Profil Hamster #1 : Si Babeh

Saya mau share tentang profil-profil hamster-hamster favorit saya. Yang pertama adalah hamster yang kami (saya dan adik perempuan saya) sebut “Si Babeh”.

(Si Babeh (kanan) sedang berusaha mencicipi air minum).

Profil Si Babeh : Si Babeh adalah hamster Campbell dengan warna Dove (abu-abu muda dengan mata merah dan di bagian leher warnanya agak putih, tapi belum mencapai putihnya jenis warna Silvering). Beliau adalah Generasi II dan sekaligus hamster tertua yang saya punya sekarang (setelah selamat dari serangan Heat Stroke dan wabah kutu). Beliau telah menghamili hampir 10 hamster dan memiliki keturunan yang sangat berlimpah ruah. Beliau adalah hamster yang pendiam. Jika diberi makan 1 kandang, beliau selalu makan paling akhir, memberikan kesempatan pada para ibu yang haus akan vitamin dan protein.

(Si Babeh (kiri bawah) saat berumur sekitar 10-14 hari, lahir di pertengahan Oktober 2011)

Pada saat lahir, Si Babeh adalah hamster yang sangat kurus. Dari 5 anak (saya agka lupa), 3 anak yang berhasil bertahan, yakni yang di atas. Ibu si Babeh meninggal karena serangan kutu yang mewabah ke semua hamster saya, dan menyisakan hanya 3 ekor hamster di atas tersebut, hingga kami di rumah sangat khawatir hamster kami semua punah.

Si Babeh, tanpa disangka-sangka, tumbuh menjadi hamster yang sangat bugar, tentu kedua saudaranya juga bugar. Tapi, Si Babeh adalah hamster yang tidak banyak bergerak, tidak banyak bermain di roda pula. Kakaknya si Babeh (yang warna putih) dipasangkan dengan 1 ekor hamster yang adik saya beli, dan menghasilkan 5 ekor anak hamster, ke-5 nya perempuan. Pada saat yang bersamaan, hamster yang lain pun melahirkan, 8 ekor hamster kembar identik (sisa 6) dan lagi-lagi semuanya perempuan. Hingga pada saat itu, hanya Si Babeh dan kakaknya pejantan yang saya miliki.

Si Babeh pun mulai kami percaya untuk menghamili anak-anak dari kakaknya (yang 5 ekor itu). Namun, tak berapa lama, serangan Heat Stroke melanda hamster kami, dan kedua saudaranya meninggal dunia.

(Kedua saudara Si Babeh yang meninggal dunia terkena heat stroke. Saya agak kurang yakin, apa yang kanan itu saudaranya atau bukan, soalnya udah nyampur, warnanya sama kaya gitu semua)

Sejak saat itu, Si Babeh adalah satu-satunya pejantan yang kami punya dan kami percaya. Beliau dengan perawakan tenang, dengan perlahan tapi pasti, selalu berhasil membuahi semua betina yang sekandang dengannya (kecuali 1 betina yang saya beli, yang keliatannya udah mandul. Sudah1 bulan sama Si Babeh tapi gak hamil-hamil). Hingga sekarang, hampir 10 hamster yang berhasil hamil karena Si Babeh.

Sekarang, per tanggal 23 Agustus 2012, si Babeh sudah berumur10 bulan dan masih tetap bugar bersemangat.

About Samy

A master student of Division of Mathematics, Graduate School of Information Science, Tohoku University, Japan. Have this cheerful and wise personality; but can be a boring nerd sometimes. Love learning languages, "designing" books, reading, doing math, cooking, and breeding hamster. Feel free to contact me here : samy.baladram[at]facebook.com

Posted on August 23, 2012, in Hamster :3. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ kenal

  2. aku mau tanya,
    aku punya hamster yang udah ngelahirin anak 3, udah hampir 1 minggu ini, pejantan sama betina nya aku pisah. buat yang betina aku sering kasih saun katu biar air susu nya banyak, nah baru aja ini aku nemuin betina nya mati gara” kesangkut kandang yang berongga dari besi. langsung aku buang yang betina. yang jadi pertanyaan saya, bagaimana nasib hamster kecilku yang baru berumur 1 minggu? gimana kasih air susunya? udah aku coba pake susu full cream, minumnya pake cottom but. dan apakah harus pejantan nya di gabungin ke anaknya biar ngasih kehangatan? terima kasih!

    • Kalau jantannnya udah dipisah lama jangan digabung nanti dimakan. Hmm, susah juga ya, mungkin lanjutin aja metode dengan susu itu nampaknya sy gak nemu jalan lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: