Goodbye, Indonesia![Beasiswa Monbukagakusho 2013]

The day finally come. Hari ini adalah hari penantian setaun perjalanan panjang ngedapetin nih beasiswa. Kalau melihat ke belakang lagi, ternyata panjang juga penantian ini. Sempat sebelum berangkat melihat situs kedubes dulu dan tau-tau udah dibuka aja pendaftaran untuk keberangkatan taun depan. Berasa de javu, soalnya emang tanggal 1 April taun lalu rasanya saya emang lagi buka situs kedubes itu.

Untuk tempat tinggal, ternyata udah diurus sama univnya jadi agak tenang.

Packing-packing udah kelar dan sempet PANIK gara-gara semua orang di grup facebook pada bawa barang-barang ampe 40an kg! Itu bawa apaan aja coba, saya cuma 22 kg ditimbang di rumah.

DSC_0204

Dan dua hari sebelum berangkat itu paniknya gara-gara itu. Udah chatting ama temen-temen yang lain dan hasilnya emang saya (sepertinya) satu2nya yang bawa 1 koper dan 1ransel. Tapi ya udah lah karena bingung mau bawa apa, malah gak dipake nantinya, akhirnya dengan bacaan hamdalah, ditutuplah koper dan ransel itu.

Hari itu pun saya pamitan sama tetangga sebelah, gak enak kalo tiba-tiba ngilang. Juga pamitan ma orang-orang yang biasa ketemu di masjid. Sesungguhnya, hari itu gak sedih-sedih amat, malah sangat excited karena emang ini udah banget-banget lama nunggunya.

Tante dan nenek pun ikutan dateng ke rumah dan nganterin ampe bis Pemadu Moda di Batununggal buat naik bis dari Bandung ke Bandara Soekarno-Hatta. Ortu n adik pun ikutan naik bis, tapi say goodbye ke yang lain pas di halte bus itu.

Kurang lebih 3-4 jam perjalanan dari Bandung ke Bandara di bus yang sepi itu, dan tibalah di terminal 2D, tempat penerbangan JAL, sekitar jam 5an waktu setempat. (sayangnya gak difoto…)

Ternyata, sudah ada yang lain yang nunggu dari siang bolong dan mojok bareng yang lain. Karena bareng ortu, ya saya sekali-kali bareng ortu, sekali-kali bareng mereka. Penantian panjang pun kembali di mulai, dari jam 5, mesti nunggu ampe jam 8 buat check in. Mundar-mandirlah kita di sana. Setelah solat magrib dan nge-teh di depan Dunkin Donuts, saya pun menuju tengah-tengah terminal 2D dan bergabung bareng yang lain.

Karena kita banyak banget, diabsenlah kita satu-satu di sana dengan bejibun bawaan yang didorong2 pake troli.

DSC_0269
(Mas Ircham, yang pake baju batik, ikutan riweuh ngurusin kita-kita yang mau berangkat ini. Tuh liat sendiri kertas absen lagi dipegang kan, udah kaya rombongan umroh)

Walau sempet hilang 1-2 orang, kita pun masuk dah ke dalem (dan masih bisa keluar) untuk masukin bagasi kita. Passport ma tiket udah siap ditangan dan bagasi pun masuk deh ke alat scan dan badan kita pun diperiksa jelas. Di dalam pun, kami antri untuk penerbangan JAL dari DSC_0271

(Nadine, yang pake kerudung pink, udah duluan aja nih, ini udah kaya antri disupermarket pake troli segala)

Di antrian ini, diperiksa barang bawaan kita dan mulai paniklah semua yang bawaannya overweight dan udah mulai agak pucet-pucet gimana gitu mukanya sambil menyiapkan dompet kalau-kalau beratnya berlebih.

Saya ngantri tengah-tengah sih dan sempet nanya-nanya dulu ke depan yang udah beres, katanya sih overweight gak apa-apa. Di konter itu pun biasa diminta passport dan entah apa yang mereka lakukan. Rasanya sih dikasih boarding pass sama tiket untuk nyantai di lounge.

Giliran saya pun tiba dan agak deg-degan kalau-kalau overweight. Dan… inilah hasilnya

DSC_0272

What the??? Perasaan pake timbangan rumah cuma 22 deh dan untungnya gak kena tambahan biaya lah dan hanya bayar 150.000 untuk pajak penerbangan (liat di atasnya deh, ada tulisan bayar 150.000)

Bersama Dewiputri yang jadi soulmate setengah hari, kita pun ditakdirkan untuk bersama karena tiket lounge nya 1 untuk berdua.

Dari sana, saya pun masih bisa keluar lagi dan ketemu sama orang tua dan say goodbye. Setelah itu, saya masuk lagi sambil menatap barisan jadwal penerbangan kita yang udah nemplok di papan pengumuman keberangkatan.

DSC_0275
(Penerbangan untuk anak-anak monbusho adalah JL 726, kedua dari bawah)

Setelah itu pun, kita masuklah ke dalam dan ke dalam dan dicek lagi di bagian imigrasi untuk dicap apapun itu. Pokoknya selama di bandara, ni passport udah gak tau berapa kali diperiksanya.

Dan, amazingnya setelah dari bagian imigrasi itu. Tiba-tiba, tibalah saya di suatu Mall yang aneh.

DSC_0276

Biasalah, belom pernah ke bandara namanya juga. Jadi, di sana tuh udah kaya mall, banyak tempat-tempat belanja dan baru seumur idup ngeliat ada toko yang jualan khusus minuman keras.

DSC_0277

(Kalo saya nanya aer putih digamparin kayanya)

Sempat mundar mandir juga, pengen tau lounge nya di mana. Sejujurnya, yang dapet tiket lounge itu gak semua loh, jadi saya termasuk yang beruntung. Hehehe.

Setengah jam mondar mandir sana sini, cuma liat-liat doang, soalnya harganya ajegile semua, cem-cem untuk turis luar, bareng-bareng beberapa orang yang terpisah ini, akhirnya kamipun memutuskan untuk nemplok di lounge untuk beberapa saat.

Itu lounge aslinya lah. Udah kaya bos-bos mentereng gitu kita duduk disana (gak pantes keliatannya malah, hehehe)

DSC_0278

Masalahnya adalah di sana boleh makan apa aja! Kenapa gak dari tadi nemplok di sini!!! Alhasil, cuma makan nasi goreng doang nah ama tahu ulek (gak tau nama kerennya apa). Setelah jadi eksmud setengah jam, pergilah kita dari sana (sayang banget…).

Sebelum masuk ke daerah deket-deket pesawat, kitapun dicek lagi dan buat yang bawa gunting dan teman-temannya udah ada kotak donasi khusus, karena gak boleh di bawa, yang isinya gunting dan sejenisnya. Minuman dari lounge pun disita (padahal pengen), tapi ya sudahlah.

Kamipun masuk ke dalam lagi, dicek paspor lagi, dan udah gak ngerti kali ini buat apa dicek paspor.

Di dalem pun, deket lorong masuk pesawat, kita nunggu sejenak.

DSC_0280

Sebelum masuk, disambut lah kita oleh pramugari dan pramugara pesawat JAL dan deket dari sana, dari kaca besar, bisa keliatan pesawat yang bakal kita naiki.

DSC_0282

Masuklah kita ke lorong-lorong waktu itu untuk masuk ke dalam pesawat. Nyaris, jaket saya ketinggalan di kursi, jadi pas udah masuk lorong-lorong itu saya lari balik ke tempat nunggu  yang udah gak ada orang dan untungnya jaket saya masih di sana. Wah, jaket mahal nih (yang nanti di Sendai, benda inilah yang menjadi penyelamat setiap saat).

DSC_0281

(Lorong menuju pesawat)

Dengan perlahan, disambut oleh pramugari dengan Asian beauty mereka, saya pun menginjakkan kaki ke dalam pesawat dan di tunjukkan arah ke kursi. Duduklah saya, sebelahan sama Ida Bagus sama Mba Fatmawati.

Gak salah lah, ini harga tiketnya 2000 USD, pelayanannya manteb banget. Di depan tiap kursi penumpang ada monitornya dan di monitor itu kita bisa ngelakuin macem-macem! Ngeliat bird-eye kamera pesawat, maen game, dengerin musik, nonton film (yang udah disediakan dan up-to-date juga), ngeliat map posisi pesawat udah di mana, baca informasi tentang Jepang, dan lain-lain (yang udah gak inget). Remote control ajaib pun udah tersedia di tiap pinggir kiri kursi penumpang.

DSC_0284

Setelah menunggu beberapa saat (sambil mencet-mencet tuh remote), pesawat pun siap berangkat, dengan tutorial memasang seat-belt yang muncul di monitor depan kursi.

Akhirnya, pesawat pun mulai bergerak sangat pelan dan ketegangan menyelimuti. Saya pun berdoa disana, berbagai macam doa yang terngiang di pikiran, dan mulai menyiapkan diri. Pesawat makin kencang, dan dari bird-eye monitor kita bisa ngeliat garis-garis kuning dan lampu-lampu pinggir landasan yang berkelap-kelip.

Makin lama, makin kencang dan diiringi dengan getaran, pesawat pun lepas landas. Alhamdulillah, akhirnya, kembali mengingat kejadian-kejadian masa lalu, melewati berbagai cobaan, berbagai penantian, berbagai kecemasan, berbagai perpisahan, saya pun meninggalkan Indonesia–menuju negeri matahari terbit, Jepang.

Tapi… inilah awal dari segalanya. Ya, awal dari berbagai kejutan yang akan saya hadapi di sana… This is just the beginning… just the beginning.

– The END –

(Lanjut ke part selanjutnya, Japan Here I come
First post : Welcome to… )

===========================================================
|| Kronologis Perjalanan Mengejar Beasiswa Monbukagakusho 2013
||
====================================================
Info Umum : Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho : MEXT) untuk Research Student
XX Januari 2012 : Awal Mula Segalanya
28 Maret 2012 : Tes TOEFL ITP
1 April 2012 : Pengumpulan Berkas
7 April 2012 : Membuat Field of Study dan Research Plan
28 April 2012 : Mengirim Berkas ke Kedubes (link idem dengan Pengumpulan Berkas)
11 Juni 2012 : Pengumumuan Hasil Seleksi Berkas
18 Juni 2012 : Tes Tertulis (link idem dengan yang atas)
5 Juli 2012 : Pengumuman Hasil Tes Tertulis
17 Juli 2012 : Wawancara
31 Juli 2012 : Pengumuman Hasil Wawancara
3 Agustus 2012 : Pengambilan Berkas Tambahan di Kedubes
13 Agustus 2012 : Mendapat Kiriman Letter of Acceptance
23 Agustus 2012 : Letter of Acceptance yang HILANG
2 Desember 2012 : Ikutan Tes JLPT N4
14 Desember 2012 : Pengumuman Hasil Secondary Screening
21 Januari 2013 : Pengumuman Penempatan Universitas
Februari 2013 : Surat Keputusan!!! Visa!!!
5 Maret 2013 : Info Keberangkatan
25 Maret 2013 : TOEIC untuk syarat S2
27 Maret 2013 : Pelepasan dan Orientasi
1 April 2013 : Goodbye, Indonesia!
===============================================

About Samy

A master student of Division of Mathematics, Graduate School of Information Science, Tohoku University, Japan. Have this cheerful and wise personality; but can be a boring nerd sometimes. Love learning languages, "designing" books, reading, doing math, cooking, and breeding hamster. Feel free to contact me here : samy.baladram[at]facebook.com

Posted on March 27, 2013, in Monbukagakusho 2013. Bookmark the permalink. 16 Comments.

  1. Assalamualaikum
    Nama saya rizki mas, mahasiswa semester 3, izin kan saya bertanya sedikit:
    1. Untuk tes tertulis yang sempat mas jalanin kemarin apakah soal bahasa inggris untuk yang undergraduate dan research students sama? soalnya waktu saya buka situs untuk soal tes tertulis 2010 yang mas kasi di blog, dengan hasil pencarian soal untuk keberangkatan 2013 yang saya dapat di situs kedubes memiliki kemiripan. Lalu, saya bandingkan keduanya, ada kata ” Undergraduated . Research students” jadi saya berasumsi kalau keduanya sama. Saya hanya ingin memastikan dari mas Samy.
    2. Kalau research plan itu sebaiknya disiapkan dari semester berapa kak? Apakah berdasarkan dari bahan penelitian tugas akhir nanti, atau bisa disiapkan lebih awal.
    Terima kasih

  2. Yolana A. Riyadi

    SUBHANALLAH,,, salut banget buat kakak atas keberhasilannya ke Jepang. Terima kasih sudah mau ngeshare pengalamannya saat daftar beasiswa sampai dapetin beasiswanya secara detail, itu sangat memotivasi saya dan membantu saya buat daftar juga beasiswa monbusho,, semoga kakak bisa sukses dan bermanfaat bagi Indonesia dan semoga suatu saat nanti kita bisa ketemu di Jepang ya kak, semoga, amin !!😀

  3. Hi Ka Sammy!i’m sure it is you,I don’t know if you’re going to read this or not but maybe I should have a little faith on myself,thanks to you I accepted in the same highschool as you are!:)

    • Hey, Avra.
      Highschool? You mean SMAN 8 Bandung?
      Congratulations! (I guess…) It’s scholarship blog, not high school entrance blog… Not really understand though😦 But anyway, keep up your good work!

  4. GOSHHH…you forget me didn’t you?haha no hurtfeelings,btw good luck on your scholarships

  5. Wah hebat, excelent deh pokoknya!!!!

  1. Pingback: Monbukagakusho scholaship in a (HUGE) nutshell | Well... It's Me

  2. Pingback: Beasiswa Monbukagakusho : Surat Keputusan!!! Visa!!! | Math and Adventure :)

  3. Pingback: Beasiswa Monbukagakusho 2013 : Hasil Secondary Screening | Math and Adventure :)

  4. Pingback: Beasiswa Monbukagakusho 2013 : Dalam Pencarian Letter of Acceptance | Math and Adventure :)

  5. Pingback: Beasiswa Monbukagakusho 2013 : Tes TOEFL ITP | Math and Adventure :)

  6. Pingback: Beasiswa Monbukagakusho 2013 : Hasil Wawancara | Math and Adventure :)

  7. Pingback: Beasiswa Monbukagakusho 2013 : Persyaratan dan Seleksi Berkas | Math and Adventure :)

  8. Pingback: Info Keberangkatan [Beasiswa Monbukagakusho 2013] | Math and Adventure :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: