Hamster #6 : Kebiasaan dan Kebutuhan Hamster

Layaknya makhluk hidup lainnya, hamster juga memiliki berbagai macem kebiasaan. Kebiasaan itu memang datang secara naluriah ataupun ngikutin induknya. Berikut berbagai kebiasaan hamster yang sering terjadi di rumah saya.

1. Gigit-gigit
Bukan hamster namanya kalo gak gigit-gigit, kebiasaan gigit-gigit ini sebenernya karena pertumbuhan gigi hamster yang konon katanya cepat dan ada semacam kebutuhan untuk “mengasah” gigi mereka.

Biasanya, hamster akan menggigit-gigiti jeruji (jika kandang jeruji) ataupun berbagai benda yang emang bisa digigit. Biasanya mereka punya “chewing spot” masing-masing. Jika kandang jeruji yang dicet, biasanya akan terlihat bekas cat besi yang mulai ilang di beberapa bagian.

Jangan khawatir, selama ini kayanya bagian cet itu gak masalah. Kandang yang terbuat dari bahan mudah dikunyah (karton, kayu) juga menjadi santapan yang oke, terutama di bagian pinggirannya. Ini pas banget difoto lagi gigit-gigit :3

2. Minum
Hamster bisa minum? Jelas lah. Hamster juga butuh minum seperti makhluk hidup lain. Biasanya, di alam liar, mereka minum dari kubangan air (kaya kucing gitu). Tapi, karena kayanya repot bikin kubangan air di kandang, biasanya kita kasih semacem dot buat mereka. Mereka bisa minum mungkin sekitar 10 – 20 cc sehari (sekitar satu sendok makan), jadi sebenernya gak repot.

Tempat minum hamster banyak macemnya. Warning banget buat yang mau beli tempat minum hamster nih. Ada 3 tipe yang saya tau.

a. Tipe Dot Laboratorium
Saya gak tau nama resminya, tapi saya pernah liat di lab mirip kaya yang gambar paling kanan. Ini adalah dot yang TERBAIK menurut saya. Gak pernah bocor, tahan lama. Tapi sayangnya, agak susah dibersihin karena bentuknya yang sulit dijangkau pake sikat gigi. ini dot favorit saya

b. Tipe Rolling Ball with Rubber
Di gambar yang paling kiri. Ini tipe yang ada bola kecil di ujung (mirip ball point) dan ada Karet berbentuk cincin pipih di dalem dotnya, yang konon untuk antisipasi biar gak terlalu banyak bocor. Ini salah satu yang terburuk kata saya. Soalnya, ini sering banget macet atau malah bocor. Saya beli 3 yang kaya gini dan semuanya gitu, kadang jalan kadang tidak. Hindari beli yang seperti ini

c. Tipe Rolling Ball without Rubber
Nah, di gambar adalah yang tengah, mirip yang paling kiri cuma ini gak ada karetnya. Ini juga recommended, karena jarang bocor dan awet juga. Kalo ternyata pas beli ternyata gak keluar (gak netes), coba cek apakah lubang di bagian dalamnya cukup besar. Saya beli ada yang gak netes, dan ternyata lobangnya kecil. Karena biasanya tutupnya ini dari plastik murahan, jadi gampang diperbesar pake lidi panas biar lobangnya nambah besar. Susah di jelasin kalo gak sambil megang bendanya deh.

3. Mandi Pasir

Kebiasaan lainnya adalah guling-guling dipasir. Sori yang ini gak ada fotonya, susah ditangkap kamera (kaya hantu aja, hehe)

Hamster berguling-guling buat ngebersihin badannya, karena kita gak mungkin nyirem hamster pake air. Katanya sih bakal langsung mati, tapi saya gak berani nyoba.

Ada 2 tipe pasir. Yang zeolit kasar, sama yang zeolit olahan

About Samy

A master student of Division of Mathematics, Graduate School of Information Science, Tohoku University, Japan. Have this cheerful and wise personality; but can be a boring nerd sometimes. Love learning languages, "designing" books, reading, doing math, cooking, and breeding hamster. Feel free to contact me here : samy.baladram[at]facebook.com

Posted on August 25, 2012, in Hamster :3. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: