hamster adalah omnivora a.k.a kanibal, daging dan telur pun disantapnya. Saya kadang ngasih telur rebus kalo lagi kehamilan, katanya biar anak2nya sehat-sehat. Tapi lagi-lagi, untuk tipe makanan ini, beri porsi sedikit, karena kalo gak abis suka bau dan jadi biang penyakit.

6. Nasi (masak) ,  Pasta (masak)
Emm… ini mewah juga dah, lama-lama udah kaya orang aja nih. Ini juga bisa menjadi alternatif. Sama seperti kasus daging-dagingan, ini juga diberi porsi kecil, karena gampang bau.

7. Roti, Yogurt, Keju
No comment buat yang ini. Coba aja dah, ini kalo beneran mepet loh. Saya pernah nyoba dikasih keju dan mereka lumayan suka (tapi harus potongan-potongan kecil loh).

8. Daun Dandelion
Ini bener-bener buat yang gak ngemodal. Udah ke kebon sana ngambil daun bunga dandelion, dijamin pada demen dah.

Well, itu aja jenis-jenis pakannya. Selamat memberi makan, salam hamster :3

About Samy

A master student of Division of Mathematics, Graduate School of Information Science, Tohoku University, Japan. Have this cheerful and wise personality; but can be a boring nerd sometimes. Love learning languages, "designing" books, reading, doing math, cooking, and breeding hamster. Feel free to contact me here : samy.baladram[at]facebook.com

Posted on August 17, 2012, in Hamster :3. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: