JPN vs INA

Di sini, saya akan mencoba menuliskan apa aja sih yang ada di Jepang? Tujuannya sih ngeliat apa aja bedanya sarana/prasarana atau budaya di Jepang dan Indonesia. Secara khusus, di sini saya membandingkan Bandung dan Sendai (tempat tinggal saya) jadi mungkin gak bisa secara utuh menggeneralisasi seluruh Jepang.

Saya akan coba liat apa sih yang unik dari dua negara yang pernah saya tempati ini dengan melakukan penjelasan-penjelasan atas perbedaan. Apa aja yang bikin rindu sama Indonesia (Bandung) dan apa aja yang bikin kerasan tinggal di Jepang (Sendai).

(“Yang ada” di sini maksudnya yang umum ditemukan di satu negara dan hampir gak ada di negara lawannya)

Berikut adalah listnya! (still growing)

Yang ada di Jepang (gak ada di Indonesia)

1. 4 Musim

2. Mesin ATM yang bisa bicara
(coming soon)

3. Bis yang ONTIME
(coming soon)

4. Bergelimang Koin
(coming soon)

5. Trio MACAn = Kanji+Hiragana+Katakana
(coming soon)

Yang ada di Indonesia (gak ada di Jepang)

1. Hujan Gledeg (read 4 Musim)

2. Tukang Nasi Goreng, Baso Tahu, Tahu Gejrot, yang suka lewat depan rumah
(coming soon)

3. Macet
(coming soon)

4. Plastik Belanja Gratis
(coming soon)

5. Maling
(coming soon)

6. Tukang Loak
(coming soon)

  1. jadi makin terisnpirasi untuk bisa studi ke jepang,,, makasih kakak !!!😀

  2. Kocak isi pagenya xD wkwkwk, maling ceunah xD …..

    mesin foto copi sama warnet di jepang gimana >..< maless masak!

    Oia Mie instan indonesia bikin kangen ga o.O?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: