Hamster #7 : Persilangan Hamster (Cross Breeding Hamster)

Bagi yang sudah ketagihan hamster, biasanya mereka mulai tertarik untuk mengawin silangkan hamster. Tujuannya ya tentu saja untuk mendapatkan varian hamster-hamster yang baru.

Winter White Dwarf Hamsters

Kawin silang yang dimaksud di sini adalah perkawinan antara hamster Campbell dengan hamster Winter White. Perkawinan antar hamster Campbell dengan warna yang berbeda masih tergolong perkawinan biasa. Saya sendiri tidak punya hamster Winter White, tapi saya coba jelasin disini. Ini saya sadur semua dari situs http://www.hamster-club.com/article.asp?ID=158 .

Persilangan hamster, di satu sisi, sangat tidak direkomendasikan karena berbagai alasan.

Sekilas, Campbell dan Winter White terlihat mirip dan memang satu kerabat tapi keduanya memiliki sifat-sifat genetis yang berbeda.

Keduanya memang berasal dari Russia namun keduanya berasal dari wilayah yang berbeda dan pakan sehari-harinya pun berbeda.

Di alam liar pun, kedua jenis hamster ini tidak bertemu satu sama lain. Masing-masing hanya kawin dengan jenisnya sendiri

Campbell's Hamsters

Persilangan kedua jenis hamster ini akan sangat berbahaya baik untuk hamster maupun bayi-bayinya. Biasanya, bayi-bayi hamster hasil persilangan mudah terkena penyakit, terjangkit obesitas, mandul, dan bisa saja mengalami diabetes, gagal ginjal, glaukoma, kanker, dan cacat pada kaki.

Juga, patut diperhatikan bentuk tubuh kedua jenis hamster ini. Untuk pemula, biasanya sulit untuk membedakan jenis hamster ini, tapi nyatanya kedua jenis hamster ini memiliki bentuk fisik yang berbeda.

Jika kedua jenis hamster ini disilangkan, akan muncul masalah bagi bayi-bayinya, terutama jika ibunya adalah jenis Winter White. Jenis Campbell sendiri memiliki bentuk ukuran yang lebih besar dengan bentuk kepala yang lebih besar dari hamster Winter White.

So, sebaiknya jangan melakukan persilangan hamster. Terlebih lagi dengan spesies hamster yang berbeda seperti Roborovski yang jelas-jelas memiliki jumlah kromosom yang berbeda.

About Samy

A master student of Division of Mathematics, Graduate School of Information Science, Tohoku University, Japan. Have this cheerful and wise personality; but can be a boring nerd sometimes. Love learning languages, "designing" books, reading, doing math, cooking, and breeding hamster. Feel free to contact me here : samy.baladram[at]facebook.com

Posted on August 25, 2012, in Hamster :3. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Jadi gaboleh ya kawin silang,roborvski sama champbell

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: